Hobi

2 cara mengatasi grup WhatsApp yang berisik, nggak perlu left group

Untuk mengatasi grup WhatsApp yang terlalu berisik, setidaknya ada dua cara. Dan cara berikut ini bisa dipakai oleh kamu tanpa harus keluar alias left dari grup.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang populer dan digunakan oleh banyak masyarakat saat ini.

Tak ayal, berbagai informasi kerap dibagikan oleh seseorang melalui grup WhatsApp dengan maksud baik. Meski demikian, terkadang grup WhatsApp, apalagi yang membernya terlalu banyak, suka membagikan atau membahas hal yang kurang penting.

Baca juga: 3 Pengaturan WhatsApp ini ternyata kurang aman, sudah tahu?

Tentu hal ini mengganggu orang lain yang tidak merasa hal tersebut penting atau tidak dilibatkan dalam pembahasan. Nah, hal ini juga yang kadang menjadi masalah, handphone jadi terlalu berisik karena banyak notifikasi yang masuk.

Untuk mengatasi grup WhatsApp yang terlalu berisik, setidaknya ada dua cara. Dan cara berikut ini bisa dipakai oleh kamu tanpa harus keluar alias left dari grup.

Lalu, apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi grup WhatsApp yang terlalu berisik? Simak ulasan berikut ini yuk!

Mute/bisukan notifikasi

Cara pertama untuk mengatasi grup WhatsApp yang berisik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan mute alias bisukan notifikasi. Dengan memilih opsi ini, kamu bisa membisukan notifikasi dalam beberapa pilihan, ada yang delapan jam, satu minggu bahkan selamanya.

Jadi kalau kamu mau bisukan notifikasi suatu grup, tapi suatu saat ingin mengembalikannya, maka kamu bisa atur waktunya, yaitu tadi 8 jam atau selama 1 minggu.

Fitur mute WhatsApp. Foto: Pocketnow

Tapi kalau kamu ingin tidak menerima notifikasi dari grup tersebut untuk selamanya, maka kamu tinggal pilih ‘Always’.

Percakapan di dalam grup tetap bisa kamu lihat. Hanya saja notifikasi tidak masuk ke HP kamu, jadi hidup berasa lebih tenang deh.

Untuk mengaktifkan pengaturan ini, kamu tinggal pilih chat dan tahan grup tersebut pakai jari > pilih ikon speaker dicoret yang ada di bagian kanan atas > pilih opsi bisukan/mute notifikasi dan kosongkan opsi tampilkan notifikasi > pilih ‘oke’. Selesai.

Only Admins

Cara berikutnya, kamu bisa mengaktifkan pengaturan ‘Only Admins’ di suatu grup untuk mengatasi grup WhatsApp yang terlalu berisik.

Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengatur pesan yang masuk di grup WhatsApp.

Saat fitur ini dinyalakan, member grup WhatsApp secara otomatis tidak bisa mengirim pesan ke grup. Cuma admin saja lah yang bisa mengirim pesan ke grup, jadi member yang non-admin cuma bisa baca pesan yang dikirim oleh admin saja.

Fitur Admin only. Foto: Social Media Wacthdog

Jadi bedanya dengan yang sebelumnya adalah grup kamu bisa benar-benar ‘tenang’ dari riuh pembahasan yang menurut kamu kurang penting, karena yang bisa kirim pesan kan cuma admin saja.

Nah untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu > pilih grup > buka Group Info > masuk ke opsi ‘Group Settings > pilih pengaturan ‘Send Messages’ > pilih opsi ‘Only Admins’. Selesai.

Namun perlu digarisbawahi, yang bisa mengaktifkan fitur ini adalah kamu yang mendapat peran sebagai admin grup. Jika kamu bukan admin, maka pilihan ‘Only Admins’ tidak akan terlihat di perangkat kamu.

Nah itu dia tadi dua cara ampuh untuk mengatasi grup WhatsApp yang terlalu berisik. Sekarang tinggal kamu yang pilih sesuai kebutuhan, mau pakai cara yang pertama atau pakai cara yang kedua. Selamat mencoba ya, Hopers!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close