Fit

8 Manfaat tanaman lidah mertua, serap polusi hingga tebalkan rambut

Tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk mempercantik rumah. Namun, selain sebagai dekorasi, ternyata lidah mertua memiliki sederet manfaat lain.

Baca juga: Mau panjang umur? Coba 6 kebiasaan warga Jepang

Memiliki banyak manfaat, tanaman yang memiliki nama latin sansivieria ini juga menjadi pilihan karena harganya yang murah dan perawatannya yang mudah. Berikut adalah 8 manfaat lidah mertua.

Membersihkan udara dalam ruangan

Meletakkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan rumah dapat memberikan manfaat yang baik, yaitu untuk menyaring udara.

Mengapa demikian? Karena tanaman, pada malam hari, akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Hal ini kemudian membuat udara di dalam ruangan semakin bersih.

Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu menciptakan aliran udara yang ideal di rumah.

Mengurangi polusi

Lidah mertua juga dikenal akan kemampuannya untuk membantu mengurangi polusi, meski dalam jumlah kecil.

Lidah Mertua. Foto: Kara Eads di Unsplash

Tanaman ini, dinilai dapat menyerap zat-zat polusi penyebab kanker, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, xylene dan toluene.

Buat kamu yang memiliki alergi udara kotor, lidah mertua sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah kamu.

Menyerap radiasi

Tak hanya menyerap  polusi, tanaman ini juga dapat menyerap radiasi yang biasa terdapat pada laptop, HP, televisi dan lainnya.

Jika kamu memiliki ruangan yang banyak perangkat elektronik, kamu dapat meletakkan tanaman lidah mertua untuk mendapatkan manfaat ini.

Mengurangi sick building syndrome

Tanaman ini juga memiliki manfaat mengurangi sick building syndrome (SBS) karena kemampuannya yang dapat menyerap polutan.

Sindrom tersebut biasanya disebabkan karena buruknya sistem ventilasi dan AC di sebuah ruangan. Selain itu, ruangan yang dipenuhi orang yang mengandung karbondioksida dan nikotin, juga dapat menyebabkan sindrom itu.

Gejala yang biasanya dirasakan adalah iritasi mata, sakit kepala dan tenggorokan serta rasa lelah dan mual.

Melembapkan ruangan

Jika kamu tinggal di daerah yang cukup kering, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tanaman hias, salah satunya lidah mertua sebagai dekorasi rumah.

Lidah mertua akan membuat ruangan menjadi lebih lembap, sehingga risiko timbulmya kulit kering, pilek, atau sakit tenggorokan bisa berkurang.

Menebalkan rambut

Seperti lidah buaya, lidah mertua juga memiliki manfaat untuk rambut. Ekstrak atau gel tanaman ini dapat digunakan untuk menebalkan rambut.

Lidah Mertua. Foto: Paul Hanaoka di Unsplash

Caranya cukup mudah, cukup usapkan gel lidah mertua di rambut dan biarkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Pengharum alami

Tanaman ini memiliki aroma yang khas. Karenanya, juga dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan, seperti di dapur dan toilet.

Beberapa negara telah menjadikan lidah mertua sebagai pengharum ruangan alami, parfum hingga aromatherapy dengan cara diekstrak untuk mendapatkan minyaknya.

Membuat lebih bahagia

Manfaat lain dari tanaman ini adalah membuat bahagia. Pasalnya, meletakkan tanaman hias di rumah atau tempat kerja dapat meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan risiko munculnya depresi.

Selain itu, memiliki tanaman di dalam ruangan juga dapat meningkatkan produktivitas, karena tanaman bisa meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

Itu tadi beberapa manfaat dari tanaman lidah mertua. Buat kamu yang ingin merasakan manfaat-manfaat tersebut, kamu bisa mulai memiliki lidah mertua dari sekarang.

Tapi ingat, jauhkan lidah mertua dari jangkauan anak-anak. Karena meskipun indah, lidah mertua memiliki daun yang tajam yang dapat membahayakan anak-anak. (CTH)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close