Trending

Rizal Ramli nyindir kelakuan Ahok: Karakter susah diubah

Ekonom senior Rizal Ramli menyindir masa lalu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok setelah ramai Komisarit Utama Pertamina itu membongkar borok BUMN minyak dan gas tersebut. Mengungkit masa lalu, Rizam Ramli menyindir Ahok dengan karakter susah diubah.

Apa maksudnya sih Pak RR, sapaan Rizal Ramli?

Jadi begini Rizal Ramli mengulas kelakuan Ahok yang gampang tunduk pada cukong. Rizal bukan asal ngomong lho, dia membuktikan pengalamannya di masa lalu bersama Ahok saat dia masih menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman sedangkan Ahok menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga: Insiden penusukan Syekh Ali Jaber, ulama banjir tawaran pengawalan

Rizam Ramli sindir Ahok, karakter susah diubah

Ahok saat menghadiri Pertamina Energy Forum
Ahok saat menghadiri Pertamina Energy Forum Foto: Antara

Kala itu masih soal isu hangat reklamasi Pantai Utara Jakarta. Saat masalah kian rumit, Ahok datang menemui Rizal Ramli dalam sebuah makan.

Dalam pertemuan itu, Ahok bilang bakal ikut Rizal Ramli yang merupakan senior dalam birokrasi. Saat itu Rizal Ramli memilih moratorirum reklamasi, Ahok mengiyakan. Eh namun cuma beberapa hari kemudian, Ahok malah melawan sikap dari Rizal Ramli.

“Oldfiles: Ahok datang dukung RR soal Moratorium Reklamasi. Bilang,”Saya ikut apa saja keputusan Menko, karena RR jauh lebih hebat dan lebih berani dari saya.” Beberapa hari kemudian atas desakan cukong reklamasi, gergaji RR. Karakter susah diubah,” tulis Rizal Ramli dikutip dari cuitan di Twitter, Kamis 17 September 2020.

Ahok kasih jadi dubes saja

Presiden Jokowi dan Komisaris Pertamina, Ahok
Presiden Jokowi dan Komisaris Pertamina, Ahok. Foto Instagram @basukibtp

Sebelumnya Rizal Ramli menyidnir Ahok yang gembar-gembor borok BUMN dan Pertamina.

Dalam cuitannya, Rizal menyarankan Jokowi untuk mengakhiri Ahok di Pertamina. Lebih baik Ahok disediakan tempat sebagai Dubes saja atau dijadikan sebagai komisarit perusahaana properti ternama saja, daripada ngoceh terus di Pertamina. Sebagai ganti Ahok, Rizal lebih sepakat Jokowi angkat Ignasius Jonan sebagai komisarit utama di Pertamina.

Baca juga: Ahok saran bubarkan BUMN, lihat jabatan komisaris banyak titipan

“Mas @jokowi, memang berat melepas teman, yang sudah tahu luar dalam. Apalagi ini jadi “money-bagman”. Sudahlah, wes wes wareq. Daripada merusak dan bikin Pertamina lebih rugi, kasih ajalah Dubes atau tilfon Aguan supaya diangkat jadi Preskom Podomoro. Angkat Jonan, lebih baik,” tulis Rizal.

Ahok minta BUMN bubar

Komisaris Utama Pertamina
Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama Foto: Antara

Dalam siaran di saluran YouTube POIN, Ahok membongkar aib Pertamina dan BUMN.

Ahok juga mengungkapkan jabatan komisaris di Pertamina khususnya merupakan oknum-oknum yang banyak melakukan lobi ke Menteri.

Secara gamblang, Ahok menjelaskan jika jabatan komisaris di tempatnya bekerja seperti dicontohkannya, merupakan jabatan titipan dari Kementerian-Kementerian.

“Jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri, karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” ungkapnya.

Baca juga: Blak-blakan, pakar ini beberkan manfaat ganja di persidangan

Sebagai solusi atas saran pembubaran BUMN, Ahok memiliki solusi yang menurutnya cukup pas untuk keberadaan BUMN saat ini.

“Harusnya Kementerian BUMN itu dibubarkan sebetulnya, kita harus membangun semacam TEMASEK, Indonesia Incorporation,” jelas Ahok.

Namun tak diketahui jelas konsep dari Temasek, Indonesi Incorporation yang dijelaskan Ahok tersebut sebagai solusi dari saran pembubaran BUMN.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close