Fit

5 Cara ampuh atasi dan obati kutu air, dijamin manjur

Kutu air merupakan penyakit kulit akibat infeksi jamur. Umumnya kutu air muncul di sela-sela jari kaki. Penyakit bernama media tinea pedis ini biasanya membuat kulit jadi gatal dan sisik.

Biasanya kutu air disebabkan karena kebersihan kaki yang tak terjaga. Sederet penyebabnya, sebut saja mulai dari memakai kaus kaki yang jarang dibersihkan.

Selain itu, kutu air juga bisa timbul akibat memakai handuk yang bersamaan dengan orang lain, atau menggunakan tempat pemandian bersama alias umum. Dengan kasus-kasus di atas, memungkinkan bagi seseorang mudah menderita penyakit tersebut.

Seperti disitat situs resmi Lifebuoy, biang keladi timbulnya sakit ini adalah kemunculan berbagai jenis jamur. Seperti jamur dermatophytes yang juga jadi biang kerok dari kurap.

Biasanya, jamur ini kerap tumbuh di tempat hangat dan lembab. Maka itu, tak heran Anda akan mendapatinya kalau kerap menggunakan pakaian tak bersih, kaus kaki kotor, atau jarang dicuci. Sebab jamur akan tumbuh subur di badan Anda.

Cara atasi dan obati kutu air

Walau terdengar sepele, namun Anda tak boleh memandang sebelah mata penyakit ini. Sebab kutu air bisa menular dan menimbulkan pada kelenjar getah bening jika Anda biarkan.

Jangan sampai karena masalah demikian, proses penyembuhannya menjadi lama dan bertele-tele. Nah dalam tulisan kali ini, Hops.id juga akan merinci bagaimana cara atasi dan obati sakit ini.

  1. Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat dapat meredam gatal-gatal yang disebabkan kutu air. Anda juga dapat menambahkan garam ke dalam air hangat karena garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga bisa menyembuhkan sakit ini dan menghambat penyebarannya.

  1. Gunakan salep antijamur

Bagi Anda yang sibuk dan terganggu dengan adanya sakit ini, bisa gunakan salep antijamur yang tersedia di apotek. Contohnya seperti Miconazole atau Clotrimazole yang dapat mengobati infeksi jamur pada kulit.

  1. Pastikan kaki tetap kering dan bersih

Pastikan kaki Anda untuk tetap kering dan bersih. Hindari terlalu sering bersentuhan dengan air terutama air keran yang kotor. Air keran yang kotor bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur yang menyebabkan penyakit ini.

  1. Gunakan alkohol

Alkohol dapat berfungsi melawan jamur yang ada di kulit. Anda dapat mengoleskan alkohol pada kaki/tangan yang terkena sakit ini. Selain itu, Anda dapat menambahkannya pada air hangat.

  1. Konsultasi dengan dokter kulit

Apabila masih sering gatal, kulit melepuh dan mengelupas sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan meresepkan obat serta salep yang bisa Anda gunakan untuk mengobatinya.

Agar terhindar dari kutu air, Anda dapat menggunakan produk antiseptik seperti sabun yang dibuat dari bahan antiseptik alami dan ampuh membunuh kuman.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close