Fit

7 Manfaat petai untuk kesehatan tubuh, rasakan sendiri manfaatnya

Don’t just book by its cover. Mungkin istilah itu sangat pas untuk Anda yang tidak menyukai petai lantaran baunya yang tidak sedap. Meski tak sedap, petai punya banyak manfaat.

Pasalnya, meskipun memiliki bau yang mampu membuat orang langsung menutup hidung dan menjauh, petai atau biasa dikenal pete ternyata menyimpan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat petai tersebut? 

Yuk, simak manfaat petai selengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber: 

Manfaat petai bisa membantu menangani depresi

Depresi ada lantaran tekanan dalam pikiran yang membuat tubuh tidak lagi rileks dan selalu tegang. Untuk itu, tubuh memerlukan serotonin yang berfungsi untuk merilekskan keadaan bagian tubuh yang tegang. Nah, petai memiliki zat triptofan yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin ketika Anda mengonsumsinya, sehingga depresi dapat diatasi. 

Memperbaiki mood yang tidak pasti sewaktu PMS

Sering kali ketika perempuan mengalami PMS (premenstrual syndrome) maka mood-nya akan sering berubah-ubah. Dari marah bisa menjadi sedih atau bahagia. Untuk mengatasi keadaan emosi yang tidak stabil, yang dapat merusak keadaan lingkungan sekitar dan mengganggu kinerja kerja, maka sebaiknya Anda mengonsumsi petai di waktu menstruasi. Pasalnya petai mengandung vitamin B6 yang mana berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah yang dapat membantu memperbaiki mood. 

Manfaat petai bisa mengurangi anemia 

Tes darah
Tes darah Photo: Pixabay

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga sering mudah lelah, sakit kepala, mual serta denyut jantung berdetak tidak beraturan. Untuk mencegahnya agar tidak semakin membahayakan tubuh, Anda dapat mengonsumsi petai yang mengandung zat besi cukup tinggi, sehingga tubuh dapat memproduksi sel darah merah yang cukup. Anemia pun dapat terhindarkan. 

Kemampuan otak dapat meningkat

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam petai dapat membantu meningkatkan daya ingat anak, sehingga mudah dalam mengerjakan soal ujian. Hal tersebut ditunjukkan pada penelitian yang terjadi di Inggris, tepatnya di Twickenham, London. Pada penelitian tersebut, sekitar 200 anak diminta untuk memakan petai tiga kali dalam sehari. Hasilnya, sewaktu ujian, anak-anak dapat mengerjakan semua soal dengan baik, dari yang mudah hingga tersulit sekalipun.  

Manfaat petai bisa melancarkan pencernaan

Tekstur yang lembut dengan serat cukup tinggi, menjadikan petai mudah dicerna oleh lambung, sehingga pencernaan pun lancar. Ketika Anda mengalami sembelit pun, sebaiknya konsumsi petai untuk membantu mempermudah buang air besar lantaran serat yang terkandung dalam petai. Mengonsumsi petai, menghindarkan Anda dari obat-obatan pencahar yang dapat menimbulkan efek berkelanjutan. 

Mengurangi begah dan muntah, terutama pada ibu hamil

Kehamilan
Kehamilan. Foto: Pixabay

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat menyebabkan begah pada perut sehingga tidak nyaman dalam beraktivitas. Maka, gunakan petai untuk membantu mengatasi rasa begah atau panas dalam dada akibat terlalu banyak makan. Hal tersebut dikarenakan efek antasid yang dimiliki oleh petai setelah dikonsumsi. Begitu pula bagi ibu hamil yang sering muntah. Mengonsumsi petai secara rutin dapat meredakan mual pada tubuh. 

Membantu menangani mabuk 

Petai juga dapat membantu menangani kondisi orang yang tengah mabuk. Caranya, dengan menjadikan petai sebagai minuman milkshake yang dicampur dengan susu dan madu. Peta berfungsi untuk menenangkan kondisi perut yang terasa panas akibat minuman beralkohol. Madu bertugas untuk menaikkan kadar gula dalam darah, sementara susu bermanfaat untuk mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang. 

Nah, itulah 7 manfaat petai yang baik untuk kesehatan tubuh. Rajin mengonsumsi petai, ya agar tubuh selalu sehat. Tentunya harus diimbangi dengan olahraga. 

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close