Hot

Aa Gym peringatkan Baim Wong yang suka bagi-bagi uang di YouTube

Baim Wong belakangan ini sangat aktif sebagai YouTuber. Ia kerap membuat konten kebaikan seperti membagi-bagikan uang kepada orang yang membutuhkan.

Namun, Baim Wong memiliki kegelisahan sendiri terkait kontennya. Suami dari Paula Verhoeven itu mengaku takut kegiatan baiknya yang ia unggah di media seperti YouTube tidak menjadi pahala baginya tapi malah menjadi riya.

Muslima Fest

Baca juga: Benarkah Sunan Kalijaga sebelum jadi Walisongo pernah menjadi begal?

Baim Wong pun menanyakan ini kepada KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, saat mereka melakukan perbincangan dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Official Aa Gym pada Minggu, 14 Juni, 2020.

Baim Wong yang kini memiliki 14 juta subscribers melalui kanal YouTube ‘Baim Paula’ bertanya kepada Aa Gym mengenai konten yang ia sering buat dan diunggah ke YouTube.

Ia lantas menceritakan awal mula membuat konten YouTube yang kini banyak diisi dengan hal-hal kebaikan seperti berbagi rezeki kepada orang lain.

Selebriti Baim Wong. Foto: Instagram.
Selebriti Baim Wong. Foto: Instagram.

“Jadi ketika awal saya membuat konten YouTube, saya waktu itu mau membangun rumah buat seseorang. Tiba-tiba saya kepikiran, ‘aduh kalau saya posting nanti pahalanya enggak ada lagi, yang ada malah riya’,” kata Baim.

Pada waktu itu, akhirnya Baim memutuskan untuk tidak mengunggah ke publik. Namun setelah itu, ia mengalami kejadian yang sama dan mencoba untuk menjadikannya konten dan mengunggah ke publik.

“Tapi setelah itu ada kejadian lagi, saya membantu orang akhirnya saya coba untuk posting,” ucap Baim.

Ternyata unggahan tersebut menuai banyak pujian dan Baim berpikir bahwa langkahnya dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan kebaikan dan saling membantu.

“Akhirnya sampai sekarang saya post, nah menurut Aa Gym gimana?” tanya Baim Wong kepada Aa Gym.

Aa Gym nasehati Baim Wong

Aa Gym menuturkan, jika seseorang beramal itu yang terpenting adalah niatnya dan dilakukan dengan cara yang benar.

“Yang penting dari sebuah amal itu, satu niatnya benar, yang kedua caranya benar, ilang salah satu, itu gak jadi amal,” jelas Aa Gym dengan logat Sundanya yang kental.

Aa Gym menambahkan, berbuat baik dengan tujuan untuk menginspirasi orang banyak itu boleh-boleh saja.

“Kalau orang itu sudah dikenal, melakukan satu kebaikan itu akan ditiru niatnya agar menginspirasi orang, agar orang juga melakukan kebaikan yang sama, itu boleh,” tutur Aa Gym.

“Tapi ada catatannya nih, catatatannya kita berbuat baiknya tidak hanya yang di-posting. Jadi kalau nolong orang kita posting. Tapi yang tidak di-posting lebih banyak lagi kita lakukan,” tambahnya.

Terkait komentar puijan dan cacian dari orang lain, Aa Gym menilai hal tersebut tidaklah penting, sebab yang terpenting adalah amalnya.

“Kalau kita baca komen dan baca pujian itu kita seneng, nagih gitu, padahal itu kan tidak penting pujian itu. Yang penting kita banyak beramal. Giliran ada komen yang negatif, sakit hati, berarti kita memang nyari pujian,” terang ustaz pendiri Pesantren Daarut Tauhid tersebut.

Aa Gym mengatakan kepada Baim Wong bahwa tidak apa-apa mem-posting kebaikan, asal tetap berbuat baik lebih banyak secara sembunyi-sembunyi.

Keluarga Baim Wong
Keluarga Baim Wong. Foto: Instagram

“Harus lebih banyak, jadi yang diposting sejuta misalkan, yang sembunyi-sembunyi itu sepuluh juta. Nah yang repot itu, yang di-posting sepuluh juta, yang gak di-posting cuma seribu,” imbuh Aa Gym.

Channel YouTube Baim Paula kini sering memuncaki trending YouTube Indonesia. Beberapa waktu lalu, kanal YouTube pasangan suami istri tersebut juga berhasil menempati posisi pertama Top YouTuber Indonesia versi situs Socialblade. (re2)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close