Lifestyle

6 Penyakit sepele yang mematikan, nomor 1 gigi berlubang

Jika bicara penyakit mematikan biasanya kita akan merujuk pada penyakit kanker, jantung, atau HIV/AIDS. Penyakit mematikan memang selalu merujuk pada jenis penyakit kronik yang berkembang lambat selama bertahun-tahun.

Padahal, ada penyakit lain yang sering dianggap sepele tapi bisa berakibat fatal. Beberapa kasus misalnya demam yang ternyata bisa merenggut nyawa seseorang atau keracunan makanan yang menyebabkan kematian, tentu bukan sesuatu yang mustahil terjadi.

Baca juga: Idap penyakit langka, wanita 30 tahun ini tak sadar dirinya pria sejak lahir

Penyakit yang dianggap sepele dan biasa sekalipun bisa berpotensi mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. Dilansir Healthline, berikut ini 6 daftar penyakit sepele yang mematikan.

1.Gigi berlubang

Gigi berlubang masih merupakan masalah yang paling sering dijumpai di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi pada gigi atas bagian belakang, dan infeksi ini dapat menyebar ke sinus belakang mata. Dalam kondisi serius, bakteri gigi bisa masuk ke dalam otak hingga dapat menyebabkan kematian.

2.Gerd

Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah penyakit yang dikenal dengan sebutan asam lambung. Pemmicunya karena melemahnya katup jantung sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Meski banak yang hanya menganggapnya hanya masalah lambung, namun pada kasus Gerd serius bisa memicu kematian mendadak. Gerd memicu asam lambung naik ke kerongkongan yang menyebabkan iritasi.

Sakit perut
Sakit perut Photo: Pixabay.

Beberapa selebriti dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung yang dipicu Gerd, beberapa di antaranya Ashraf Sinclair, Lina mantan istri Sule, hingga ayah desainer Ivan gunawan.

3.Demam tinggi

Demam dapat disebabkan oleh sejumlah infeksi. Demam yang disebabkan oleh malaria atau demam berdarah umumnya tidak terdeteksi di awal, sehingga lebih mudah menyebabkan kematian. Itu sebabnya, suhu tubuh perlu dikontrol ketika Anda memiliki demam tinggi.

4.Keracunan makanan

Keracunan makanan dan diare menyebabkan kematian pada banyak bayi di negara berkembang. Keracunan makanan dapat menyebabkan muntah dan diare yang menyebabkan kematian karena dehidrasi.

Lalat yang sedang mengisap makanan
Lalat yang sedang mengisap makanan. Foto: Ulrike Leone di Pixabay

5.Tifus

Tifus adalah jenis demam yang terjadi karena minum air yang terkontaminasi. Gejala tifus termasuk demam yang disertai dengan diare dan muntah. Jika tifus tidak diobati dengan baik, itu dapat membunuh seseorang karena dehidrasi dan keracunan darah yang sangat cepat.

6.Sakit kuning

Penyakit kuning adalah penyakit hati di mana bilirubin dalam darah meningkat. Penyakit ini dapat menghancurkan nafsu makan dan menimbulkan gangguan pencernaan.

Jika tidak segera terdeteksi, penyakit ini bisa membunuh seseorang. Tetapi, kematian yang diakibatkan oleh penyakit kuning tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan akan menjadi kematian yang lambat dan menyakitkan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close