Fit

5 Gejala sederhana kanker usus yang sering diabaikan

Beberapa waktu lalu bintang film Black Panther, Chadwick Boseman meninggal dunia karena mengalami kanker usus yang telah dideritanya selama 4 tahun. Dalam sebuah wawancara, ia menceritakan perjuangannya melawan kanker usus dan bagaimana ia mengalami masa-masa membingungkan menghadapi gejala sederhana kanker usus.

Seperti Chadwick, kanker kolorektal atau kanker usus merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita masyarakat dunia. Dilansir laman Healthy, hampir 140 ribu orang didiagnosis dengan kanker usus di Amerika.

Sel kanker
Sel kanker Photo: Pixabay

Baca juga: Kanker usus yang tewaskan Henky Solaiman sering tanpa gejala

Perdarahan rektal adalah gejala kanker usus besar yang paling jelas, namun ada gejala lain yang lebih sederhana dan tanpa disadari merupakan gejala kanker usus tahap awal. Berikut ini 5 gejala sederhana yang tanpa disadari merupakan gejala kanker usus. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Sulit bernapas

Selain perdarahan internal, efek samping lain yang muncul adalah sulit bernapas. Jika tidak terjadi perdarahan hebat atau muntah darah, tubuh akan memasukkan lebih banyak plasma ke dalam darah tanpa membuat lebih banyak zat besi atau sel darah merah.

Pakar Ongkologi, dr. Raymond mengatakan bahwa sulit bernapas akan mencegah seseorang kehilangan darah dalam jumlah besar, namun akan berdampak pada berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen. Itu sebabnya bisa jadi sesak napas adalah gejala kanker usus yang terabaikan.

Kembung atau kram

Pakar medis, dr Randall F. Holcombe, MD mengatakan bahwa rasa kembung dan kram yang timbul tenggelam dalam waktu panjang bisa menandakan kanker usus.

“Jika sesuatu mulai tersumbat dan didukung di usus besar, seseorang pasti akan mengalami kembung,” ujarnya.

Direktur Pusat Kanker Universitas Hawaii di Honolulu, HI ini juga mengatakan bahwa jika perut terasa kembung dan kram, dan disertai rasa sakit yang konstan di sisi kanan perut, hal itu mbisa jadi sudah berkembang ke tahap selanjutnya.

Ada banyak faktor lain yang mungkin menjadi penyebabnya, namun sebaiknya temui dokter untuk memastikannya.

Chadwick Boseman di serial Black Panther. Foto: ABC.
Chadwick Boseman di serial Black Panther. Foto: ABC.

Sembelit

Sering susah buang air besar terdengar sepele. Namun ternyata bisa jadi gejala sederhana kanker usus. Gejala ini akan disertai sedikit nyeri dan berlangsung terus menerus

“Bisa jadi gejala kanker usus besar. Sembelit merupakan pertanda bahwa ada hal tidak beres dalam perut Anda. Sebaiknya periksakan lagi kondisi Anda ke dokter,” kata Dr. Holcombe, pakar penyakit dalam.

Selain itu, kamu bisa mencari tahu soal beberapa penyebab sembelit yang bukan kanker usus besar.

Baca juga: Bintang film Life of Pi, Irrfan Khan meninggal karena infeksi usus

Bercak merah di kotoran

Perhatikan apakah ada semburat merah tiap kali kamu buang air besar? Jika iya bisa jadi itu adalah gejala kanker usus besar.

Jika feses kamu keluar sangat sedikit dan memanjang, hal itu bisa jadi ada penyempitan usus yang disebabkan oleh pembengkakan atau polip. Dr. Raymond menyebut bahwa diare persisten juga bisa menjadi salah satu gejala kanker usus besar.

Warna kotoran yang berbeda

Perdarahan dari rektum biasanya berwarna merah. Tapi tinja berwarna agak gelap juga merupakan tanda mungkin ada darah di sana.

Meski bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak terlalu serius, seperti maag, ini juga bisa menjadi salah satu gejala kanker usus besar, kata Dr.Holcombe.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close