Hobi

5 Cara merawat perangkat CVT motor matik biar antimiskin

Motor matik kini menjadi model tunggangan yang banyak di pilih konsumen baik bagi kaum wanita maupun laki-laki yang saat ini banyak menggunakan motor matik. Untuk melakukan merawat motor matik, bagian CVT 5 cara penting jika rusak bisa bikin pemilik pusing dan bikin antimiskin.

Perangkat continuously variable transmission (CVT) pada motor matik merupakan salah satu komponen yang paling penting di motor matik. Bahkan CVT menjadi kunci dari motor tanpa perpindahan gigi, sehingga pengendara lebih nyaman dibanding motor kopling.

 Komponen CVT sendiri merupakan alat penggerak otomatis pada motor matik jadi tidak perlu memindahkan gigi atau persneling. Perangkat ini sangat penting dalam kerja putaran mesin, karena setiap perpindahan gear di atur menggunakan CVT.

Perawatan motor CVT
Perawatan motor CVT Foto: Yamaha

”Perawatan CVT motor matik sangat penting sehingga harus diperhatikan agar selalu berfungsi dengan baik. Karenanya kami memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh konsumen untuk menjaga kinerja CVT tersebut,” ungkap Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Karenanya dibutuhkan perawatan yang rutin agar perangkat CVT ini tidak rusak dan berdampak pada biaya perbaikan yang besar. Mencegah hal tersebut, terdapat 5 cara mudah melakukan perawatan komponen CVT motor matik yang harus dilakukan pemilik motor.

Berikut 5 Cara merawat CVT motor matik

1. Harus bebas dari debu, oli dan air. Jika tidak, dapat mengakibatkan licin dan berbunyi serta menghambat laju kendaraan, putaran mesin tidak bisa diteruskan ke roda belakang akibatnya akselerasi tenaga akan hilang.

CVT motor matik
CVT motor matik Foto: ist

2. Memperhatikan perawatan pada komponen CVT terutama filter CVT, harus diperhatikan dapat terkena air hujan saat musim hujan dan dapat berdebu saat musim kemarau. Lakukan pemeriksaan dan pembersihan filter CVT setiap 1.000 km.

3. Lakukan service CVT wajib di 10.000 km yaitu pemeriksaan dan pembersihan komponen CVT supaya akselerasi lebih smooth. Pada beberapa bagian CVT membutuhkan pelumasan, jadi selalu berikan grease atau gemuk untuk meminimalisir gesekan berlebih.

4. Penggantian V-belt wajib di 24.000 – 25.000 km. Agar performa lebih optimal dan harga lebih hemat gantilah dengan CVT KIT (V-Belt, Roller, dan Grease).

Merawat CVT matik
Merawat CVT matik Foto: Ist

5. Jangan lupa lakukan pengecekan dan penggantian oli mesin di 2.000 – 3.000 km sedangkan oli gear di 9.000 – 10.000 km.

Demikian 5 cara merawat CVT yang bisa dilakukan otohopers untuk melakukan perawatan pada motor matik.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close