Trending

Ada yang marah Raffi Ahmad divaksin duluan, Tsamara: Mau narasi ndakik?

Publik menyoroti tampilnya artis Raffi Ahmad divaksin Sinovac duluan. Raffi menjadi bagian kelompok pertama di Indonesia yang divaksin Covid-19 tersebut.

Nah sebagian publik teriak di Twitter dan media sosial, kenapa kok Raffi Ahmad yang pertama disuntik vaksin, pria berjuluk Sultan Andara itu kan cukup berpunya. Kelompok yang marah dengan Raffi Ahmad adalah kelompok kelas terdidik.

Respons kelas terdidik yang marah Raffi Ahmad dapat vaksin duluan ini direspons politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany Alatas.

Bela Raffi Ahmad divaksin

Raffi Ahmad. Foto: YouTube KUY Entertainment

Tsamara dalam cuitannya membela langkah pemerintah menunjuk Raffi Ahmad dan sejumlah figur publik untuk masuk dalam kelompok pertama yang divaksin duluan.

Tsamara mengkritik mereka yang marah kenapa Raffi Ahmad yang dipilih duluan. Suka tidak suka, Tsamara mengatakan Raffi Ahmad punya kekuatan, langkahnya divaksin akan ditonton oleh jutaan pengikut dan pendukungnya.

“Sebagian kelas terdidik marah Raffi Ahmad dapat vaksin duluan. Ini menunjukkan betapa out of touch sebagian kelas terdidik dgn realitas masyarakat. Hanya karena aku, kamu, atau teman-teman kita tidak nonton/follow Raffi, itu tidak membantah fakta bahwa pendukung Raffi ada jutaan,” tulis Tsamara dalam utasannya di Twitter, dikutip Rabu 13 Januari 2021.

Nggak perlu narasi ndakik

Presiden Jokowi disuntik vaksin Sinovac
Presiden Jokowi disuntik vaksin Sinovac. Foto Antara/Fan Page Jokowi

Pelibatan Raffi Ahmad pada vaksin pertama ini akan memudahkan pemerintah untuk meyakinkan masyarakat agar tak ragu divaksin.

Pemerintah tak perlu repot misalnya menjelaskan data kemanjuran vaksin Sinovac dan lainnya, dan yang penting nggak perlu membawa narasi yang melangit.

“Misal, ada seorang ibu di kampung, penonton acara hiburan. Ia takut divaksin. Lalu kita mau menjelaskan ke dia dg data soal efficacy vaksin atau narasi ndakik? Bandingkan jika ia melihat sosok yang sehari-hari ia tonton berani divaksin. Mana yang lebih memengaruhi dia?” tulisnya.

Tsamara mengatakan program vaksinasi tidaklah mudah. Pemerintah juga punya tantangan menjelaskan kepada masyarakat soal vaksinasi dengan bahasa yang mudah dan jelas.

Maka dari itu, menurutnya bisa dipahami kenapa pemerintah melibatkan beberapa artis dan figur publik untuk bisa dilihat oleh masyarakat luas divaksin. Selain Raffi Ahmad, artis yang divaksin duluan yaitu penyanyi Bunga Citra Lestari.

“Program vaksinasi tidak mudah. Kita tak bisa mengharap hanya pada pemerintah untuk menjelaskan pentingnya vaksinasi dengan berbagai data dan bahasa teknis. Masyarakat butuh role model. Memberi contoh orang yg sering mereka tonton seperti Raffi berani divaksin itu langkah penting,” katanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close