Hobi

4 Bahaya nonton film di situs ilegal, seperti filmapik.club hingga IndoXXI

Filmapik.club hingga IndoXXI merupakan beberapa situs streaming nonton film yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena situs tersebut tak mengungut biaya pengguna dan bebas diakses oleh semua kalangan. Namun sayangnya, situs filmapik.club dinilai ilegal dan berbahaya. Sehingga, keberadaannya sering dihilangkan oleh pihak Kominfo.

Selain terkena gangguan bandwith dan malware, beberapa dampak negatif juga ditimbulkan ketika kita menonton di situs streaming ilegal. Apa saja? Simak ulasan berikut melansir Kumparan.

Merugikan pemerintah

Menonton film di situs yang dinilai ilegal seperti filmapik.club dinilai melanggar hak cipta dan mengurangi jumlah penonton di bioskop. Hal itu membuat citra buruk bagi negara.

Mematikan industri film Indonesia

Dampak negatif ketika kita menonton film di situs ilegal adalah mematikan industri film di Indonesia. Hal ini karena ketika banyak masyarakat yang lebih memilih nonton di layanan ilegal secara gratis berarti mengurangi penonton yang membayar di bioskop ataupun situs film resmi. Sutradara Joko Anwar pernah membahas hal tersebut. Menurutnya, pembajakan film bisa menghambat pertumbuhan film di Indonesia.

Ilustrasi orang nonton film. Foto: MakeUseOf
Ilustrasi orang nonton film. Foto: MakeUseOf

Artinya, apapun motif kita mengakses situs film bajakan, artinya kita adalah bagian dari ekosistem industri ilegal pembajakan film. Industri ilegal ini menghambat pertumbuhan industri film yg artinya menghambat para pekerja film dapat kesempatan kerja dan hidup yang lebih baik,” tulis Joko Anwar di Twitter.

Nonton di filmapik.club bikin internet lemot

Menonton di situs streaming ilegal membuat koneksi internet tidak stabil dan menjadi lemot. Pasalnya, situs-situs tersebut menyedot bandwith yang disediakan oleh operator seluler. Oleh karena itu, supply bandwith yang terbatas dapat mengganggu keseluruhan traffic dan memicu crash pada seluruh sistem. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sempat membahas hal itu pada tahun 2020 seperti melansir Detik.

Ilustrasi nonton film streaming. Foto: Pexels
Ilustrasi nonton film streaming. Foto: Pexels

“Tidak saja ilegal, itu (nonton film di situs ilegal) akan menyedot bandwidth-bandwidth yang akan mengganggu keseluruhan traffic dalam rangka kita efektif mengatasi atau memutus penyebaran COVID-19,” kata Johnny.

Malware

Nonton film di layanan streaming ilegal bisa merusak ponsel atau komputer. Hal ini karena terdapat potensi menyusupkan malware melalui iklan atau tautan yang mengharuskan pengguna klik sebelum menonton film.

Oleh karena itu, hindari lah menonton film di situs situs ilegal seperti filmapik.club hingga IndoXXI.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close