Hobi

5 Aplikasi pelacak pesawat yang bisa pantau penerbangan lewat HP

Pemantauan pantauan pergerakan pesawat kini bisa dilakukan lewat sejumlah aplikasi di handphone. Informasi seperti nomor pesawat, kondisi cuaca, jejak rute perjalanan dan sebagainya bisa dilihat dengan mudahnya di dalam genggaman tangan melalui aplikasi pelacak pesawat.

Aplikasi-aplikasi ini juga bisa dengan mudahnya didapatkan dan diunduh di Google Play Store maupun App Store.

Nah, penasaran aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk melacak pergerakan pesawat lewat ponsel? Berikut ini Hops.ID punya 5 rekomendasi aplikasi pelacak pesawat yang dilansir dari lifesavvy pada Kamis 14 Januari 2021. Simak yuk!

Flightradar24

Flightradar24 akan memberikan penggunanya informasi pelacakan penerbangan tertentu yang pengguna ingin lihat. Selain itu, pengguna juga bisa melihatnya dengan mengetuk salah satu ikon pesawat yang ada di peta secara langsung.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa mengarahkan ke pesawat yang sedang terbang untuk mengetahui hal-hal seputar pesawat tersebut, mulai dari bandara keberangkatan dan kedatangan, hingga kecepatan dan ketinggiannya.

Fitur yang paling menarik adalah opsi tampilan kokpit yang memungkinkan pengguna melihat apa yang dilihat pilot dari kokpit secara 3D.

FlightAware Fligt Tracker

Melihat fitur dan fungsinya, banyak yang menganggap bahwa aplikasi ini sebagai paket yang lengkap. Selain gratis, FlightAware juga memungkinkan pengguna untuk melacak status penerbangan dan lokasi pesawat komersial mana pun di seluruh dunia.

Pengguna juga bisa mencari pesawat berdasarkan nomor penerbangan, kota, rute atau maskapai penerbangan dan mendapatkan informasi yang relevan termasuk cuaca, bandara dan bahkan data GPS seperti yang ditampilkan pada radar NEXRAD. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi desktop dan sudah tersedia dalam berbagai bahasa.

The Flight Tracker

Aplikasi pelacakan penerbangan ini menawarkan detail tentang penerbangan, mulai dari waktu kedatangan, informasi maskapai, hingga peta bandara. Buat para traveller yang sering bepergian dapat menyinkronkan kalender mereka dengan aplikasi untuk melacak penerbangan mereka yang akan datang, melihat rute yang sering dikunjungi dan menambahkan catatan ke dalamnya.

Dengan keanggotaan premium, pengguna juga bisa mendapatkan akses ke peta kursi, hingga menghapus iklan. Fitur yang bisa disebut unggulan dari aplikasi ini adalah aplikasi tidak bergantung pada data roaming untuk bekerja, sehingga bisa memberi opsi bagi pengguna untuk memeriksa lokasi penerbangan meski handphone dalam mode airplane.

FlightStats

Aplikasi status penerbangan dan pelacakan pesawat ini memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan dan mendapatkan penjelasan soal aktivitas yang terkait dengan penerbangan.

Pengguna bisa mencari berdasarkan nomor penerbangan, rute atau bandara dan mendapatkan detail seperti delay, kondisi bandara, serta waktu kedatangan dan keberangkatan penerbangan. 

Aplikasi pelacak pesawat ini tersedia di desktop dan juga sudah kompatibel dengan Apple Watch, yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan informasi dengan cepat.

Air Traffic

Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi pelacak penerbangan yang banyak diunduh. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil dan disebut tidak akan menyimpan data pribadi pengguna.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui nama maskapai, nomor maskapai, kecepatan, rute hingga ketinggian pesawat secara real time.

Nah, itu dia tadi 5 aplikasi pelacak pesawat yang bisa kamu unduh untuk lihat penerbangan lewat HP. Tertarik coba, Hopers?

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close