Otomotif

Paksa starter mobil di saat aki tekor, siap-siap keluar biaya mahal

Sistem kelistrikan menjadi penting untuk membantu menyalakan mesin mobil, dalam kondisi mobil jarang digunakan, sistem kelistrikan pada aki tidak terisi dan tak memenuhi kebutuhan kelistrikan untuk menghidupkan mesin. Cilakanya, banyak pemilik mobil memaksakan starter bekerja untuk menyalakan mesin mobil di saat kondisi aki sudah tekor atau lama tak terisi arus kelistrikan.

Dalam kondisi tersebut, pengemudi yang terus memaksakan menyalakan starter mobil dengan aki tekor, berisiko merusak komponen elektrikal lain pada mobil. Jika beberapa komponen elektrikal rusak, biaya perbaikannya pun cukup mahal. Terlebih mobil-mobil keluaran Eropa yang sering mengalami kondisi seperti ini.

Sistem kelistrikan yang rusak pada mobil modern saat ini akan berpengaruh pada kinerja perangkat elektrik lainnya, seperti sistem elektrifikasi pembuka jendela dan perangkat lain pada mobil yang menggunakan sistem elektrifikasi. Kondisi yang cukup rentan pada kelistrikan yakni terjadinya korsleting yang bisa berpengaruh ke seluruh kelistrikan lainnya.

Speedometer bekerja menggunakan kelistrikan
Ilustrasi perangkat speedometer menggunakan kelistrikan Foto: Peugeot

Kerusakan inilah yang sering membuat biaya perbaikannya cukup besar dan menguras kantong pemilik mobil.

Penambahan perangkat audio

Permasalahan kelistrikan tak hanya disebabkan karena jarangnya memanaskan mesin mobil untuk membantu pengisian arus listrik ke aki. Beberapa pemilik mobil yang menambahkan perangkat audio pada mobil jika dilakukan dengan cara tidak tepat juga berpengaruh pada sistem kelistrikan.

Ilustrasi sistem kelistrikan mobil
Ilustrasi sistem kelistrikan mobil Foto: Peugeot

Untuk kapasitas aki yang digunakan pada setiap mobil memang berbeda, mengingat seluruh pabrikan mobil telah memperhitungkan kapasitas dan kebutuhan aki atau batere yang menjadi sumber dari kelistrikan mobil.

“Sebaiknya untuk penambahan audio atau lampu-lampu atau perlengkapan lainnya, bisa dikonsultasi ke bengkel resmi untuk bisa mengatasi masalah kelistrikan mobil. Bila tidak, hal ini bisa menggugurkan garansi mobil,” tukas Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Baca juga: Mengenal Kymco RevoNEX motor listrik kopling yang antimanja

Jika Aki atau Baterai bermasalah, sebaiknya jangan lakukan cranking mesin atau engine starter lebih dari 3 kali. Hal itu akan menimbulkan masalah pada sistem elektronik kendaraan. Risiko terparah adalah program pada ECU dan BSI (Built-in System Interface) atau kontrol elektronik sistem kendaraan bakal alami locked.

Sistem kelistrikannya tidak stabil. Bisa jadi, sumber listrik kendaraan berasal dari battery terganggu alias tidak stabil. Artinya, kemampuan komponen internal pada aki yang bertugas menyimpan energi listrik (hasil kerja Altenator) sudah tidak maksimal.

Aki (baterai) berfungsi menyimpan dan mengalirkan arus listrik sesuai kebutuhan komponen yang akan difungsikan. Jika kondisi aki mulai tidak stabil, begitu engine off setelah mobil dijalankan, maka tegangan yang tersimpan tidak akan ideal lagi.

Sistem kelistrikan mobil
Ilustrasi aki mobil Foto: Peugeot

Saat hendak dinyalakan (engine on), biasanya mesin mobil jadi susah atau malah tidak mau hidup. Untuk menyalakan mesin mobil, memang butuh tegangan dan arus listrik sangat besar. Salah satu indikasinya suara dinamo starter terdengar lemah.

Tanda-tanda mobil tidak mau nyala juga terasa sama seperti aki kurang setrum. Biasanya hal ini beda penyebab. Jika aki kurang daya karena usia pemakaian, sedangkan kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup atau terjadi kendala pada komponen pengisian aki (Altenator).

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close