Hot

6 Artis nikah siri, ada Rachel Maryam yang 8 tahun baru resmi

Beberapa artis nikah siri sebelum menikah secara resmi di hadapan hukum. Beberapa bahkan belum meresmikan pernikahan mereka meski sudah dikaruniai anak.

Pernikahan siri masih sering dilakukan di Indonesia dengan berbagai alasan. Pernikahan tersebut sah secara agama tapi tidak diakui secara hukum. Bagi mereka yang kontra, nikah siri dianggap merugikan pihak wanita. Tapi bagi yang pro, cara itu dianggap baik untuk menghindarkan fitnah.

Baca juga: Ngaku dekat dengan Atta Halilintar, Clara Gopa akhirnya minta maaf

Pengin tahu siapa saja artis nikah siri? Berikut beberapa di antaranya.

Irish Bella dan Ammar Zoni

Ammar Zoni dan Irish Bella
Ammar Zoni dan Irish Bella. Foto: Instagram

Pasangan pesinetron muda ini pernah diterpa kabar tak sedap. Irish Bella sempat dituding hamil di luar nikah. Hal ini karena usia kehamilannya melebihi usia pernikahan.

Tapi ternyata, keduanya sudah menikah siri terlebih dulu sebelum meresmikan pernikahan secara hukum pada 28 April 2019 lalu. Hal itu disampaikan oleh Ammar Zoni melalui kanal YouTube.”Kita nikah secara hukum sudah. Sudah secara agama sebelum pernikahan hukum. Karena memang itu disetujui orang tua kita,” katanya.

Aura Kasih dan Eryck Amaral

Aura Kasih dan Eryck Amaral
Aura Kasih dan Eryck Amaral. Foto: Instagram @aurakasih

Serupa dengan Irish, penyanyi cantik Aura Kasih juga sempat disangka hamil sebelum nikah. Padahal, sebelum go public dengan pernikahannya, Aura yang dinikahi oleh model asal Brasil sudah menikah secara siri.

Eryck pun rela mengikuti keyakinan istrinya dan menjadi seorang mualaf. Tak lama setelah akad nikah, Aura hamil anak pertama. Mereka sudah memiliki buah cinta yang diberi nama Arabella.

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

Mulan Dhani
Mulan Dhani Photo: Suara.com

Sempat mengelak punya hubungan dengan Ahmad Dhani, nyatanya Mulan Jameela sudah dinikahi secara siri pada 2009.

Sebelumnya, Dhani bercerai dari Maia Estianty pada 2008 silam. Karena itulah, Mulan sempat mendapat cap pelakor.

Pernikahan Dhani-Mulan dikaruniai dua anak, Safeea Ahmad dan Ahmad Syailendra Aerlangga. Walau sudah menikah lebih dari 10 tahun, status pernikahan mereka masih siri dan belum diresmikan secara hukum negara.

Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo

Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo
Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo. Foto: Instagram

Serupa dengan Mulan, penyanyi lawas Mayangsari juga pernah dicap sebagai pelakor. Dia dituding menjadi orang ketiga dalam pernikahan putra mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo dan Halimah Agustina.

Sempat bungkam, akhirnya terkuak kalau Mayangsari sudah menikah siri dan melahirkan putri dari Bambang pada 2006 silam. Setahun setelahnya, Bambang-Halimah resmi bercerai.

Pernikahan Mayangsari-Bambang baru diresmikan pada Juli 2011. Hingga kini, keduanya hidup bahagia berama putri mereka, Kirani.

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. Foto: Instagram @zaskia_gotix's
Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. Foto: Instagram @zaskia_gotix’s

Pedangdut Zaskia Gotik terkesan menutupi pernikahannya, bahkan dari teman-temannya sendiri. Zaskia dinikahi oleh pengusaha bernama Sirajuddin Mahmud. Awalnya mereka menikah secara siri yang hanya dihadiri keluarga terdekat.

Pandemi COVID-19 menjadi alasan mereka memilih menikah secara agama terlebih dulu. Lalu beberapa saat kemudian, mereka meresmikan pernikahan secara hukum negara. Saat ini, Zaskia sedang mengandung anak pertama mereka.  

Rachel Maryam dan Edwin Aprihandono

Rachel Maryam dan suami
Rachel Maryam dan suami. Foto: Instagram

Mantan aktris yang sekarang menjabat sebagai anggota DPR RI, Rachel Maryam sedang mengandung buah cintanya bersama Edwin Aprihandono.

Keduanya ternyata sudah menikah siri selama 8 tahun dan kini telah mengajukan sidang isbat pernikahan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Kuasa hukum mereka, Dody haryanto mengungkap alasannya. “Saya lihat dari permohonan ini adalah merupakan satu syarat sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang nomor 1 tahun 1974 dan juga kompilasi hukum islam. Itu secara tegas dikatakan dalam komplikasi hukum islam pasal 7 ayat 2 bahwa perkawinan siri itu dapat diajukan isbat untuk memberikan suatu kepastian hukum kepada pemohon,” kata Dody, Senin, 3 Juli 2020 dikutip dari matamata.com—grup Suara.com.

Selain itu, Dody menjelaskan dalam UU dinyatakan seseorang menikah secara siri wajib menjalani sidang isbat. Agar pernikahan mereka dianggap sah secara agama dan tercatat oleh negara adalah tujuannya. “Untuk mencatatkan ini tentunya mengajukan isbat nikah karena ibu Rachel kita tahu semua beliau sebagai selebritis, beliau juga sebagai anggota dewan,” jelas Dody.

“Sebagai anggota dewan tentu sangat mengetahui undang-undang segala macam. Dia memahami yah kiranya ini menjadi suri tauladan juga bagi masyarakat, bahwa perkawinan siri itu harus dilegalkan agar mendapatkan legal standing dan pengakuan dari negara,” ungkapnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close