Trending

Hai Abu Janda video damai habib Satpol PP diedit, Habib Umar ternyata yang minta maaf duluan

Polemik cekcok Habib Umar Assegaf vs Satpol PP masih berlanjut setelah kedua pihak berdamai. Belakangan pegiat media sosial sekaligus buzzer Abu Janda menyoal kenapa malah Satpol PP yang meminta maaf kepada habib asal Pasuruan, Jawa Timur tersebut. Abu Janda heran Habib Umar Assegaf mestinya yang meminta maaf duluan kepada Satpol PP sebab dia yang menjadi biang cekcok di jalan tol.

Nah, dalam video perdamaian kedua belah pihak yang telah tersebar di media sosial ternyata videonya dipotong lho, belakangan muncul versi video lebih panjang durasinya, yang mengungkap fakta lainnya. Ternyata Habib Umar Assegaf minta maaf duluan ke petugas Satpol PP, Asmadi sebelum gantian ulama itu memaafkan Asmadi.

Baca juga: New Normal, 5 negara ini mulai bangkit dari wabah corona

Dalam video dengan durasi 2 menit 20 detik yang beredar belakangan, Habib Umar Assegaf menerima rombongan kepolisian dan Ahmadi. Saat bertemu dengan Asmadi, Habib Umar Assegaf meminta petugas Satpol PP itu untuk berdiri di depannya, kemudian habib menyampaikan permohonan maaf.

“Sini pak, Masya Allah. Selamat datang, saya minta maaf, ini hadiah buat bapak,” ujar Habib Umar Assegaf seraya menyerahkan sebuah bingkisan berbungkus wadah hijau kepada Asmadi. Video itu diunggah pada 24 Mei 2020.

Islah antara Habib Umar dengan Asmadi
Islah antara Habib Umar dengan Asmadi. Foto: Instagram

Habib Umar Assegaf kemudian menyampaikan posisi dirinya saat diinterogasi oleh aparat. Habib mengaku awalnya dia mau kooperatif dengan menyampaikan kepentingannya dengan membuka kaca mobil.

“Memang manusia tidak mungkin tidak ada salah. Saya minta maaf dari hari yang dalam,” kata Habib Umar Assegaf.

Namun dia menyesalkan saat ada oknum polisi yang reaktif dengan meminta petugas lainnya merekam insiden ini dan diminta untuk diviralkan.

“Saya kemarin pelu sampeyan (Asmadi) ketahui, saya membawa anggota keluarga saya yang harus masuk ke rumah sakit, ke dokter beliau (anggota keluarga habib) punya sakit batuk, saya panik. Saya mulai buka kaca nggak di-shooting, tiba-tiba ada oknum kepolisian yang bilang viralkan, itu yang saya sesalkan,” kata Habib Umar.

Meski telah mendapatkan serangan fisik, Habib Umar Assegaf mengaku membuka maaf kepada petugas yang menyerangnya.

“Tapi namanya manusia harus beri maaf apapun kesalahannya. Sampeyan (dengan menepuk pundak Asmadi) tidak mungkin melakukan sesuatu karena tugas, mungkin dan kondisi capek, saya maafkan segala kesalahanan sampeyan. Cium tangan,” kata Habib kepada Asmadi.

Kemudian Habib Umar mendoakan Asmadi supaya mendapatkan keberkahan dalam bertugas selanjutnya.

“Mudah-mudahan beliau diberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat,” kata Habib.

Habib Umar Assegaf dengan Asmadi
Habib Umar Assegaf dengan Asmadi. Foto: Instagram

Setelah permintaan maaf Habib Umar itu, Asmadi kemudian mengikuti arahan dari Habib Umar untuk mencium tangan habib seraya menyampaikan pula permohonan maaf kepada Habib Umar Assegaf.

“Minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Habib Umar bin Abdullah Assegaf, pada saat itu saya khilaf, dan apa yang disampaikan Habib saya sedang kecapekan, jadi saya sebagai manusia biasa, saya minta maaf dari hati yang paling dalam,” kata Asmadi.

Munculnya video yang lebih lengkap dan menampilkan permintaan maaf Habib Umar dan Asmadi, disambut lega oleh sebagian pengguna Twitter.

Dengan munculnya video utuh itu, artinya mengklarifikasi persepsi salah sebagian publik yang merasa kok yang minta maaf malah Asmadi petugas Satpol PP, bukannya Habib Umar duluan yang minta maaf. Seperti yang dipersoalkan Abu Janda alias Permadi Arya.

Permadi mengomentasi video yang cuma menampilkan potongan video Asmadi mencium tangan Habib Umar dan meminta maaf atas aksinya. Menurut Abu Janda dengan cuma Satpol PP yang minta maaf artinya petugas mengalami mental inferior dengan sosok habib yang menurutnya juga patut meminta maaf karena melanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya.

Bagaimana tanggapanmu dengan protes Abu Janda Habib Umar yang damai dengan Satpol PP? Berikan komentarmu ya

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close