Fit

5 Tanaman hias cantik yang murah, enggak bikin kantong jebol

Kamu lagi hobi berkebun? Simak rekomendasi tanaman hias murah.

Pandemi virus corona membuat sebagian orang memiliki hobi baru untuk mengisi waktu luang. Mulai dari masak, memelihara ikan, bersepeda, hingga menanam tanaman hias yang kini tengah menjadi tren.

Semakin banyak orang yang menggemari tanaman hias. Bahkan sampai ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapat tanaman hias yang diinginkan.

Baca juga: Anji dipolisikan, Ernest Prakasa: Saya tidak berharap melihatnya dipenjara

Namun, buat kamu yang mau memiliki tanaman hias tapi dengan budget rendah, itu sangat mungki. Karena masih ada pilihan tanaman hias murah yang harganya tidak bikin kantong jebol.

Selain harganya murah, cara merawatnya pun tidak terlalu sulit. Berikut adalah daftarnya yang dirangkum Hops dari Haibunda.com.

Sansivieria

Sansivieria atau yang biasa dikenal dengan nama lidah mertua, merupakan tanaman hias yang murah meriah.

Harga tanaman lidah mertua ini cuma berkisar Rp20 ribu hingga Rp70 ribu saja, lho.

sansevieria. Foto: Katerina Maglogiani di Pixabay

Ada berbagai jenis sansivera yang bisa dijadikan dekorasi rumah agar lebih indah. Ukuran sansivieria juga beragam, ada yang kecil hingga yang besar. Sehingga sangat cocok untuk ditempatkan di berbagai ukuran ruangan.

Bukan cuma sebagai pajangan, tanaman ini juga memiliki manfaat lain. Yakni membantu menyerap radiasi berbahaya yang dipancarkan perangkat elektronik. Maka dari itu, disarankan untuk menaruh tanaman ini di ruangan yang ada banyak perangkat elektroniknya.

Kaktus mini

Tanaman satu ini cocok bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi sehingga tidak dapat memberikan perhatian yang banyak pada tanaman.

Kaktus mini. Foto: Liqionary di Pixabay

Harga kaktus mini sangat murah, mulai dari Rp7 ribu hingga Rp85 ribu. Meski murah, kaktus mini tetap cantik, apalagi kalau dihias dalam bentuk terrarium.

Kaktus mini juga dapat ditempatkan di mana saja, mulai dari ruang tamu, kamar, hingga kamar mandi.

Lavender

Warna ungu dari lavender dapat mempercantik rumah. Bunga lavender harganya cukup murah. Hanya sekitar Rp5 ribu sampai Rp50 ribu saja.

Selain cantik, lavender juga bisa mengusir nyamuk dari rumah. Menurut Garden Design, lavender mengandung minyak atsiri pada kuncup bunganya, sehingga termasuk tanaman pengusir nyamuk yang nyaman digunakan.

Lavender. Foto: Manfred Richter di Pixabay

Lavender dapat ditanam langsung di tanah atau menggunakan pot. Aroma wangi pada bunga lavender juga akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman.

Hydrangea

Tanaman hydrangea memiliki ciri bunganya yang berkumpul seperti brokoli. Warna hydrangea yang mencolok dapat membuat taman di rumah menjadi lebih colourful.

Terdapat beberapa warna bunga hydrangea yang dapat menjadi pilihan. Mulai dari putih, pink, biru, hingga ungu. Bunga ini juga relatif murah harganya, mulai dari Rp35 ribu hingga Rp60 ribu saja.

hydrangea. Foto: Heidelbergerin di Pixabay

Meski indah, kamu harus tetap berhati-hati terhadap bunga hydrangea. Menurut Architecture Lab, kuncup bunga hydrangea mengandung racun yang jika tertelan bisa berdampak sama seperti sianida, yakni pusing, sesak nafas, kejang, hingga kematian dalam waktu singkat.

Bougenville

Tanaman ini, bagi sebagian orang, dipercaya dapat membawa keberuntungan. Tanaman ini juga memiliki harga yang terbilang murah, hanya sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Tanaman Bougainville. Foto: Pisauikan di Pixabay

Tanaman bougenville perlu disiram sesering mungkin karena kalau tidak ia akan kering dan mati. Selain itu, tanamlah bougenville di tanah yang tidak mengandung banyak gambut. Karena terlalu banyak gambut akan membuat kelembapan semakin bertahan lama dan akarnya bisa membusuk. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close