Hot

9 Drama Korea yang angkat LGBT dalam kisahnya

Drama Korea atau drakor identik dengan kisah romantis pria yang jatuh cinta dengan wanita atau sebaliknya. Tetapi ada juga beberapa drama Korea yang mulai menampilkan komunitas LGBT (lesbian, gay, bisexsual, transgender).

Komunitas LGBT di Korea Selatan memang mulai ditampilkan dalam beberapa produk budaya populer seperti video musik, film, hingga drama, baik itu dari cerita atau karakter.

Baca juga: Tak cuma Hadi Pranoto, deretan orang ini klaim temukan obat herbal covid

Meski belum begitu banyak, selama beberapa tahun terakhir, drakor seakan sudah tak segan untuk menampilkan komunitas LGBT dalam drama.

Apa saja drakor yang memiliki bagian cerita atau karakter LGBT di dalamnya? Simak ulasan berikut ini.

Reply 1997

Drama Korea Reply 1997 disebut menjadi salah satu drama popular yang menceritakan kisah LGBT yang memiliki porsi cukup besar.

Kisah LGBT dalam Reply 1997 hadir lewat tokoh Kang Joon Hee (Lee Ho Won) yang menyukai sahabatnya, si tokoh utama dalam drama ini Yoon Yoon Je (Seo In Guk).

Meski kisah cintanya bertepuk sebelah tangan, lika-liku karakter Kang Joon Hee yang ditampilkan dalam drama ini membuat banyak penonton menyukai karakter gay tersebut.

At Eighteen

Drama dari JTBC ini mengangkat cerita tentang pencarian jati diri yang dialami oleh siswa di usia 18 tahun.

Salah satu karakter, yang diperankan oleh ‘ASTRO’ Moon Bin, menyadari ia memiliki perasaan yang berbeda untuk seorang teman sekelasnya.

Ia kemudian merasa hal tersebut aneh dan tidak wajar karena memiliki perasaan terhadap sesama jenis.

Prison Playbook

Drama Korea Prison Playbook secara garis besar mengangkat tema kehidupan para narapidana. Namun dalam cerita, terselip beberapa karakter dari komunitas LGBT dan secara terang-terangan mengakui orientasi seksualnya.

Karakter itu, disitat Insertlive, adalah Yoo Han Yang (Lee Kyu Hyung), seorang narapidana narkoba yang harus mendekam di penjara karena dilaporkan oleh ibunya.

Tidak hanya itu, tokoh sipir Song (Kang Ki Doong) juga diceritakan secara terang-terangan menyukai narapidana Yoo Dae Wi (Jung Hae In).

Love With Flaws

Sentuhan komunitas LGBT dari drama ini terlihat dari karakter Joo Won Suk yang dibintangi oleh Cha In Ha. Ia adalah pemain pendukung yang bekerja di sebuah bar khusus kaum gay.

Tokoh tersebut juga diceritakan mengalami masa-masa sulit untuk mengakui orientasi seksualnya kepada orang tuanya sendiri. Bahkan, Joo Won Suk juga dikisahkan sempat melakukan usaha bunuh diri.

Namun, pada akhirnya kedua orang tua Joo Won Suk memberikan dukungan dan membiarkan anaknya hidup damai dengan pilihannya tersebut.

Love Alarm

Drama Netflix Original ini juga menyertakan percakapan menyentuh mengenai LGBT. Love Alarm menceritan tentang aplikasi yang akan memberi tahu bila ada seseorang yang menyukai mereka di radius 10 meter.

Saat itulah, aplikasi Love Alarm yang dimiliki oleh Jung Ga Ram, salah seorang karakter, berbunyi di sekolah. Ia pun menyadari bahwa seorang siswa ternyata memiliki perasaan untuknya.

Romance is a Bonus Book

Drama ini juga salah satu K-Drama popular yang menyertakan pasangan sesama jenis. Lebih tepatnya, mantan kekasih karakter utama, yang diperankan oleh Lee Jong Suk, diketahui berkencan dengan sesama wanita.

Itaewon Class

Karakter Hyun Yi, yang  diperankan oleh Lee Joo Young mencuri perhatian penonton lewat drama Itaewon Class. Ia diceritakan lahir sebagai laki-laki. Namun ia sedang berusaha mengumpulkan uang untuk melakukan operasi ganti kelamin.

Itaewon Class, dilansir Kpopmap, juga disebut menjadi drama Korea populer pertama yang mengangkat cerita tentang transgender.

Hi, Dracula

Hi, Dracula adalah drama Korea pendek yang tayang pada Februari 2020 lalu. Drama ini mengangkat tema LGBT sebagai tema besarnya.

Drama ini mengisahkan tiga kisah yang salah satu kisahnya dibintangi Seohyun SNSD. Seohyun berperan sebagai An Na, seorang wanita yang harus menjalani hidup atas kehendak ibunya.

Ia memiliki rahasia besar yaitu tentang orientasi seksualnya yang menyukai sesama perempuan. Ia dihadapkan dengan masa sulit di mana ibunya menentang keras dirinya yang menjadi seorang lesbian.

Sweet Munchies

Sweet Munchies bercerita tentang kisah cinta segitiga antara pria heteroseksual, seorang wanita dan pria homoseksual.

Kisah dimulai di mana karakter Chef Park yang terpaksa harus membintangi sebuah acara tentang seorang chef yang gay yang digarap sutradara muda Kim A Jin.

Chef Park berpura-pura menjadi gay untuk mendapatkan uang demi membiayai pengobatan ayahnya. Saat ia mulai dikenal sebagai chef gay, ia ditaksir oleh seorang desainer bernama Kang Tae Wan.

Tetapi chef Park akhirnya jatuh cinta dengan Kim A Jin dan Kang Tae Wan pun harus merelakan pria yang disukainya tersebut.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close