Trending

Adu kekayaan Joe Biden vs Donald Trump, siapa paling tajir?

Kekayaan Joe Biden dan Donald Trump menarik untuk dibahas di luar topik politik pilpres Amerika yang kini sedang hangat.

Pertarungan antara Joe Biden vs Donald Trump dalam perebutan kursi kepresidenan Amerika Serikat kian ketat dan panas. Tapi di luar itu, ada yang menarik untuk dibahas yaitu kekayaan dari Joe Biden maupun Donald Trump.

Baca juga: 10 Mantan Presiden Amerika Serikat terkaya, ada yang eksploitasi budak

Bahasan mengenai gaji, kekayaan dan semua yang berkaitan dengan uang memang selalu menarik untuk diikuti, termasuk kekayaan Biden dan juga Trump.

Penasaran dengan kekayaan dua calon Presiden AS, Joe Biden dan Donald Trump? Simak ulasan berikut ini.

Joe Biden

Melansir Yahoo News Australia pada Jumat, 6 November 2020, kekayaan bersih Joe Biden tercatat sekitar USD9 juta atau sekitar Rp128,6 miliar.

Biden sebelumnya dikenal oleh sebagian orang dengan panggilan ‘Middle-class Joe’, dan pernah dibercandai sebagai anggota Kongres termiskin. Namun kini, rekening Biden sangat ‘sehat’.

Dalam laporan pajaknya, menunjukkan bahwa ia memperoleh kekayaan USD11 juta setelah menyelesaikan jabatannya sebagai Wakil Presiden Barrack Obama pada tahun 2017, dan USD4,5 juta pada tahun 2018.

Meski begitu, penghasilannya belum semuanya masuk ke kantong Biden. Sekitar USD5,2 juta di antaranya dibayarkan sebagai pajak pada tahun 2017 dan 2018, kemudian sekitar USD1,275 juta disumbangkan untuk amal.

Kembali ke awal karirnya, ketika Biden pertama kali menjadi senator pada tahun 1973, ia memiliki gaji sekitar USD42.500 setahun. Angka ini terus meningkat tiap tahunnya, hingga pada 2008 ketika ia terpilih menjadi Wapres.

Joe Biden
Joe Biden Foto: Vox

Ini berarti, Biden memperoleh USD230 ribu setahun hingga ia meninggalkan Gedung Putih pada 2017. Ia juga diyakini menerima sekitar USD500 ribu untuk pensiun dan tunjangan jaminan sosial selama sembilan tahun tersebut.

Biden juga mendapatkan tambahan penghasilan dari buku-buku yang ia tulis dan bayarannya ketika menjadi pembicara di berbagai tempat.

Kendati demikian, buku pertama yang Biden rilis 2008 tidak menghasilkan uang sama sekali, dengan royalti ‘hampir mendekati nol’. Setelah ia selesai menjabat Wapres pada tahun 2017, Biden kemudian kembali merilis buku bertajuk Promise Me, Dad dan berhasil terjual lebih dari 300 ribu eksemplar. Dan bagian paling menguntungkan adalah tur buku yang menyertai rilis tersebut, di mana Biden mendapat sekitar USD1,8 juta.

Biden dan istrinya, Jill juga kerap menjadi pembicara selama beberapa tahun terakhir ini, yang menambah kekayaan mereka sebesar USD3,1 juta. Tak cuma itu, Biden juga diketahui menjadi Profesor Praktik di University of Pennsylvania selama tiga tahun terakhir dengan penghasilan USD400 ribu.

Donald Trump

Sementara itu Donald Trump memiliki kekayaan bersih yang jauh lebih tinggi dari Joe Biden, yakni sekitar USD2,5 miliar atau sekitar Rp35,6 triliun. Angka ini diketahui lebih sedikit USD600 juta dibanding tahun lalu.

Hal ini tidaklah mengherankan karena sebelum menjabat presiden AS, Trump memang sudah menjadi seorang miliader hebat dari bisnis real estate-nya sejak muda.

Seusai menyelesaikan universitas pada 1968, Trump diketahui memulai karirnya dengan meminjam uang sebesar USD1 juta dari sang ayah, Fred Trump yang juga merupakan pebisnis real estate.

Pada 1976, Trump mengerjakan proyek hotel besar pertamanya, The Commodore. Dia bergabung dengan organisasi Hyatt untuk membelinya, dan menamainya menjadi Grand Hyatt. Meskipun awalnya investasi itu dianggap berisiko, tapi kemudian itu semua terbayar.

Donald Trump. Foto: foter.com
Donald Trump. Foto: foter.com

Kini, Trump memiliki sederet properti yang tersebar di Amerika Serikat dan di beberapa negara lain. Ia memiliki properti termasuk kantor dan ruang ritel di Wall Street, Avenue of the Americas, serta sejumlah properti lain seperti Trump Towers, Trump Plaza, Trump International Hotel and Towers di Chicago, Las Vegas dan Washington. Ini bervariasi nilainya antara US2 juta hingga US342 juta.

Selain real estate, nama Trump juga menjadi sebuah brand yang diakui secara internasional. Ini juga menjadi salah satu sumber kekayaannya. Tak cuma itu, Trump juga memiliki klub swasta seperti Mar-a-Lago di Florida. Ia juga diketahui memiliki uang tunai sekitar USD160 juta.

Kemudian dinukil dari The Sun, Trump juga memiliki 19 lapangan golf yang tersebar sebanyak 12 di AS, 3 di Eropa, dan 2 di Uni Emirat Arab, serta 2 lagi di Indonesia yang sedang dalam tahap konstruksi.

Meskipun seorang triliuner, Trump ternyata tidak taat pajak. Menurut The New York Times, Trump hanya membayar USD759 dalam pajak penghasilan federal pada 2016 dan 2017. Ia juga tidak membayar pajak penghasilan dalam 10 dari 15 tahun terakhir, meskipun menerima USD427,4 juta.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close