Lifestyle

30 Kali operasi, pasien transplantasi wajah pertama di dunia meninggal

Wanita pertama yang menjalani transplantasi wajah pertama di dunia, hari ini dikabarkan meninggal dunia di usia 57 tahun.

Connie Culp menjalani operasi transplantasi wajah pada 2008 setelah dia menjadi korban dari upaya bunuh diri yang dilakukan suaminya. Serangan itu membuatnya kehilangan hidung, pipi, atap mulut dan matanya.

Baca juga: Jangan kaget, ini wajah-wajah asli orang Korea tanpa operasi plastik

Belum diketahui bagaimana wanita asal Ohio itu meninggal, namun Institut Dermatologi dan Bedah Plastik Cleveland Clinic tempatnya menjalani prosedur pembedahan telah mengkonfirmasi kematiannya.

Dalam sebuah pernyataan Dr. Frank Papay, ketua lembaga Dermatologi dan Bedah Plastik di klinik tersebut menyampaikan kabar dukanya.

Connie Culp, pasien transplantasi pertama di dunia
Connie Culp, pasien transplantasi pertama di dunia Photo: Istimewa.

“Connie adalah wanita yang sangat berani, bersemangat, dan inspirasi bagi banyak orang. Kekuatannya terbukti pada kenyataan bahwa dia adalah pasien transplantasi wajah yang paling lama hidup hingga saat ini. Dia adalah perintis hebat dan keputusannya untuk menjalani prosedur yang kadang-kadang menakutkan adalah hadiah abadi bagi seluruh umat manusia,” tulinya dilansir laman Dailystar.

Culp terpaksa melakukan operasi setelah kehilangan hidung, pipi, atap mulutnya dan mata setelah Thomas Culp menembak wajahnya sebelum akhirnya bunuh diri dengan menembakkan dirinya.

Culp juga selamat dari insiden itu dan dikirim ke penjara selama tujuh tahun. Connie menjalani 30 operasi untuk menghilangkan ratusan peluru senapan dan serpihan tulang dari wajahnya.

Connie melakukan rekonstruksi hampir 80 persen wajahnya menggunakan tulang, otot, saraf, kulit dan pembuluh darah dari seorang wanita yang meninggal. Biaya operasi Connie diperkirakan mencapai US$400 ribu, atau sekitar Rp5,8 miliar.

Sebagian besar biaya itu disponsori oleh klinik yang menangani operasinya. Pihak klinik menyebut ini adalah salah satu eksperimen luar biasa yang dilakukan pertama kali di seluruh dunia.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close