Fit

7 Manfaat wortel terdahsyat, bisa tajamkan memori dan bikin kulit bercahaya

Sudah tidak diragukan lagi manfaat wortel, sayuran yang memiliki banyak kandungan zat gizi dan vitamin baik untuk kesehatan.

Umumnya, orang mengkonsumsi wortel lantaran kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka, tidak heran bila banyak orang tua maupun guru menyarankan anak-anak untuk sering memakan sayuran berwarna oranye ini. 

Akan tetapi, tahukah Anda jika ada manfaat wortel lain yang belum diketahui? Seperti dikutip berbagai sumber, dua manfaat wortel di antaranya dapat mempertajam memori anak serta membuat kulit bercahaya. 

Tidak percaya? Buktikan sendiri.

Manfaat wortel bisa mempertajam memori

Bila Anda sering melupakan hal-hal penting dalam hidup, hingga mengganggu hubungan dengan lingkungan sekitar baik di tempat tinggal maupun dengan rekan kerja. Maka, sudah saatnya bagi Anda untuk mengkonsumsi wortel secara rutin.

Wortel memiliki vitamin B yang sangat baik untuk menguatkan daya ingat. Sehingga pekerjaan pun dapat berjalan lancar, ilmu-ilmu baru dapat terserap dengan baik, dan hubungan dengan orang-orang di lingkungan sekitar dapat membaik. 

Membuat kulit bercahaya

Dikutip dari Times of India, melalui sebuah penelitian bila wortel memiliki khasiat yang sangat baik untuk penampilan seseorang, yaitu mengubah kulit menjadi lebih bercahaya. Hal tersebut ditimbulkan dari pigmen karotenoid dalam tubuh yang berfungsi untuk menjadikan kulit berwarna agak kekuning-kuningan. 

Ilustrasi kulit sehat. Foto: Icons8 Team di Unsplash

Menurut penelitian, perempuan dan laki-laki yang memiliki cahaya kuning dalam kulit dianggap lebih menarik dan sehat. Maka, rajinlah memakan wortel dan buah plum agar semakin bercahaya. 

Manfaat wortel bisa mencegah rabun

Manfaat dari sayuran kesukaan kelinci selanjutnya sudah diketahui banyak orang, yaitu mampu mencegah rabun dan memperbaiki kondisi penglihatan yang melemah. Hal tersebut disebabkan adanya zat karoten dan vitamin A yang dimiliki oleh wortel. 

Akan tetapi, untuk memaksimalkan khasiat yang terkandung, sebaiknya wortel dikonsumsi dalam keadaan mentah. Anda bisa memakan secara utuh, mengambil perasan airnya atau menjadikannya jus wortel tanpa gula atau campuran lainnya. 

Menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh

Radikal bebas tersebar di mana-mana. Mulai dari polusi yang setiap hari Anda hirup atau makanan tidak sehat yang masuk dalam tubuh. Akibatnya kesehatan dapat terganggu bila radikal bebas dibiarkan berkeliaran dan berkembang biak. Maka, untuk mencegahnya, perbanyak konsumsi wortel secara rutin, sebab wortel mengandung banyak zat antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Efek jangka panjangnya, Anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker. 

Mampu menguatkan janin

Kandungan vitamin A dalam wortel, ternyata bukan hanya baik untuk mata, tetapi juga untuk janin yang baru berkembang dalam rahim. Maka, tidak heran bila ibu hamil sering disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran terutama wortel selama mengandung, sebab sayuran oranye ini dapat membantu menguatkan janin. 

Kehamilan
Kehamilan. Foto: Ekseaborn0 di Pixabay

Menguatkan tulang dan gigi

Vitamin K yang terkandung dalam wortel, sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi agar terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis di masa tua nanti. Gigi pun dapat tumbuh dengan sehat. 

Manfaat wortel bisa mencegah penyakit jantung

Wortel mengandung zat antioksidan yang tidak hanya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga mencegah penyakit jantung. Menurut penelitian, rajin mengonsumsi selama dua bulan, dapat menjaga kesehatan jantung. Apalagi bila memakannya selama bertahun-tahun? Maka, penyakit yang ditakutkan banyak orang ini pun dapat terhindar dari tubuh Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera masukkan sayuran oranye ini ke dalam menu sehat setiap harinya dan rasakan manfaat wortel, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Semoga bermanfaat ya Hopers.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close