Trending

Ada bantuan Rp700 ribu per bulan untuk korban PHK

Pandemi COVID-19 porak-porandakan perekonomian Indonesia. Dunia usaha lesu yang berbuntut merumahkan karyawan tanpa digaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Korban PHK pun semakin bertambah.

Pada peringatan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei lalu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkap korban PHK dan yang dirumahkan naik.”Per hari ini total sudah mencapai 1.722.958 orang yang terdata (dirumahkan dan kena PHK),” ujar Ida kala itu.  

Bantuan untuk korban PHK

Banyaknya jumlah korban PHK menjadi keprihatinan banyak pihak. Salah satu bantuan datang dari diaspora atau warga negara Indonesia yang ada di luar negeri.

Saat ini ada 6 juta diaspora yang tinggal di berbagai negara. Mereka akan menyumbangkan uangnya untuk korban PHK di Indonesia. Diaspora yang punya kelebihan harta akan menyumbang US$ 50 atau sekitar Rp700.000/bulan (kurs Rp 14.000) untuk masing-masing korban PHK.

Ilustrasi PHK
Ilustrasi PHK. Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

“Para diaspora akan membantu pekerja korban PHK atau yang dirumahkan karena COVID-19 ini melalui program one family to one family. Donasinya sebesar US$ 50 per bulan,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam siaran langsung di YouTube FMB9, Senin 18 Mei 2020 dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Pelaku bully penjual Jalangkote ternyata tukang setrum

Pendiri Kongres Diaspora Dino Patti Djalal bilang, aset dan potensi diaspora bakal dimanfaatkan untuk membantu pekerja di dalam negeri yang kehilangan mata pencahariannya.

“Kita memanfaatkan segmen yang sangat khusus dari bangsa Indonesia, yaitu segmen 6 juta diaspora yang kaya dengan modal, dengan ilmu, dengan jaringan, dengan idealisme, dengan patriotisme untuk bisa sambung rasa dan sambung rezeki dengan 3 atau 4 juta orang-orang yang baru terkena PHK atau dirumahkan,” ungkap Dino.

Ilustrasi PHK
Ilustrasi PHK. Foto: Tom Pumford on Unsplash

Mereka yang akan menerima bantuan Rp700.000 per bulan akan diseleksi secara online. “Mekanisme bantuan akan disalurkan secara online. Calon donatur akan memilih calon penerima donasi dengan melihat profil calon penerima melalui www.diasporapeduli.id,” kata Menaker.

Pihak pemberi bantuan juga akan memanfaatkan database yang ada di program Kartu Pra Kerja. “Kelompok yang paling membutuhkan juga ada yaitu orang-orang yang masuk dalam daftar Pekerja di tanah air yang sedang malang nasibnya. Sistemnya sudah ada, dibantu oleh BNI,” kata Dino.

Stimulus dari pemerintah

Untuk mencegah meluasnya PHK, pemerintah mengambil langkah mitigasi terhadap dampak COVID-19. Salah satu caranya dengan memberikan berbagai paket stimulus ekonomi untu  perusahaan yang memiliki komitmen untuk tidak melakukan PHK.

Ada juga program keringanan bagi pekerja sektor formal seperti insentif pajak, rencana relaksasi iuran BPJS Ketenagakerjaan, relaksasi pembayaran kredit hingga jaringan pengaman sosial diharap bisa meringankan beban pengusaha yang kesulitan membayar upah karyawannya secara penuh.

“Ada juga program keringanan bagi pekerja dan jaring pengaman sosial bagi pekerja sektor informal dengan memberikan prioritas pemberian bantuan untuk pekerja yang masuk dalam kategori miskin dan kelompok rentan,” tambah Ida.

Cara lain dengan memperbanyak program Padat Karya Tunai dengan melibatkan kementerian-kementerian terkait untuk penyerapan tenaga kerja.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close