Hot

7 Rekomendasi anime terbaik dari Studio Ghibli yang wajib kamu tonton

Studio Ghibli telah membuat banyak anime terbaik sepanjang masa. Bahkan ada yang bilang, sebelum meninggal, seseorang harus menonton film keluaran Ghibli.

Alur cerita yang bagus dan kualitas serta detail dari animasi Ghibli menjadi daya tarik besar bagi penonton.

Ghibli merupakan rumah produksi animasi Jepang yang menghasilkan banyak sekali film-film terbaik. Bermarkas di Tokyo, anime keluaran Ghibli selalu memikat hati para pecinta film animasi dari mulai anak-anak hingga dewasa.

Baca juga: 5 Fakta Dagestan, republik muslim Rusia asal Khabib Nurmagomedov

Selain kualitas animasi yang baik, film Ghibli biasanya juga memiliki pesan moral yang mendalam dan tak jarang membuat penontonnya meneteskan air mata.

Tak cuma itu, film-film Ghibli identik dengan lantunan musiknya yang sangat menyentuh, menenangkan dan indah.

Nah, berikut ini Hops,ID akan memberikan 7 rekomendasi film anime keluaran Studio Ghibli terbaik yang wajib ditonton. Apa saja? Simak artikel berikut ini ya, Hopers!

Spirited Away

Poster film Spirited Away. Foto: Ghibli.fandom.com

Film ini merupakan salah satu film ikonik dari Ghibli. Film keluaran tahun 2001 ini disutradari oleh Hayao Miyazaki.

Berdurasi 125 menit, Spirited Away berhasil meraih Piala Oscar sebagai film animasi terbaik pada 2002.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Chichiro yang pindah ke sebuah kota baru bersama orang tuanya.

Dalam perjalanan, Chichiro dan orang tuanya menemukan sebuah taman bermain yang sudah tak terpakai. Tanpa disangka, taman bermain itu merupakan gerbang antara dunia manusia dan dunia roh.

Chichiro dan orang tuanya pun kemudian masuk dan menjelajah di dalamnya. Sayangnya, orang tua Chichiro melakukan kesalahan dan kemudian mereka berubah menjadi babi.

Chichiro pun lalu berusaha untuk menyelamatkan orang tuanya dari kutukan tersebut. Ia menjalani petualangan yang absurd namun fantastis.

Animasi, musik, cerita dari film ini sangat indah. Film ini juga lucu, menyayat hati, menginspirasi, menghangatkan hati dan sedikit menakutkan.

Menurut laman CBR, film ini adalah film yang sempurna.

Howl’s Moving Castle

Poster Howl’s Moving Castle. Foto: Ghibli.fandom.com

Anime Studio Ghibli terbaik berikutnya adalah Howl’s Moving Castle yang rilis pada tahun 2004. Film ini berhasil masuk dalam nominasi Oscar pada kategori Best Animated Feature Film of the Year pada tahun 2006 silam.

Film ini menceritakan tentang Sophie, seorang gadis berusia 18 tahun yang dikutuk oleh penyihir pembuangan.

Fisik Sophie yang cantik pun berubah menjadi keriput seperti nenek-nenek. Setelah itu, ia memutuskan untuk keluar dari rumahnya dan hidup mandiri.

Dalam perjalanan, ia menemukan tongkat ajaib yang kemudian membawanya ke kastil berjalan milik penyihir bernama Howl.

Sophie kemudian tinggal dan bekerja di kastil itu sembari menemukan cara untuk kembali ke keadaan semula.

Howl’s Moving Castle mencampuradukkan banyak ide, dari mulai kritik perang, hingga romansa rentang waktu.

Princess Mononoke

Poster Princess Mononoke. Foto: Ghibli.fandom.com

Princess Mononoke keluar pada tahun 1997 dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

Film ini bercerita tentang seorang pangeran bernama Ashitaka yang terkena kutukan di tangannya. Kutukan tersebut memang memberinya kekuatan, namun juga diramalkan dapat membuatnya mati.

Akhirnya, Ashitaka melakukan perjalanan ke arah barat untuk mencari kesembuhannya. Dalam perjalanan, Ashitaka dihadapkan dengan situasi peperangan antara penghuni hutan dan manusia penambang besi.

Film ini mengandung pesan tentang hubungan antara alam dan manusia, emansipasi wanita serta perang.

Princess Mononoke berhasil menyabet banyak penghargaan. Bahkan di Jepang, film ini berhasil meraih pendapatan tertinggi pada tahun tersebut.

Grave of the Fireflies

Poster Grave of the Fireflies. Foto: Ghibli.fandom.com

Anime ini menceritakan tentang dua saudara kandung yang menjadi yatim piatu setelah serangan udara Perang Dunia II.

Mereka berjuang untuk mempertahankan rasa kenormalan dan kepolosan seperti anak kecil, meski di sekiling mereka, harapan seolah sudah mati.

Anime Studio Ghibli yang dirilis pada tahun 1988 ini disebut mampu menggetarkan perasaan penonton dengan penggambaran perang yang menyeramkan dan kesulitan anak-anak untuk bertahan hidup.

Castle in the Sky

Poster Castle in the Sky. Foto: Ghibli.fandom.com

Castle in the Sky yang dirilis pada 1986 ini mengisahkan tentang seorang gadis muda bernama Sheeta, yang diculik agen pemerintah untuk mencari jimat misterius yang dimilikinya.

Ia kemudian dibawa dengan pesawat. Di tengah perjalanan, pesawat tersebut dibajak oleh sekelompok orang.

Namun pembajakan tersebut menjadi peluang kabur bagi Sheeta. Ia pun kabur dan berhasil selamat berkat jimatnya.

Selanjutnya, Sheeta bertemu dengan seseorang bernama Pazu yang sedang merencanakan untuk mencari kota yang hilang, Laputa.

Akhirnya, mereka berdua memutuskan untuk berpetualang bersama guna mencari Laputa.

My Neighbor Totoro

Poster My Neighor Totoro. Foto: Ghibli.fandom.com

My Neighbor Totoro mengisahkan tentang Satsuki dan Mei yang baru saja pindah bersama keluarganya ke pedesaan. Ayah mereka adalah seorang profesor dan ibunya sedang sakit dirawat di rumah sakit.

Di sekitar rumah yang baru mereka tinggali, Satsuki dan Mei bertemu dengan banyak makhluk asing yang lucu, salah satunya Totoro. Mereka pun sering bermain bersama makhluk-makhluk tersebut.

Pesan moral tentang kekeluargaan sangat kental dalam film ini. Cerita dari film yang dirilis pada 1988 ini juga tidaklah rumit. Hal ini yang kemudian membuat My Neighbor Totoro dapat dinikmati segala usia.

Kiki’s Delivery Service

Poster Kiki”s Delivery Service. Foto; Ghibli.fandom.com

Terakhir ada Kiki’s Delivery Service yang rilis pada tahun 1989, yang bisa kamu jadikan referensi tontonan.

Film ini mengisahkan tentang seorang penyihir muda wanita bernama Kiki. Ia memutuskan pergi ke kota dari rumahnya di desa.

Namun, sesampainya di kota, Kiki malah bekerja di toko roti. Ia memanfaatkan kemampuannya untuk mengantarkan roti dengan cepat.

Film ini mungkin tidak memiliki banyak cerita petualangan seperti di film lainnya. Namun, film ini tetap menarik banyak perhatian penonton.

Nah itu dia 7 anime dari Studio Ghibli yang wajib kamu tonton. Daftar film tersebut bisa kamu catat dulu nih, buat ditonton di akhir pekan atau hari libur. Selamat menonton ya, Hopers!

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close