Fit

3 Alasan pisang aman bagi penderita diabetes, padahal rasanya manis

Hops.id – Penderita diabetes selalu punya banyak pantangan untuk urusan makanan. Yang paling dihindari adalah makanan manis dan mengandung kadar gula tinggi.

Penderita diabetes menghindari gula karena resistensi insulin. Kadar glukosa dalam tubunya mudah melonjak karena ketidakmampuan tubuh untuk mengubahnya menjadi sumber energi. Itu sebabnya penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat mereka untuk mengelola kondisi tersebut.

Dua cewek mandi di atas motor, endingnya bikin ngakak

Buah-buahan juga termasuk ke dalam daftar makanan manis yang waji dihindari penderita diabetes. Sebut saja mangga matang, semangka, hingga durian. Namun ada satu jenis buah yang juga punya rasa manis namun ternyata justru baik dikonsumsi penderita diabetes, yaitu pisang.

Ya, selain kandungan gizi, pisang juga kaya kandungan serat. Di sisi lain, pisang juga menyimpan antioksidan yang mumpuni. Di luar itu semua, ada 3 alasan khusus kenapa pisang aman bagi penderita diabetes. Dilansir laman boldsky, berikut ini 3 alasannya.

Tinggi serat

Serat makanan dalam pisang ternyata bisa memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh, sehingga mamapu memperlambat proses pencernaan. Serat pisang juga mampu mencegah lonjakan glukosa yang tiba-tiba dalam darah, sehingga ini bisa mengelola kondisi diabetes.

Pati resisten

Pati resistan merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu gizi dan ilmu pangan sebagai jenis pati yang tidak tercerna dalam saluran sistem pencernaan manusia. Pati resistan memiliki sifat fisiologis yang unik sehingga sering direkomendasikan penggunaannya dibandingkan dengan serat yang lainnya.

Nah, jumlah pati resisten yang baik dalam pisang (terutama pada mentah) membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengelola kenaikan glukosa setelah makan. Ini adalah jenis pati yang meningkatkan status glikemik dalam tubuh dan tidak mudah rusak, sehingga mencegah lonjakan glukosa darah secara tiba-tiba.

Vitamin B6

Penyakit neuropati diabetes adalah suatu kondisi di mana saraf mengalami kerusakan karena gula darah tinggi. Jenis diabetes semacam itu dapat menyebabkan kekurangan vitamin B6. Karena pisang mengandung vitamin B6, pisang ini efektif untuk neuropati diabetik.

Meski disebut konsumsi pisang aman bagi penderita diabetes, namun bukan berati penderita diabetes bisa makan pisang sesuka hati, tetap harus ada batasannya untuk mengatur kadar lonjakan gula darah. Nah, berikut ini tips makan pisang bagi penderita diabetes.

  1. Konsumsi pisang yang tak terlalu matang. Karena dibandingkan dengan yang sudah matang indeks glikemik pisang mentah cukup rendah.
  2. Pilih pisang dengan ukuran kecil kecil untuk membatasi kandungan karbohidrat.
  3. Bahkan jika kamu makan pisang berukuran sedang, pilihlah diet dengan indeks glikemik rendah seperti ceri dan jeruk bali dan tanpa atau sedikit makanan berkarbohidrat seperti telur dan ikan.
  4. Jika kamu menyukai pisang, makanlah beberapa irisan beberapa kali sehari. Seseorang bahkan dapat menaburkan kayu manis pada irisan pisang.
  5. Jika kamu memiliki pisang dengan hidangan penutup, kelola kalori dengan makan sangat sedikit di makanan berikutnya. Hindari produk pisang berbasis pasar seperti keripik pisang. (Aruna Tsuraya)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close