Unik

6 Doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban

Ketika musim hujan tiba, doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk korban dan keberkahan cocok dilantukan agar senantiasa diberikan ketabahan serta kelancaran.

Bagi sebagian wilayah yang berada di dataran rendah dan berisiko banjir seperti DKI Jakarta, bencana banjir memang sulit dihindarkan.

Namun bukan berarti tidak bisa diselesaikan, karena pemerintah daerah dan pusat selalu mengupayakan sejumlah kebijakan demi menekan debit air yang banjir setiap musim hujan melanda.

Baca Lainnya

  • Ketika rumah warga digenangi oleh banjir, mereka harus rela istana yang menjadi tempat tinggalnya menjadi kotor karena lumpur. Bahkan beberapa peralatan elektronik seperti TV, laptop, dan sebagainya bisa jadi rusak terendam air.

    Selain mengirimkan bantuan, tentu kita bisa membaca doa musibah banjir yang dianjurkan untuk korban.

    Doa bagi korban banjir ini diharapkan dapat memberikan moral dan ketabahan bagi warga yang terdampak.

    Bagi kamu yang tidak terdampak banjir dan tidak bisa bisa memberikan bantuan dalam bentuk dana maupun barang, kamu bisa membacakan sejumlah doa yang layak dipanjatkan untuk para korban banjir.

    Terlebih dalam ajaran Islam sangat dianjurkan untuk mendoakan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

    Menghimpun dari berbagai sumber, berikut 6 doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban, lengkap dengan latin dan artinya:

    Doa saat turun hujan

    Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Pexels
    Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Pexels

    Doa turun hujan bukan cuma Allahumma shoyyiban nafi’an’ yang sudah diketahui umum. Dalam hadist yang diceritakan Annas, Rasulullah SAW dilaporkan membaca doa lain saat Madinah dilanda hujan deras

    اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا

    Arab latin: Allāhumma ḥawālaynā wa lā `alaynā

    Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami bukan atas kami.”

    Doa ini sendiri terdaoat dalam hadist yang diriwayatkan Bukhori. Harapannya dengan dibacakannya doa untuk korban musibah banjir, semoga mereka tetap sabar dan kuat dalam menjalani hidup.

    Doa ajaran Nabi Nuh AS saat banjir melanda

    Ilustrasi kapal Nabi Nuh. Foto: clarificationaboutislam.com
    Ilustrasi kapal Nabi Nuh. Foto: clarificationaboutislam.com

    Sebagaimana diketahui, Allah SWT mengirim banjir pada kaum yang tidak mau mendengar perintah-Nya soal banjir dahsyat yang diwartakan oleh Nabi Nuh AS.

    Nah, saat musibah banji besar tersebut melanda, Nabi Nuh AS membaca doa yang tercantum dalam Al Quran surat Hud ayat 44

    وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

    Arab latin: Wa qīla yā arḍubla’ī mā`aki wa yā samā`u aqli’ī wa gīḍal-mā`u wa quḍiyal-amru wastawat ‘alal-jụdiyyi wa qīla bu’dal lil-qaumiẓ-ẓālimīn

    Artinya: Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.”

    Dikisahkan, berkat doa dan ketabahan Nabi Nuh dan sekelompok orang yang percaya, Allah SWT kemudian menyelamatkan mereka dari banjir maha dahsyat tersebut.

    Doa ketika diri kita terkena musibah banjir

    Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Pexels
    Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Pexels | 6 Doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban

    إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

    Arab latin: Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ

    Artinya: “Kami berasal dari Allah SWT dan kepadaNyalah kita kembali. Ya Allah, limpahkanlah pahala dalam musibah yang terjadi padaku dan berikanlah ganti yang lebih baik daripada sebelumnya.”

    Doa ini berasal dari potongan hadist yang diriwayatkan Muslim dalam kitab Hisn Al-Muslim.

    Doa terhindar dari musibah banjir

    Muslimah tengah berdoa di hadapan ka'bah Makkah
    Seorang muslimah tengah panjatkan doa di dekat kabah, makkah Foto: Middle east monitor | 6 Doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban

    Wa qila ya arubla’i ma’aki wa ya sama`u aqli’i wa gidal-ma`u wa quiyal-amru wastawat ‘alal-jdiyyi wa qila bu’dal lil-qaumi-zalimin.

    Artinya:
    “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah, dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itu pun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.”

    Doa supaya hujan lebat serta angin kencang lekas berhenti

    Ilustrasi beribadah.
    Ilustrasi beribadah. Foto: Rachid Oucharia di Unsplash

    Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

    Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

    Doa supaya musibah segera berganti dengan berkah

    Ilustrasi muslim yang tengah beribadah
    Ilustrasi muslim yang tengah beribadah Foto: Keep The Faith | 6 Doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban

    Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ

    Artinya: “Kami berasal dari Allah SWT dan kepadaNyalah kita kembali. Ya Allah, limpahkanlah pahala dalam musibah yang terjadi padaku dan berikanlah ganti yang lebih baik daripada sebelumnya.”

    Itulah doa musibah banjir yang dianjurkan dibaca untuk ketabahan korban. Bagaimana pun kondisi alam yang melanda, kita patut bersyukur terhadap segala yang diberikan oleh Allah SWT.

    Soal permasalahan banjir, tentu alam sedang bekerja sebagaimana semestinya yang diridhoi oleh Allah SWT.

    Kita sebagai umatnya, tentu hanya bisa berusaha dan meminta melalui doa agar bencana banjir lekas selesai.

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close