Hobi

5 Cara gampang hemat baterai HP Android, wajib tahu!

Berikut ini Hops.ID akan membahas 5 cara gampang hemat baterai HP Android. Apa saja caranya? Simak artikel berikut ini, yuk!

Teknologi HP kian kemari kian canggih. Prosesor yang makin cepat, layar beresolusi tinggi, serta kamera yang kian canggih memanjakan para pengguna smartphone. Namun demikian, dengan spesifikasi yang makin meningkat, terdapat satu masalah yang timbul, yaitu daya tahan baterai.

Daya tahan baterai disebut-sebut masih banyak yang belum mampu mengimbangi teknologi canggih yang dibawa oleh smartphone. Padahal dengan spek yang kian tinggi, daya tahan baterai menjadi hal yang sangat penting.

Selain itu, dengan makin banyaknya aktivitas yang dilakukan via handphone, seperti berselancar di media sosial, streaming film, melakukan pekerjaan, hingga main game, juga membuat baterai jadi sektor yang sangat diperhatikan pada smartphone.

Untuk itu, berikut ini Hops.ID akan memberikan tips bagaimana cara hemat baterai HP Android dengan mudah, yang disitat laman The Star, Selasa 6 Juli 2021. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini.

Atur kecerahan layar

Ilustrasi HP di-charge. Foto: Doc. OPPO
Ilustrasi HP di-charge. Foto: Doc. OPPO

Kecerahan layar pada HP jadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi boros atau tidaknya baterai smartphone. Untuk menghemat baterai, kamu dapat menurunkan kecerahan layar HP. Kecerahan bisa saja ditingkatan kalau kamu sedang berada di outdoor.

Jika tidak mau repot untuk menaik-turunkan kecerahan layar, kamu juga dapat mengaturnya ke mode otomatis, di mana nantinya kecerahan layar akan menyesuaikan dengan kondisi di mana HP berada.

Nyalakan battery optimization

Sejak Android Marshmallow (6.0) Google telah menambahkan cara untuk mengontrol masa pakai baterai dengan lebih baik pada sistem operasi. Fitur ini bekerja dengan melakukan pemblokiran aplikasi dari menjalankan tugas-tugas yang menguras baterai di latar belakang.

Kalau kamu ingin memperpanjang masa pakai baterai, maka dapat memeriksa pengaturan di ponsel untuk memastikan bahwa battery optimization telah diaktifkan.

Kurangi batas waktu layar

Sebagian besar smartphone diatur untuk mematikan layar secara otomatis setelah satu atau dua menit didiamkan. Meskipun ini terdengar seperti waktu yang singkat, namun mengurangi waktu tunggu layar kamu menjadi 30 detik akan membantu menghemat lebih banyak daya baterai.

Hapus akun yang tidak digunakan

Ilustrasi HP di-charge. Foto: FORecovery
Ilustrasi HP di-charge. Foto: FORecovery

Saat kamu masuk ke smartphone, kamu bisa kehilangan banyak daya baterai, karena setiap akun menyinkronkan data dari internet, termasuk kontak, email, foto, dan lainnya.

Menghapus akun yang tidak perlu bisa menjadi cara untuk mengurangi jumlah data yang digunakan pada HP Android kamu. Kalau kamu tidak mau menghapus akun yang tidak digunakan tersebut, maka kamu dapat mematikan sinkronisasi otomatis di pengaturan.

Stop pakai aplikasi penghemat baterai

Aplikasi penghemat baterai atau battery saver kerap digunakan oleh sebagian orang saat ponsel mereka dalam keadaan low. Padahal banyak pengembang di Google Play Store yang mengklaim bisa menghemat baterai ponsel, padahal aslinya tidak. Banyak dari aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi ‘task-killer’ atau aplikasi ‘RAM Cleaner’.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan mematikan semua aplikasi latar belakang kamu, yang berarti semua aplikasi itu akan dibangunkan lagi oleh Android setelah beberapa saat dan akan menggunakan lebih banyak daya dalam prosesnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close