Hobi

14 Agustus dan film-film bertema Pramuka, menarik buat referensi

Pada tanggal 14 Agustus sudah ditetapkan sebagai hari pramuka. Pramuka sendiri tidak hanya muncul di bangku sekolah melainkan mampu diangkat menjadi sebuah film komersial.

Memang nama pramuka kurang populer di mata film lantaran cuma menjadi salah satu pelajaran di sekolah dan tidak ditemukan lagi jenjangnya ketika sudah dewasa. Tapi beberapa negara lewat banyak studio bisa mengangkat film dengan tema tersebut.

Baca juga: Evelin hingga Aby Respati, sederet tokoh ini taubat jadi transgender dan lebih religius

Berikut HOPS sudah merangkum beberapa film yang memakai tema pramuka

Follow Me, Boys! (1966)

Follow Me, Boys! (1966)
Follow Me, Boys! (1966). Foto: Disneyplusinformer.com

Film keluarga ini merupakan buatan dari studio Walt Disney pada tahun 1966 silam. Film yang diadaptasi dari novel God and My Country ditulis oleh MacKinlay Kantor tahun 1954 ini sukses banyak ditonton orang.

Dalam film itu menceritakan Lem Siddons merupakan personil dari sebuah band keliling yang bercita – cita menjadi seorang pengacara. Kemudian saat bandnya tiba disebuah kota kecil, ia memutuskan untuk menetap dan mencari pekerjaan di kota itu.

Dalam masa adaptasinya ia mencoba bergabung menjadi sukarelawan sebagai kepala pramuka dari pasukan baru yang dibentuk di kota tersebut. Ia akhirnya semakin terlibat dengan kepramukaan sampai menyadari bahwa hidupnya sudah benar dengan membantu pemuda di kota itu.

Scout Camp (2009)

Scout Camp (2009)
Scout Camp (2009). Foto: Mubi

Film ini memang bukan termasuk blockbuster sebab anggarannya begitu kecil berbeda dari film lainnya. Namun itu semua tertutup dengan hasil yang luar biasa karena jalan cerita yang cukup menarik untuk diikuti.

Mengisahkan tentang seorang anak bernama York Hayes yang turut serta ikut kegiatan kemah pramuka. Namun dalam film tersebut banyak pesan, pramuka tidak selamanya serius melainkan sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bisa dinikmati.

Troop Beverly Hills (1989)

Troop Beverly Hills (1989)
Troop Beverly Hills (1989). Foto: IMDB

Selanjutnya ada film yang diproduksi oleh Weintraub Entertainment Group yang dirilis pada tahun 1989. Film berdurasi 103 menit ini ternyata menjadi salah satu film yang laris ditonton banyak orang pada masanya.

Sinopsis Troop Beverly Hills sangat sederhana. Ada seorang ibu bernama Phyllis Nefler yang punya seorang anak bernama Hannah. Namun, dalam film tersebut ia sedang mengalami masa perceraian dengan sang suami, Freddy.

Dalam mempertahankan hubungannya dengan sang anak, Nefler memutuskan untuk menjadi pemimpin dalam pasukan pramuka perempuan bernama Wilderness Girls.

Father and Scout (1994)

Father and Scout. Foto: detvkino.tv
Father and Scout. Foto: detvkino.tv

Dan terakhir ada film yang disutradarai oleh Richard Michaels yang turut diperankan oleh Bob Saget dan Brian Bonsall yang dirilis pada tahun 1994 silam.

Film yang tidak sampai 100 menit ini, menceritakan kisah cinta yang hilang dari sebuah keluarga. Spencer Paley (Bob Saget) kemudian setuju untuk melakukan sebuah acara berkemah bersama – sama antara anak dan ayah ke sebuah pulau bernama Pulau Catalina.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close