Fit

6 Cara mudah atasi kulit kering karena suhu dingin

Kulit kering yang kerap menjadi masalah, bisa karena suhu maupun sabun. Ada cara mudah mengatasi kulit kering karena suhu dingin.

Beberapa wilayah Indonesia saat ini tengah mengalami suhu yang dingin. Bahkan, di kawasan dataran tinggi Dieng Jawa Tengah, sempat terlihat butiran es akibat suhu udara yang sangat dingin.

Pada cuaca yang dingin, perubahan tidak hanya terjadi pada temperatur udara, tapi juga pada kondisi kulit. Biasanya suhu dingin ini mimicu kulit menjadi kering karena hilangnya kelembapan.

Baca juga: Viral, warganet yang jadi korban fetish kain jarik ramai-ramai buka suara

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara merawat kulit wajah di tengah cuaca dingin, agar senantiasa sehat. Disitat sehatq.com, perawatan kulit pada saat musim dingin, umumnya akan berbeda dari hari-hari biasanya. Untuk mengetahui hal itu, berikut adalah 6 cara mudah merawat kulit di tengah suhu yang dingin.

Batasi waktu mandi

Saat suhu sedang turun dan udara menjadi lebih dingin, mandi menggunakan air hangat tentu adalah hal yang sangat nikmat dan menjadi pilihan yang menggoda.

Namun jika dilakukan terlalu lama dan sering, kegiatan tersebut justru akan membuat kulit Anda menjadi kering, lho.

Durasi yang pas untuk mandi saat musim dingin hanyalah selama 5 sampai 10 menit saja, menggunakan air hangat.

Selain waktu mandi yang tidak terlalu lama, Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.

Rutin menggunakan pelembap

Ketika Anda berada di tempat dengan suhu yang rendah, maka kelembapan udara pun umumnya akan turun dan membuat kulit menjadi kering.

Ilustrasi Perawatan Kulit. Foto: chezbeate di Pixabay

Maka dari itu, ketika cuaca sedang dingin, penting bagi Anda untuk rutin menggunakan pelembap kulit. Jangan lupa juga pelembap untuk bibir agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Pakai tabir surya

Memakai tabir surya saat musim dingin adalah salah satu langkah yang kadang sering terlupakan. Meski saat cuaca dingin matahari tidak terlalu terik, namun sinar matahari terutama sinar ultraviolet tetap dapat merusak kulit saat musim dingin.

Karena itu, menggunakan tabir surya saat cuaca dingin tetap penting dilakukan untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari terhadap kulit Anda.

Sebelum beraktivitas keluar rumah, gunakan tabir surya yang mengandung screen protection factor (SPF) 15 atau lebih.

Kurangi pemakaian sabun

Kulit kering karena suhu dingin kerap diperparah dengan penggunaan sabun yang berlebihan.

Maka dari itu, gunakanlah sabun hanya pada area kulit wajah yang diperlukan.

Selain membatasi penggunaannya, Anda juga dapat mengganti sabun yang biasa digunakan dengan pembersih yang mengandung pelembap atau berbentuk gel dan tidak mengandung parfum.

Jaga pakaian tetap kering

Jika pakaian atau sepatu Anda basah akibat hujan, segera ganti. Karena memakai pakaian yang basah. Dapat menyebabkan iritasi kulit, serta menimbulkan rasa gatal yang membuat tidak nyaman.

Ilutrasi Perawatan Kulit. Foto: chezbeate di Pixabay

Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk memakai pakaian yang berbahan lembut, agar kulit yang cenderung kering saat cuaca dingin dapat terhindar dari rasa gatal serta iritasi.

Sesuaikan perawatan wajah

Saat cuaca  sedang dingin, tahapan perawatan kulit yang dilakukan pun sebaiknya sedikit diubah. Pilihlah pembersih wajah yang berbahan dasar krim, serta kurangi pemakaian toner atau astringen. Karena terlalu banyak toner maupun astringen yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit kering.

Ketika kulit Anda terasa kering dan gatal, Anda direkomendasikan untuk berhenti menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol dan parfum, agar wajah dapat kembali lembap, dengan minyak alami yang dikeluarkannya.

Melakukan perawatan kulit di tengah suhu dingin memang memerlukan cara tersendiri. Meski demikian cara tersebut tidaklah sulit, ikuti beberapa cara yang sudah disebutkan, maka kulit Anda akan tetap sehat saat suhu dingin seperti sekarang ini. (hsp)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close