Hot

7 Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon, cocok buat isi waktu luang

Selain terkenal dengan K-Pop dan K-Drama, Korea Selatan juga terkenal dengan webtoon. Bahkan, ada beberapa seri webtoon yang diadaptasi menjadi drama Korea dan berhasil menuai kesuksesan.

Webtoon adalah layanan komik digital yang pada awalnya dibuat oleh portal situs pencarian asal Korea Selatan, Daum pada 2003 silam. Kemudian, Naver mengikuti langkah tersebut dengan membuatnya pada tahun 2004.

Baca juga: 7 Drama Korea yang membawa isu kesehatan mental

Webtoon sangat terkenal tak hanya di Korea, tapi juga di Indonesia. Bahkan saking terkenalnya, ada banyak drama Korea yang diadaptasi dari webtoon lho. Penasaran apa saja drama Korea yang diadaptasi dari webtoon? Berikut ulasannya.

Cheese In The Trap

Poster drama Korea Cheese In The Trap. Foto: Mydramalist

Drama yang rilis pada 2016 silam ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Ditulis oleh Soonkki, Cheese In The Trap menjadi salah satu seri webtoon yang paling populer.

Cheese In The Trap menceritakan tentang Hong Seol, seorang mahasiswa yang kembali ke perguruan tinggi dengan beasiswa dan merasa bingung karena Yoo Jung, seorang siswa kaya dan populer di sekolah yang memperlakukannya dengan baik padahal mereka pernah musuhan.

Meski ragu dengan Yoo Jung, Hong Seol akhirnya memutuskan untuk menaruh hatinya dan mendaratkan dirinya dalam hubungan yang rumit. Dalam drama, Yoo Jung diperankan oleh Park Hae Jin dan Hong Seol diperankan oleh Kim Go Eun.

Mulanya, drama ini sama dengan apa yang ada di webtoon. Tapi karena drama difilmkan sebelum cerita di webtoon tamatkan, akhirnya ending dari drama itu dibuat berbeda dari versi webtoon.

My ID Is Gangnam Beauty

Poster drama Korea My ID Is Gangnam Beauty. Foto: Mydramalist

MY ID Is Gangnam Beauty ditulis oleh Kee Maeng Kee dan berhasil menarik perhatian banyak orang karena berfokus pada standar kecantikan di Korea dan operasi plastik yang biasa dilakukan masyarakat Korea.

Drama ini rilis pada tahun 2018 dengan pemeran utama pria Cha Eun Woo yang memerankan Do Kyung Seok. Do Kyung Seok merupakan siswa populer yang tampak dingin dan acuh tak acuh, lalu jatuh hati pada sifat lembut dari Kang Mi Rae yang diperankan oleh Im Soo Hyang.

Dalam drama, diberi sedikit bumbu-bumbu dengan menambahkan beberapa karakter serta adegan yang tidak ada di webtoon.

What’s Wrong With Secretary Kim

Poster drama Korea What’s Wrong With Secretary Kim. Foto: Mydramalist

What’s Wrong with Secretary Kim pertama kali diterbitkan sebagai novel yang ditulis oleh Jung Kyung Yoo sebelum diadaptasi jadi komik digital. Kemudian pada tahun 2018, kisah ini diangkat menjadi drama yang berhasil memenangkan hati banyak orang.

Kisah ini bercerita tentang Lee Young Joon (Park Seo Joon) yang merupakan seorang wakil presiden sebuah perusahaan besar yang sedang sedang mencari cara untuk mempertahankan tangan kanannya, Kim Mi So (Park Min Young) yang menyatakan untuk mundur setelah bekerja dengannya selama 9 tahun.

Drama ini mendapat banyak pujian karena menampilkan banyak detail yang apik, bahkan hingga ke seluk-beluk seperti gaya rambut dan pakaian para pemeran utama.

Hell Is Other People

Poster drama Korea Hell Is Other People. Foto: Mydramalist

Hell Is Other People adalah seri webtoon yang ditulis oleh Kim Yong Ki yang rilis pada 2019. Webtoon ini bercerita tentang kisah pria bernama Yoon Jong Woo (Im Si Wan) saat dia meninggalkan kampungnya untuk pergi ke Seoul. Ia tinggal di kamar sewa paling murah dan kecil yang dikenal dengan ‘Goshiwon’. Di sana, ia bertemu dengan penduduk yang tidak menyenangkan dan mengalami kejadian-kejadian aneh.

Drama yang diadaptasi dari webtoon ini berjudul Strangers From Hell dan tayang di Netflix. Meski hanya 10 episode, drama ini dikemas dengan sensasi menakutkan dan banyak hal menyeramkan yang berhasil bikin penontonnya merinding.

Love Alarm

Poster drama Korea Love Alarm. Foto: Mydramalist

Love Alarm diadaptasi dari webtoon yang dikenal sebagai Ringing If You Like (Joahamyeon Ullineun) yang ditulis oleh Chon Kye Young. Love Alarm rilis pada tahun 2019 yang dapat disaksikan di Netflix.

Drama ini bercerita tentang sebuah aplikasi yang bernama Joalarm, yang dapat mendeteksi jika ada seseorang yang memiliki perasaan terhadap seorang lainnya dalam jarak 10 meter. Aplikasi itu tidak dapat dimatikan begitu diunduh, sehingga orang tidak dapat menyembunyikan perasaan mereka.

Dan yang terjadi adalah Jo Jo, pemeran utama wanita, yang menggunakan aplikasi tersebut terjebak cinta segitiga dengan dua orang teman baiknya, yakni Hwang Sun Oh (Song Kang) dan Lee Hye Young (Jung Ga Ram).

Extraordinary You

Poster drama Korea Extraordinary You. Foto: Mydramalist

Drama Extraordinary You didasarkan pada serial webtoon berjudul July Found By Chance karya Moo Ryu yang rilis pada 2019.

Drama ini menceritakan kisahj Eun Da Oh (Kim Hye Yoon) yang sebenarnya adalah pemeran tambahan dalam komik berjudul ‘Secret’. Dia menyadari bahwa dia adalah bagian dari komik dan ingin mengubah nasib yang telah ditentukan oleh penulis untuknya.

Drama yang bergenre romantis ini diketahui lebih panjang dibanding cerita di webtoonnya.

Itaewon Class

Poster drama Korea Itaewon Class. Foto: mydramalist

Serial yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang kehidupan Park Sae Roi (Park Seo Jun), seorang pemuda yang ingin melawan ketidakadilan dan korupsi karena pengalamannya sejak remaja.

Sejak perilisannya, Itaewon Class menjadi perbincangan banyak orang. Meskipun ada sedikit perubahan kecil, drama ini tetap setia pada plot aslinya.

Mirip dengan komiknya, kesuksesan drama ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa drama ini menyentuh topik seputar perjuangan sehari-hari, yang relevan dengan kisah banyak orang.

Itu dia tadi 7 drama Korea yang diadaptasi dari webtoon. Nah, dari ketujuh drama tersebut, mana yang sudah kamu tonton? Jika ada yang belum, segeralah menonton. Tapi kalau sudah dan punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya juga untuk menonton lagi.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close