Trending

New normal, 5 negara ini mulai bangkit dari wabah corona

Eropa telah melonggarkan aturan social distancing, sebuah tanda bangkit dari wabah corona. Hal ini terlihat dari pembukaan berbagai tempat umum dan gaung new normal yang mulai aktif dikampanyekan.

Protokol new normal, kamu bisa belanja ke mal dengan syarat…

Berikut ini merupakan lima cara negara-negara di Eropa beradaptasi dengan new normal.

  1.  Ceko

Para pecinta bir di Ceko dapat kembali ke bar, meski masih terikat dengan aturan penggunaan masker dan jaga jarak. Tidak heran mengingat Ceko adalah negara dengan konsumsi bir per kapita tertinggi di dunia. Namun, masih belum jelas sejauh apa peraturan penggunaan masker di indoor akan diterapkan, mengingat pengunjung bar pastilah menghabiskan waktu mereka untuk makan dan minum. 

Seperti dikutip BBC, Senin 25 Mei 2020 menjadi hari yang menandai tahapan final pelonggaran kebijakan lockdown pemerintah Ceko, sebagai upaya bangkit dari wabah corona.

Ceko merupakan negara yang paling sedikit terdampak oleh wabah korona dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya. 

  1. Spanyol

Spanyol menjadi salah satu negara di Eropa yang paling parah terdampak wabah. Namun, berbagai tempat seeprti taman, museum, dan pusat kebudayaan perlahan tengah dibuka kembali dalam empat tahap pelonggaran larangan. 

Kendati demikian, terdapat beberapa aturan ketat yang harus ditaati, seperti tamu indoor tidak boleh melebihi ⅓ dari kapasitas bangunan, serta aktivitas outdoor hanya boleh diikuti oleh maksimal 200 orang.

  1. Italia

Italia juga akan membuka gym dan kolam renang, tentunya disertai dengan aturan higenis yang ketat dan penerapan social distancing.

Tempat gym di Italia sudah dibuka kembali. Foto: Reuters
Tempat gym di Italia sudah dibuka kembali. Foto: Reuters

Selain itu, terdapat beberapa aturan lain sebagai berikut:

  • Pemakaian ruang ganti baju dibatasi (harus menjaga jarak hingga 1m)
  • Selama masa latihan, pelanggan gym harus menjaga jarak setidaknya 2m (penggunaan masker bersifat opsional).
  • Pelatih renang wajib memakai masker.
  1. Yunani

Yunani mulai membuka kembali pulau-pulau untuk wisatawan, namun tidak untuk wisatawan asing. 

Artinya, akan banyak warga Yunani yang berkunjung ke kepulauan dan menghabiskan waktu mereka untuk berlibur di sana. Hal ini dinilai baik untuk menghidupkan kembali perekenomian lokal setah dua bulan lockdown.

Supermarket di Yunani sudah dibuka lagi. Foto: AFP via BBC
Supermarket di Yunani sudah dibuka lagi. Foto: AFP via BBC

Minggu lalu, Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsutakis mengatakan bahwa wisata untuk turis asing akan mulai dibuka pada 15 Juni mendatang. Selain itu, penerbangan menuju Yunani juga akan beroperasi kembali mulai 1 Juli. 

  1. Polandia

Senin kemarin menjadi hari pertama bagi pelajar di Polandia untuk mulai kembali bersekolah. 

Namun, para orang tua mengaku bahwa mereka tetap akan membiarkan anak-anak untuk belajar di rumah. Pasalnya, tahun ajaran akan berakhir dalam waktu dekat, yaitu pada 26 Juni mendatang. Para wali murid berpendapat bahwa tak setimpal membahayakan nyawa anak-anak hanya demi beberapa minggu sekolah. (Naryati)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close