Hot

7 Drama Korea yang membawa isu kesehatan mental

Drama Korea dengan membawa isu kesehatan mental di dalamnya menjadi hal yang wajar belakangan ini. Meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama, namun para penulis naskah dan pembuat drama Korea saat ini berusaha lebih keras untuk menyadarkan masyarakat tentang masalah kesehatan mental ini.

Masalah kesehatan mental saat ini memang menjadi isu yang sering diangkat lantaran masih ada sejumlah orang yang seakan tidak peduli atau tidak paham dengan hal tersebut.

Baca juga: Deretan drama Korea yang akan tayang bulan September 2020

Melalui produk budaya populer seperti drama Korea, diharapkan masyarakat mendapat pesan akan isu kesehatan mental yang dibawa.

Ada banyak drama Korea yang membawa isu kesehatan mental. Namun Hops.ID telah merangkum 7 di antaranya yang dilansir dari Soompi, berikut ulasannya.

It’s Okay To Not Be Okay

Poster drama Korea It’s Okay To Not Be Okay. Foto: mydramalist

Drama ini menjadi drama yang banyak diperbincangkan pada tahun 2020. Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) yang bekerja sebagai pengasuh di rumah sakit jiwa dan bertemu dengan seorang wanita bernama Go Moon Young (Seo Ye Ji) yang menulis buku anak-anak ‘gelap’ dan ia menyukainya.

Dia bertekad untuk mendapatkan hati Kang Tae, namun Kang Tae tidak bisa mengurusi urusan asmara karena ia mengabdikan dirinya untuk merawat kakak laki-lakinya, Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang autis.

It’s Okay Not To Be Okay adalah serial yang benar-benar membahas masalah kesehatan mental dan berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami tekanan emosional pada saat dewasa. Namun, dengan saling bersandar satu sama lain, mereka akhirnya dapat saling memahami dan menangani masalah masing-masing.

It’s Okay, That’s Love

Poster drama Korea It’s Okay, That’s Love. Foto: mydramalist

Merupakan salah satu serial terbaik yang mengangkat isu kesehatan mental. Drama ini bercerita tentang Jang Jae Yeol (Jo In Sung), seorang penyiar radio sekaligus penulis buku yang mengidap obsessive Compulsive Disorder (OCD). Tanpa disadari, ia juga ternyata memiliki penyakit Schizophrenia akibat trauma masa lalu.

Drama ini memang memiliki tema yang sensitif dan berat. Namun sang sutradara dan penulis mampu mengemasnya dengan ringan sehingga pesannya bisa tersampaikan dengan baik kepada penonton.

Serial ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Pasalnya serial ini memperlihatkan fakta bahwa kesehatan mental bisa terjadi pada siapa saja. Tak hanya itu, serial ini juga disebut berhasil mengubah pandangan masyarakat Korea Selatan yang awalnya menganggap bahwa isu kesehatan mental merupakan hal yang tabu untuk dibahas.

Kill Me, Heal Me

Poster drama Korea Kill Me, Heal Me. Foto: mydramalist

Drama ini bercerita tentang seorang pria kaya bernama Cha Do Hyun (Ji Sung) yang berjuang dengan gangguan kepribadian ganda sebagai akibat dari pengalaman traumatis yang dia alami sebagai seorang anak. Lebih spesifiknya, ia memiliki tujuh kepribadian, yang salah satunya juga jatuh cinta dengan pemeran utama wanita Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum).

Serial ini, meski mengangkat topik yang serius, pengemasannya menyenangkan dan tak jarang ada sisi komedinya. Karakter Cha Do Hyun menunjukkan kekuatan dan ketekunan dalam menghadapi masalah yang dideritanya. Dia adalah karakter pemberani dan tidak mudah menyerah.

SKY Castle

Poster drama Korea SKY Castle. Foto: mydramalist

Meski tidak secara eksplisit mengangkat isu kesehatan mental, tapi drama SKY Castle ini cukup menunjukkan bagaimana karakternya mengalami stres, kecemasan dan kelelahan yang luar biasa.

Hal itu secara tak langsung terjadi karena sistem pendidikan yang kejam di Korea Selatan. Drama ini menyoroti beban mental dan emosional yang dialami oleh siswa yang mencoba membuktikan diri dan menyenangkan keluarga mereka.

Melihat anak-anak berjuang sendiri dalam tekanan di serial ini adalah sesuatu yang memilukan untuk ditonton, namun juga membesarkan hati karena menyoroti masalah yang perlu menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Fix You (Soul Mechanic)

Poster drama Korea Fix You (Soul Mechanic). Foto: mydramalist

Lee Si Joon (Shin Ha Kyun) adalah seorang psikiater yang biasa menerima pasien dengan berbagai gangguan mental. Kemudian ia bertemu dengan Han Woo Joo (Jung So Min), seorang aktris musical dengan masalah gangguan emosional. Lee Si Joon pun bersedia membantu Woo Joo.

Cinta dan dedikasi yang dimiliki Si Joon untuk Woo Joo sangat mengharukan. Ia bersedia untuk selalu membantu dan berada di sisi Woo Joo di setiap kondisi. Bahkan saaat Woo Joo sedang tidak stabil, Si Joon tidak memperlihatkan kesusahannya dan tetap memiliki kasih sayang yang besar kepadanya.

Berkat cinta dan kesetiaan Ji Hoon ini, Woo Joo akhirnya dapat menemukan kekuatan untuk menghadapi masalahnya dan menemukan kesembuhan dalam cintanya pada Lee Si Joon.

Flower Boy Next Door

Poster drama Korea Flower Boy Next Door. Foto: mydramalist

Go Dok Mi (Park Shin Hye) adalah seorang gadis introvert yang menghabiskan sebagian besar hari-harinya untuk menghindar dari keramaian. Dia hampir tidak pernah meninggalkan apartemen kecilnya dan menganggap orang-orang yang ramah itu merepotkan.

Tetapi ketika Enrique Geum (Yoon Shi Yoon) mendapati Dok Mi sedang menguntit tetangganya, segalanya menjadi sangat canggung. Dok Mi menjadi tidak bisa menghindari Enrique yang supel dan blak-blakkan. Keduanya pun mulai menjalin kasih dan memiliki perasaan serius satu sama lain.

Kepribadian Go Dok Mi yang introvert seakan hilang ketika bersama Enrique. Bahkan, Dok Mi mau keluar dari apartemennya jika bersama Enrique. Serial ini menampilkan kisah cinta dari dua insan yang sama sekali berbeda namun berhasil menjalin kasih.

Chocolate

Poster drama Korea Chocolate. Foto: mydramalist

Dibintangi oleh Yoon Kye Sang sebagai Lee Kang dan Ha Ji Won sebagai Moon Cha Young, ‘Chocolate’ berkisah tentang seorang pria dan wanita yang bertemu sebagai anak-anak dan menghadapi keadaan yang sangat tidak menguntungkan yang membuat mereka akhirnya berpisah. Mereka pun kemudian bertemu lagi setelah dewasa.

Lee Kang dan Moon Cha Young sama-sama mengalami banyak kehilangan di usia muda. Saat mengalami trauma, Moon Cha Young menjadi tidak bisa mengatasinya seiring bertambahnya usia, yang akhirnya memaksanya untuk mengubur ingatannya.

Setiap kali dia dipicu oleh sesuatu dalam hidupnya, dia mendapat serangan panik parah yang sering membuatnya pingsan. Ketika ia bertemu dengan Lee Kang, ia menyadari betul peristiwa apa yang telah ia kubur begitu dalam di dalam dirinya. Dia juga mencari cara untuk mengatasinya agar bisa menjalani hari-harinya dengan bebas.

Judul ‘Chocolate’ dianggap sebagai metafora karena ada penelitian yang mengatakan bahwa cokelat dapat membantu mengatasi depresi.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close