Hobi

Siap dijual perdana, simak 10 keunggulan OPPO A95

OPPO Indonesia telah meluncurkan perangkat teranyarnya dari seri A, yakni OPPO A95 pada 18 November 2021 lalu di Pacific Place, Jakarta. Perangkat OPPO A95 ini membawa sederet fitur dan teknologi unggulan yang ditawarkan kepada konsumen. Pemesanan perangkat tersebut telah dibuka sejak peluncuran hingga terakhir hari ini, 25 November 2021.

Ponsel tersebut akan dijual secara perdana mulai besok, 26 November 2021. Sebelum resmi meluncur pekan lalu, OPPO Indonesia juga telah mengadakan serangkaian pra-acara dan menggandeng pelaku UMKM rising star untuk mengulas mengenai kemampuan perangkat tersebut.

Sebelum memboyong OPPO A95, ada baiknya melihat lagi sederet keunggulan dari perangkat ini. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

Anti nge-lag

OPPO A95. Foto: Hops.ID/Dion Yudhantama
OPPO A95. Foto: Hops.ID/Dion Yudhantama

OPPO A95 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang tangguh untuk menemani pengguna melakukan aktivitas hariannya. Apalagi dengan ditemani System Booster, membuat ponsel dapat berjalan semakin mulus.

“Di perangkat ini, Snapdragon 662 ditambah dengan sebuah sistem yang namanya System Booster untuk membuat prosesor semakin bisa digali kemampuannya lebih jauh,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia dalam acara peluncuran OPPO A95 beberapa waktu lalu.

Prosesor tersebut dipadukan dengan konfigurasi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur RAM Expansion yang bisa membuat penyimpanan internal menjadi virtual RAM hingga 5 GB. Nah, dengan adanya fitur ini, pengguna jadi mendapatkan RAM hingga 13 GB. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna tidak menemui adanya lag saat sedang menjalankan perangkat.

Anti cipratan air

HP misterius OPPO. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: OPPO Indonesia

OPPO A95 juga telah mengantongi sertifikasi IPX4, yang berarti tahan cipratan air normal. Dengan demikian, maka pengguna tidak perlu khawatir jika perangkat terkena cipratan air, dan hanya perlu mengeringkannya dengan tisu atau lap kering.

Aryo menjelaskan perangkat ini aman-aman saja jika terkena cipratan air. “Asal tidak menyentuh bagian-bagian sensitif dari perangkat,” katanya pada acara Sneak Peek bulan lalu.

Aryo juga menjelaskan bahwa perangkat tersebut aman saja selama terkena cipratan air mineral, bukan air lain seperti teh, kopi atau susu.

Kamera mumpuni

OPPO A95 dibekali 48 MP Triple Camera dengan rincian kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Sementara untuk menunjang kebutuhan selfie, OPPO membekali ponsel tersebut dengan kamera 16 MP.

OPPO menyematkan sederet fitur unggulan pada kamera OPPO A95, baik kamera belakang maupun depan, berkat pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari merek asal China tersebut.

Fitur-fitur kamera belakang OPPO A95 antara lain Multiple Filters yang menyediakan 15 preset filter pilihan, AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna/saturasi/kecerahan pada foto serta Night Mode yang bisa membantu pengguna memperoleh hasil foto cerah dan jernih di malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah.

OPPO A95 dan jam tangan Gentanala. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95 dan jam tangan Gentanala. Foto: Doc. OPPO Indonesia

Kamera depan 16 MP yang dibawa OPPO A95 juga memiliki sederet fitur menarik, dari mulai AI Beautification yang bisa memberikan efek kecantikan kulit yang lebih tepat dan lebih beragam berdasarkan lingkungan sekitar.

Kemudian ada Intelligent Skin Tone untuk menambahkan efek menghaluskan kulit, serta Front Night Mode untuk hasil selfie lebih jernih dan jelas meski di malam hari atau dalam kondisi rendah cahaya.

Aryo mengatakan, ponsel ini memiliki algoritma pemrosesan gambar sehingga dapat menangkap gambar berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat, terutama dalam hal foto bergaya potret atau portrait.

“HP ini memiliki kamera portrait yang cukup mumpuni,” ucap Aryo.

Tak cuma itu, kamera dari OPPO A95 dikatakan dapat mengambil detail gambar dengan baik. Hal itu diungkap oleh owner dari Gentanala, Reza dalam rangkaian acara beberapa waktu lalu. Reza yang merupakan pelaku UMKM jam tangan itu mengatakan OPPO A95 cocok untuk pelaku bisnis yang memiliki barang jualan kecil seperti dirinya.

“Karena barang kami kan barang kecil, jadi detail. Nah detailnya itu tidak hilang,” ujar Reza.

Fitur videografi unggulan

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

Kamera OPPO A95 juga dilengkapi fitur videografi unggulan, salah satunya yakni fitur Steady Video. Fitur yang tersedia pada kamera belakang ponsel ini memungkinkan pengguna merekam video hingga resolusi 1080p atau 720p pada kecepatan 30 fps dengan lebih stabil berkat dukungan Electronic Image Stabilization (EIS).

Fitur Image Stabilization pada perangkat ini menggunakan teknologi perangkat lunak untuk meredam getaran ketika memotret atau merekam video.

“Fitur EIS akan membantu untuk menemukan titik kontras tinggi sekaligus menjaganya agar hasil gambar tetap selaras dan tidak berlebihan,” ujar OPPO Indonesia.

Baterai bandel

Beralih ke sektor baterai, OPPO A95 membawa baterai jumbo 5.000mAh yang dan pengisian daya cepat 33W Flash Charge.

OPPO mengklaim, baterai ponsel ini dapat terisi sebanyak 30 persen hanya dalam waktu 15 menit saja. Kemudian membutuhkan waktu cuma 72 menit untuk baterai terisi sampai penuh.

OPPO juga mengklaim bahwa perangkat A95 dapat diajak 5,73 jam melakukan panggilan suara, 1,37 jam main Instagram dan 1,81 nonton YouTube meski hanya diisi daya dalam waktu 5 menit saja.

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

Sederet fitur canggih disematkan pada perangkat ini dari segi baterai, di antaranya Battery Guard/AI Night Charge, yang bisa mempelajari kebiasaan tidur pengguna. Berkat fitur ini, pengguna tak perlu khawatir overcharge jika mengisi daya HP saat malam hari dan ditinggal tidur.

Terdapat juga fitur Charging Heat Control yang berbasis perangkat lunak dan perangkat keras. Adanya fitur ini membuat ponsel tidak panas saat sedang diisi daya. Kemudian ada Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby akan memaksimalkan masa pakai baterai di saat yang paling dibutuhkan.

Bandelnya baterai OPPO A95 juga dirasakan sendiri oleh Olin, pelaku UMKM Paris di Jakarta yang juga digandeng OPPO dalam rangkaian acara beberapa waktu lalu. Kata dia, selama seminggu menggunakan ponsel tersebut, dia hanya membutuhkan satu kali pengisian daya saking tangguhnya baterai.

“Selama seminggu aku pakai, jujur-jujuran aja nih, aku cuma satu kali charging,” ujar Olin kala itu.

Tangguh

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

OPPO A95 menjadi ponsel yang tangguh. Dijelaskan Aryo, perangkat ini telah melalui serangkaian pengujian di laboratorium. Di antaranya adalah pengujian 10.000 tes plug-in dan plug out untuk 3.5 mm earphone jack, 500.000 tes tekan untuk tombol power on/off serta 20.000 ujicoba USB plug-in dan plug-out, yang diklaim bisa bertahan sekitar 13,6 tahun.

Lebih lanjut, Aryo menjelaskan bahwa OPPO A95 telah melewati 150.000 kali uji tekan tombol volume, yang diklaim dapat digunakan hingga 8,2 tahun. Dua tes skala ekstrem lainnya untuk OPPO A95 adalah 28.000 kali uji jatuh setinggi 10 cm, dan pengujian 14 hari berada di bawah suhu tinggi 65 derajat Celcius serta kelembaban 90 persen RH. Ponsel ini juga telah melalui uji bakar di laboratorium OPPO.

Sederet pengujian itu diklaim membuat OPPO A95 tangguh untuk diajak beraktivitas sehari-hari.

Desain halus

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

OPPO A95 tersedia dalam dua pilihan warna yakni Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black. Keduanya mengadopsi desain OPPO Glow yang memberikan tampilan kilauan halus pada penutup belakang serta lapisan matte ganda.

Berkat OPPO Glow, membuat A95 terasa sangat halus saat dipegang, serta bebas sidik jari dan tahan gores. Chelsea Islan, yang juga turut hadir pada acara peluncuran OPPO A95 di Pacific Place (18/11) lalu juga ngaku sangat menyukai desain dari perangkat ini.

“Aku suka banget karena teksturnya itu bebas sidik jari, jadi yang sebelumnya itu karena kalau megang kan harus sering dilap, kalau di sini (OPPO A95) benar-benar halus banget dan aku suka banget karena glow desainnya karena aku banget,” kata Chelsea Islan.

Layar besar

OPPO A95. Foto: Hops.ID/Dion Yudhantama
OPPO A95. Foto: Hops.ID/Dion Yudhantama

Layar OPPO A95 sendiri mengusung AMOLED 6,43 inci dengan resolusi FHD+ (2400 x 1800) dengan refresh rate 60Hz dan telah dilapisi All Day AI Care. Layar besar ini bisa membuat penggunanya lebih nyaman saat mengakses konten multimedia ataupun bermain game.

“Layar AMOLED Full HD 6,4 inch memberikan pengalaman yang lebih imersif untuk pengalaman bermain game dan menikmati konten multimedia,” kata Aryo Meidianto.

Sistem operasi

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

Perangkat ini dijalankan dengan sistem ColorOS 11.1 berbasis Android 11 yang dapat memberikan pengalaman pengguna lebih efisien dan nyaman.  Selain itu adanya fitur FlexDrop memastikan kelancaran multitasking di antara berbagai aplikasi aktif melalui jendela yang dapat diubah ukurannya.

Sementara itu, Private Safe akan membantu mencegah orang lain selain pengguna mengakses gambar pribadi, video, audio, dokumen, dan file lainnya pada OPPO A95.

Fitur gaming

OPPO A95. Foto: OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: OPPO Indonesia

Meski tidak didesain sebagai ponsel gaming, OPPO A95 tetap menyematkan sederet fitur dan teknologi gaming unggulan untuk penggunanya yang doyan main game.

Di antaranya adalah Hyper Boost mampu memastikan pengalaman bermain game yang lebih stabil dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kontrol suhu yang lebih baik.

Kemudian ada fitur seperti Game Space, Game Assistant, Game Focus Mode, dan Bullet Notifications dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman bermain game yang imersif dan bebas gangguan.

Harga dan ketersediaan

OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia
OPPO A95. Foto: Doc. OPPO Indonesia

Hari ini, Kamis 25 November 2021 adalah hari terakhir pemesanan perangkat OPPO A95. Ponsel ini dijual perdana mulai besok 26 November 2021.

Selama masa pemesanan, pengguna akan mendapatkan tambahan berupa A95 Audio Ball senilai Rp399 ribu. Mumpung masih bisa pesan, bagi yang tertarik, dapat langsung memesan secara luring melalui jaringan OPPO Store atau toko-toko lain yang menjual perangkat OPPO di seluruh Indonesia.

Ponsel ini juga bisa dipesan secara daring melalui aplikasi OPPO Store, atau OPPO Official Store di Shopee dan Lazada.

OPPO A95 dijual dengan harga Rp3.999.000 saja, sebuah harga yang terbilang ramah di kantong, mengingat kemampuan yang dibawa oleh ponsel ini.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close