Unik

6 Alat ajaib Doraemon yang kini ada di dunia nyata

Saat menyaksikan serial kartun Doraemon, sebagian kita mungkin berkhayal memiliki salah satu benda dari kantung ajaibnya. Sebab, selain menyenangkan, benda-benda tersebut bakal membuat hidup kita lebih mudah. Lantas, bagaimana jika hal itu bisa ditemukan di dunia nyata?

Dilansir dari berbagai sumber, rupanya alat ajaib yang keluar dari kantung Doraemon bukan khayalan belaka. Soalnya, sudah banyak alat yang kemudian terwujud dalam bentuk nyata atau sesungguhnya. Misalnya seperti baling-baling bambu atau printer tiga dimensi.

Baca juga: Rahasia kekayaan Suneo: Masih SD jajan Rp600 ribu, mobilnya Porsche

Biar tidak penasaran lagi, berikut Hops rangkum enam alat ajaib Doraemon yang akhirnya terwujud di dunia nyata.

Baling-baling Bambu

Baling-baling Bambu. Foto: Youtube

Dari banyaknya alat ajaib Doraemon, salah satu yang paling dikenal adalah baling-baling bambu. Sebab, dengan perangkat tersebut, kita bisa pergi ke suatu tempat tanpa khawatir terjebak macet. Selain itu, kita juga bisa memantau kondisi lingkungan sekitar melalui udara.

Kini, benda sejenis sudah berhasil diciptakan manusia dalam wujud jetpack atau copterpack. Secara bentuk dan fungsi, dua benda tersebut memang tidak sesederhana baling-baling bambu. Namun bisa jadi, beberapa tahun ke depan—saat teknologi semakin bergerak maju—alat itu benar-benar tercipta.

Konyaku Penerjemah

Konyaku Penerjemah. Foto: Doroaemon Wikia

Di serial kartun, Nobita yang tinggal bersama Doraemon menggunakan Konyaku Penerjemah untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain. Kala itu, benda tersebut mungkin terdengar aneh dan tak masuk akal. Namun kini, ada teknologi serupa yang bernama Google Translate.

Printer Tiga Dimensi

Printer 3d. Foto: Machine Design.

Saat menyaksikan serial Doraemon dan melihat ada alat yang bisa mencetak sesuatu secara tiga dimensi, sebagian kita mungkin berharap memilikinya. Akan tetapi, apa yang sebelumnya tumbuh di khayalan kita, akhirnya tercipta di dunia nyata. Sebab, mulai banyak perusahaan yang membuat printer dengan output tiga dimensi.

Dengan alat itu, kita bisa mencetak gambar menjadi obyek ‘timbul’ yang utuh. Hebat sekali, bukan?

Satelit Pribadi

Satelit pribadi merupakan salah satu alat yang paling banyak diimpikan penonton pada masanya. Jadi, dengan alat itu, kita bisa memantau keberadaan orang lain dari rumah. Selain itu, kita juga bisa melihat seluruh titik lokasi dengan cepat dan mudah. Kini, satelit pribadi sudah tercipta dalam wujud Global Positioning System atau GPS.

Sarung Tangan Super

sarung tangan ajaib. Foto: Wheels.ca

Pada episode ‘Melakukan Apa Saja dengan Tangan Ajaib’, Nobita mendapatkan sarung tangan khusus dari Doraemon. Serunya, dengan alat itu, dia bisa melakukan banyak hal, seperti mengeluarkan udara, menempel di dinding, hingga melakukan kendali jarak jauh.

Kini, alat sejenis sudah tercipta melalui produk bernama Exoskeleton Suit, dan digunakan untuk berperang.

Alat Pembaca Mimpi

Ilustrasi orang yang tengah tidur Foto: Live Science
Ilustrasi orang yang tengah tidur Foto: Live Science

Sebagian kalian mungkin masih ingat, alat ajaib ini dikeluarkan Doraemon untuk menerjemahkan mimpi Nobita yang sedang tertidur. Meski terkesan aneh dan mengada-ada, tapi ada ilmuwan dari University of California at Berkeley bernama Jack Gallant yang berhasil membuatnya.

Kabarnya, alat itu mampu merekonstruksi pengalaman visual seseorang dari aktivitas otak. Artinya, perangkat mutakhir tersebut bisa menebak atau membaca mimpi orang yang sedang tertidur. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close