Fit

Enggak cuma bikin mood bagus, ada 7 manfaat lain pelihara kucing

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Pelihara kucing diketahui memiliki berbagai manfaat. Hewan imut dan lucu ini disebut sering menjadi moodbooster buat orang yang memeliharanya. Apalagi ditambah tingkahnya yang menggemaskan.

Baca juga: 5 Tanaman hias cantik yang murah, enggak bikin kantong jebol

Dilansir dari laman goodnet.org pada Rabu, 5 Agustus 2020, berikut adalah 7 manfaat pelihara kucing.

Menurunkan risiko sakit jantung

Sebuah studi menemukan bahwa memelihara kucing memiliki manfaat menurunkan tingkat stress seseorang. Pada gilirannya akan berdampak pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Memelihara kucing dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk juga stroke, sekitar 30 persen.

Membantu menyembuhkan tulang, tendon dan otot

Suara dengkuran kucing adalah salah satu suara yang paling menghibur. Dengan keluarnya suara dengkuran, maka menandakan bahwa kucing sedang dalam keadaan bahagia dan nyaman.

Suara dengkuran kucing juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia.

Anak kucing. Foto: Dimitri Houtteman di Pixabay

Seekor kucing yang mendengkur menciptakan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekunsi dalam kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada sendi setelah cedera.

Membuat tidur lebih baik

Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa manusia, terutama wanita, lebih suka tidur dengan kucing mereka ketimbang dengan pasangan.

Mereka juga mengatakan merasakan tidur yang lebih baik dengan kucing daripada tidur dengan manusia.

Sebuah penelitian dari Mayo Clinic Center for Sleep Medicine juga dapat mengonfirmasi studi tersebut.

Sebanyak 41 persen orang dalam penelitian itu mengindikasikan bahwa mereka tidur lebih nyenyak karena peliharaan mereka. Sementara hanya 20 persen yang mengatakan bahwa tidur dengan peliharaan menjadi sebuah gangguan.

Membuat terlihat lebih menarik

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti hewan peliharaan, Dr. June Nicolls, menemukan bahwa wanita lebih tertarik dengan pria yang memiliki hewan peliharaan.

Ia menyebut, 90 pesen wanita lajang menganggap pria yang memelihara kucing lebih baik dan lebih peduli dibanding mereka yang tidak memiliki.

Mengurangi stres dan kecemasan

Hadirnya kucing di sekitar kamu dapat memicu pelepasan hormon yang menenangkan di tubuh. Hormon itu dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Salah satu kucing termahal di dunia. Foto: petspyjamas.com
Salah satu kucing termahal di dunia. Foto: petspyjamas.com

Kucing dikenal sebagai hewan yang tidak terlalu ribet untuk diurus. Hanya membutuhkan pemeliharaan yang sederhana untuk membuat kamu dan kucingmu merasa senang.

Mengurangi kemungkinan alergi pada anak

Pada tahun 2002, National Institutes of Health merilis sebuah penelitian yang menemukan bahwa anak-anak di bawah usia satu tahun yang biasa bermain dengan kucing, akan lebih sedikit memiliki alergi.

Marshall Plaut, M.D., kepala bagian mekanisme alergi di National Institute of Allergy and Infectious Diseases mengatakan bahwa paparan hewan peliharaan yang tinggi di usia dini tampaknya melindungi anak. Tidak hanya alergi hewan peliharaan, tapi juga jenis alergi umum lainnya, seperti alergi debu, dan alergi rumput.

Menonton video kucing bagus untuk kamu

Ternyata menonton video kucing pun memiliki manfaat. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang oleh Indiana University Bloomington, menyebut bahwa menonton video kucing di internet dapat meningkatkan energi dan emosi positif serta mengurangi emosi negatif.

Itu dia tadi 7 manfaat memelihara kucing. Nah, bagi kamu yang masih ragu buat pelihara hewan menggemaskan itu, jangan ragu lagi. Sebab memelihara kucing memiliki banyak manfaat kesehatan. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close