Trending

7 Tips mudah biar anak enggak bosan belajar online di rumah, wajib tahu!

7 Tips mudah biar anak enggak bosan belajar online di rumah. Apa saja? Simak artikel berikut ini, yuk!

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun di Indonesia, masih terus memaksa berbagai hal dilakukan dari rumah, termasuk sekolah anak.

Kini, sudah berbulan-bulan lamanya anak-anak tidak melakukan sekolah tatap muka langsung dengan guru dan teman-temannya, sebagaimana sekolah pada umumnya.

Ribuan atau bahkan mungkin jutaan anak sekolah di Indonesia sudah berbulan-bulan sekolah dengan menatap layar dan mendapat materi serta tugas dari depan laptop, komputer atau handphone.

Meski pembelajaran jarak jauh sudah jadi hal yang cukup lama dijalankan, tak dimungkiri masih banyak anak yang kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan proses belajar seperti itu.

Nah, berikut ini Hops.ID akan memberikan sejumlah tips yang bisa membuat anak nyaman dan tidak bosan belajar online dari rumah.

Tips ini didapat dari Associate Psychologist di Sadari.id, Aditya Gunawan, M.Psi., yang jadi pembicara dalam webinar Anak Indonesia Cerdas di Era Pandemi, yang diadakan oleh Hops.ID pada hari ini, Jumat 23 Juli 2021.

Lalu, apa saja tips untuk bisa membuat anak nyaman dan tidak bosan belajar online di rumah? Simak daftarnya berikut ini.

Tempat belajar nyaman

Ilustrasi belajar online. Foto: Fotolia
Ilustrasi belajar online. Foto: Fotolia

Untuk membuat anak nyaman belajar dari rumah, hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan sumber daya yang ada di rumah. Pertama yang bisa dilakukan adalah membuat tempat belajar yang nyaman.

“Apakah duduknya enak atau enggak, pegel atau enggak kalau anak duduk kelamaan, atur tinggi mejanya dan sebagainya, pencahayaan layar (laptop/komputer) juga perlu diatur,” kata Aditya.

Rumah jangan berisik

Ilustrasi anak belajar online. Foto: Ist
Ilustrasi anak belajar online. Foto: Ist

Kemudian, Aditya menjelaskan, untuk membuat anak nyaman belajar online dari rumah, sebisa mungkin suasana rumah tidak berisik. Karena dengan banyaknya suara berisik, itu bisa mengganggu konsentrasi anak saat belajar.

Apalagi, anak merupakan sosok yang sangat penasaran akan suatu hal. Nah, dengan adanya distraksi atau gangguan seperti suara berisik, itu bisa membuat anak jadi penasaran terhadap gangguan tersebut, dan berpaling dari pelajaran yang ada di hadapannya.

“Karena anak itu penasaran banget, ketika belajar online, ya dia penasaran banget sama pelajarannya. Tapi kalau ada distraksi, misalnya berisik atau ada suara tertentu, dia jadi penasaran ke situ. Jadi sebisa mungkin, kita buat anak hanya penasaran terhadap pelajaran yang sedang dikerjakan,” ujar Aditya lagi.

Diberi stimulasi saat belajar

Ilustrasi belajar online. Foto: Rev
Ilustrasi belajar online. Foto: Rev

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membuat anak nyaman belajar online di rumah adalah diberikan stimulasi oleh orang tua. Dengan demikian, kata Aditya, anak jadi merasa senang saat belajar karena stimulan yang diberikan.

“Bisa mungkin kalau diizinkan oleh gurunya, kasih cemilan yang sehat, yang enak, yang dia suka saat belajar. Jadi, saat belajar ini anak selain ada proses belajar, anak jadi senang juga. Jadi nanti stimulasinya ‘oh belajar itu menyenangkan’, karena di otak anak ada stimulasi-stimulasi yang menyenangkan saat dia belajar,” urainya.

Token apresiasi

Ilustrasi belajar online. Foto: RVD Tutors
Ilustrasi belajar online. Foto: RVD Tutors

Lebih lanjut, Aditya juga memberikan tips lain yang bisa dilakukan para orang tua agar anak tidak bosan belajar di rumah, yakni dengan memberikan token apresiasi.

Token apresiasi sendiri merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi kerja keras anak dengan memberikan sesuatu yang membuatnya senang.

“Jadi kalau misalnya anak bisa selesai sekolahnya hari ini, dapat bintang satu. Kalau PR-nya dikerjain, ditambah lagi bintangnya. Nanti kalau bintangnya sudah lima boleh ditukar dengan hadiah, bisa makanan atau mainan. Jadi buat anak termotivasi, buat anak melakukan hal-hal baik,” ujarnya.

Buat jadwal

Ilustrasi belajar online. Foto: Cool Kids
Ilustrasi belajar online. Foto: Cool Kids

Salah satu cara berikutnya yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anak tidak bosan belajar online di rumah adalah membuat jadwal. Misalnya, membuat jadwal anak mengerjakan PR pada jam-jam tertentu, yang disepakati bersama.

Hal itu dilakukan agar anak tidak secara tiba-tiba disuruh mengerjakan tugas, apalagi ketika dia sedang asyik bermain. Dengan membuat jadwal, anak bisa diingatkan dari beberapa waktu sebelumnya, supaya ia tetap bisa bermain, tapi juga tidak lupa akan tugas atau PR-nya.

“Jadi tugasnya orang tua selain membuat jadwal adalah mengingatkan nih. ‘oh satu jam lagi ya, kita akan mulai ngerjain PR’,” tutur Adit.

Imbangi belajar dengan aktivitas hobi

Ilustrasi belajar online. Foto: Newrow
Ilustrasi belajar online. Foto: Newrow

Selanjutnya, Aditya Gunawan juga menjelaskan bahwa anak harus tetap diimbangi aktivitas sekolahnya dengan aktivitas lain, seperti dengan hobi yang dimilikinya. Sebisa mungkin, lanjutnya, aktivitas tersebut dilakukan dengan tidak menggunakan gawai alias gadget.

“Jadi selain sekolah, harus ada aktivitas yang merupakan hobinya. Dan kalau bisa non-gadget ya, karena kan sekolah sudah gadget yah, dan tugasnya mungkin berbasis online juga. Jadi kalau bisa aktivitas yang dilakukan itu non-gadget,” paparnya.

Mengerjakan tugas dengan teman-teman

Ilustrasi belajar online. Foto: Skolaro
Ilustrasi belajar online. Foto: Skolaro

Lebih lanjut, Aditya Gunawan juga menjelaskan bahwa orang tua bisa berdiskusi dengan orang tua murid yang lainnya, supaya anak bisa mengerjakan tugas secara bersama-sama. Itu juga bisa dilakukan supaya anak tidak cepat bosan belajar online di rumah.

“Kita buat aja diskusi, biar anaknya komunikasi nih sama anak lain dengan cara ngerjain PR-nya bareng-bareng via Zoom atau via online, jadi anak senang tuh nanti, ngerjain bareng teman-temannya,” urai Aditya.

Itu dia tadi 7 tips yang bisa dilakukan agar anak tidak bosan selama belajar online di rumah saat era pandemi seperti sekarang. Buat Anda yang mau menyaksikan kembali tayangan ulang webinar Anak Indonesia Cerdas di Era Pandemi yang diadakan Hops.ID, bisa langsung mengunjungi YouTube Hops.ID dengan klik link di sini.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close