Hobi

13 Motor penggoda luncur, AISI targetkan penjualan capai 4,3 juta unit

Kondisi pandemi yang masih terus terjadi sempat membuat industri otomotif ikut terpuruk, utamanya produsen sepeda motor yang tahun lalu mengalami penurunan penjualan. Beruntung tahun ini stimulus mampu membuat penjualan kembali bergairah melalui 13 model motor penggoda yang sudah meluncur, hingga AISI menargetkan penjualan hingga 4,3 juta unit.

Angka ini diyakini mampu tercapai dengan stimulus kebijakan pemerintah dan peran dari industri sepeda motor yang telah meluncurkan penyegaran produknya untuk konsumen. Langkah efektif ini diharapkan mampu membuat pertumbuhan penjualan sepeda motor di dalam negeri tahun ini diprediksi mencapai 4,3 juta-4,6 juta unit.

Target tersebut ditetapkan AISI berdasarkan pencapaian penjualan sepeda motor domestic sejak Januari hingga Mei 2021 yang sudah mencapai 2.021.532 unit atau tumbuh 17,8% dibandingkan dengan realisasi penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 1.716.097 unit.

Honda Revo X. Foto: Astra Motor
Honda Revo X. Foto: Astra Motor

Pasar sepeda motor membaik 2021 AISI targetkan penjualan motor segini

Dengan peningkatan penjualan sepeda motor tahun ini dibanding tahun sebelumnya 2020, Ketua Bidang Niaga AISI Sigit Kumala menjelaskan pandemi dan dampaknya dapat dikelola oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan lain, sehingga perekonomian bisa secara perlahan mulai membaik.

“Kami ingin industri sepeda motor dapat melanjutkan kontribusi kepada negeri sejalan membaiknya pasar sepeda motor di dalam negeri. Kami yakin beberapa program pemulihan ekonomi dan program vaksinasi massal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan daya beli konsumen, serta berdampak positif pertumbuhan penjualan sepeda motor tahun ini,” ujarnya.

Produksi motor Honda
Produksi sepeda motor Foto: Dok AHM

Pada periode lima bulan pertama tahun ini, sejumlah pabrikan anggota AISI berusaha menstimulasi pasar dengan memperkenalkan beberapa model motor baru, antara lain Honda CBR150R, Honda PCX160, Honda CB150R Streetfire, Honda CRF250 Rally, Honda CBR600R, Kawasaki Ninja ZX-10R, grafis baru Kawasaki Ninja ZX-25R, Kawasaki KLX150, Kawasaki D-TRACKER150, Yamaha R15, Yamaha Nmax, Yamaha V-ixion, dan Yamaha MT15.

Bekerja sama dengan lembaga pembiayaan, ATPM berusaha memasarkan sepeda motor dengan beragam program pembiayaan yang memberikan kemudahan pembelian bagi konsumen.

Selama Januari-Mei 2021, model sepeda motor skutik pada periode ini tercatat memberikan kontribusi terbesar. “Ke depan model motor skutik ini akan masih digemari masyarakat karena memang praktis dikendarai,” ujar Sigit.

Motor buatan Semarang
Viar motor buatan Semarang Foto: Viar

Penjualan sepeda motor sempat mengalami penurunan pada bulan Mei, tercatat sebesar 254.710 unit atau turun 46,1% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Bulan Mei kemarin memang ada penurunan karena dipicu oleh hari libur atau hari efektif kerja yang lebih sedikit. Kami berharap bulan-bulan berikutnya terjadi peningkatan, sehingga akhir tahun ini bisa kita capai penjualan di angka 4,3 juta-4,6 juta unit,” pungkas Sigit.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close