Hobi

5 Fitur top Signal, aplikasi pengganti WhatsApp yang diklaim lebih aman

Berikut ini Hops.ID akan memberikan ulasan soal aplikasi Signal dan beberapa fitur top di dalamnya. Simak yuk!

Aplikasi perpesanan Signal beberapa waktu belakangan menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Hal ini lantaran perubahan kebijakan yang dilakukan oleh WhatsApp membuat sebagian orang khawatir akan privasi mereka.

Dan, Signal disebut-sebut menjadi salah satu aplikasi alternatif pengganti WhatsApp yang diklaim lebih aman. Bahkan, bos Tesla sekaligus SpaceX, Elon Musk juga menyarankan publik untuk memakai aplikasi ini.

Signal sendiri merupakan aplikasi perpesanan mirip WhatsApp dan telah dapat diunduh di iOS maupun Android serta tersedia juga versi desktop. Menyitat Suara, Signal sendiri dikembangkan oleh Signal Foundation dan juga Signal Messenger LLC.

Signal Foundation adalah lembaga non-profit yang didirikan oleh founder WhatsApp, yaitu Brian Acton pada tahun 2018 silam, setelah dirinya hengkang dari Facebook Inc.

Aplikasi Signal. Foto: Head Topics

Menurut Forbes, aplikasi ini tidak menyimpan data pengguna sama sekali, berbeda dengan WhatsApp maupun Facebook Messenger. Semua pesan dan panggilan yang dilakukan via aplikasi ini juga telah dienkripsi secara end-to-end. Bahkan, nomor registrasi, profil hingga foto profil juga dienkripsi.

Nah, kali ini Hops.ID memiliki rangkuman 5 fitur top dari aplikasi Signal. Penasaran apa saja itu? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Perangkat tertaut

Melansir laman BGR pada Senin, 11 Januari 2021, perangkat tertaut alias linked device di aplikasi Signal menjadi salah satu fitur top dari aplikasi perpesanan ini. Hal ini lantaran dengan Signal, pengguna bisa terhubung dengan banyak perangkat.

Dengan fitur perangkat tertaut yang bisa banyak perangkat, pengguna dapat menggunakan aplikasi Signal di ponsel, laptop, tablet, atau perangkat lain, semuanya pada saat yang bersamaan. Hal yang tidak bisa dilakukan WhatsApp.

Panggilan video grup di desktop

Tidak seperti WhatsApp, Signal menawarkan opsi untuk melakukan panggilan video grup (video call group) di desktop. Namun, hingga saat ini baru bisa panggilan video dan tidak ada opsi panggilan suara grup di sana.

Untuk melakukan panggilan video grup di desktop dengan Signal, prosesnya sangat mudah, yang perlu kamu lakukan adalah memilih kontak, menambahkan nama ke grup, dan mengklik ikon video.

Enkripsi end-to-end

Mirip dengan WhatsApp, semua pesan yang dikirim di Signal sudah dienkripsi secara end-to-end. Ini berarti semua pesan dan panggilan yang dipertukarkan dengan teman-teman kamu hanya akan terlihat oleh kamu dan teman kamu, tidak bagi orang lain.

Mode gelap

Mode gelap atau dark mode menjadi salah satu fitur yang menjadi unggulan berikutnya dari Signal. Tampilan dapat diubah menjadi terang atau gelap kapan pun pengguna inginkan.

Aplikasi Signal. Foto: CNET

Caranya juga sangat mudah hanya dengan menuju ke menu Settings, klik Appearance dan aktifkan tema gelap/terang.

Tanda terima sudah dibaca

Tanda terima sudah dibaca alias read receipts juga menjadi fitur yang terdapat di Signal. Mirip dengan WhatsApp, read receipts di Signal juga bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah oleh pengguna.

Jika pengguna mengaktifkan fitur ini, maka si pengirim bisa melihat apakah kamu sudah membaca pesan tersebut atau belum. Tapi jika dinonaktifkan, maka si pengirim tidak tahu apakah pesan yang dia kirim ke kamu sudah dibaca atau belum. Fitur ini mirip dengan yang ada di WhatsApp.

Nah itu dia sekilas tentang aplikasi Signal dan sejumlah fitur topnya. Bagaimana, kamu tertarik pindah dari WhatsApp ke Signal, Hopers?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close