Hobi

5 Aplikasi investasi untuk pemula, anak muda wajib tahu

Di zaman serba digital saat ini, melakukan investasi bukanlah hal yang sulit karena telah banyak aplikasi investasi yang bisa digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun.

Dengan hadirnya berbagai aplikasi investasi online, membuat para pemula seperti anak muda bisa dengan mudah menemukan akomodasi untuk menginvestasikan uangnya.

Baca juga: 2 cara mengatasi grup WhatsApp yang berisik, nggak perlu left group

Sederet aplikasi investasi online berikut ini cocok untuk anak muda atau pemula yang belum terlalu paham dengan dunia investasi. Karena dari aplikasi berikut, pemula bisa dibimbing dalam langkah awal berinvestasi.

Mau tahu aplikasi investasi apa saja yang cocok untuk pemula? Simak ulasan berikut ini ya, Hopers!

Bibit

Aplikasi Bibit. Foto: Blog Bibit

Bibit merupakan aplikasi investasi reksadana yang belum lama ini diluncurkan. Aplikasi Bibit sebenarnya yang sudah lama berdiri pada 2017 lalu. Tapi karena diakusisi oleh perusahaan yang menaungi Stockbit, Bibit diperkenalkan kembali pada 15 Januari 2019 silam.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam reksadana mulai dari reksadana pasar uang, reksadana obligasi hingga reksadana saham. Aplikasi Bibit juga sangat cocok bagi para pemula yang ingin memulai terjun ke dunia reksadana.

Hal ini karena dalam Bibit, terdapat robo advisor yang bisa membimbing para pemula untuk menentukan jenis investasi mana yang cocok, serta berapa persen dana yang ingin dialokasikan.

Setelah registrasi dan memasukkan data, Robo Advisor akan mengelompokkan profil menjadi tiga jenis, yaitu konservatif, moderat, dan agresif.

Melalui Bibit, pengguna bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp10 ribu rupiah lho.

Bareksa

Aplikasi Bareksa. Foto: Bareksa

Berikutnya ada aplikasi Bareksa yang bisa jadi pilihan untuk pemula berinvestasi. Bareksa sendiri memiliki ratusan produk reksadana yang bisa dipilih oleh pengguna.

Pilihan untuk investasi di Bareksa pun bermacam-macam. Mulai dari reksa dana, surat berharga negara (SBN), emas, hingga umroh.

Bareksa menyediakan paket layanan data yang didalamnya terdapat data historis reksa dana, saham dan obligasi, alat investasi, simulator reksa dana, evaluator, P/E band, matriks saham, dan lain-lain.

Tanamdui

Aplikasi Tanamduit. Foto: Tanamduit

Selanjutnya ada Tanamduit yang juga bisa jadi pilihan. Aplikasi ini memiliki tampilan desain yang rapi dan modern, sangat anak muda.

Tanamduit sebenarnya memiliki empat macam produk investasi, yaitu reksa dana, SBN, asuransi, dan emas. Namun yang menjadi andalannya adalah emas.

Aplikasi ini juga memiliki fitur log in dengan sidik jari, yang membuat rasa aman pengguna jadi meningkat.

Tanamduit juga memiliki AI dan berbagai artikel yang bisa membantu investor pemula untuk berinvestasi. Modal awal investasi di aplikasi ini juga murah, mulai dari Rp10 ribu.

Ajaib

Aplikasi Ajaib. Foto: Seputar Finansial

Lalu ada Ajaib yang juga memungkinkan pengguna untuk investasi mulai dari angka yang rendah, yakni Rp10 ribu. Aplikasi ini juga akan membantu para pemula dalam memilih produk yang sesuai.

Produk yang ditawarkan dari aplikasi ini yaitu reksadana dan saham. Aplikasi ini juga memberikan notifikasi mengenai waktu yang pas untuk jual-beli saham, jadi pengguna dimudahkan dalam berinvestasi.

KoinWorks

Aplikasi KoinWorks. Foto: KoinWorks

Kemudian ada KoinWorks yang bergerak di peer-2-peer landing (P2P lending). Peer to peer lending memungkinkan setiap orang untuk meminjam atau memberi pinjaman dana, guna berbagai kepentingan tanpa harus melalui perantara seperti lembaga keuangan atau lembaga lainnya.

Di aplikasi ini juga, pengguna bisa mulai berinvestasi dengan dana yang rendah. Misalnya, untuk emas, pengguna bisa mulai menyiapkan dana mulai dari Rp1 ribu dan untuk saham mulai Rp100 ribu.

Nah, itu dia tadi 5 aplikasi investasi yang cocok untuk pemula. Melalui aplikasi-aplikasi di atas, pengguna bisa dengan mudahnya berinvestasi hanya melalui telepon genggam.

Dari semua aplikasi yang disebutkan di atas, sudah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tenang saja dan tak perlu khawatir. Jadi, Kamu mau coba yang mana nih, Hopers? Yuk, mulai investasi!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close