Trending

Jadi korban penusukan, negara kasih uang ke Wiranto puluhan juta, pelaku penjara 12 tahun

Penusukan yang mengakibatkan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Wiranto saat melakukan kunjungan ke wilayah Banten mengalami luka di bagian badannya. Akibat dari penusukan tersebut, Wiranto mendapatkan uang kompensasi dari negara hingga puluhan juta yang dibayarkan sesuai dengan aturan hukum.

Pemberian kompensasi dari negara ke Wiranto yang menjadi korban penusukan, diajukan oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) atas perintah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang ditujukan langsung kepada Kementerian euangan RI.

“Majelis hakim berpendapat kompensasi yang diajukan penuntut umum dapat dikabulkan,” ujar Ketua Majelis Hakim Masrizal di Jakarta, Kamis.

Sidang virtual penusukan Wiranto
Sidang virtual penusukan Wiranto Foto: Antara

Dari pengajuan yang diperintahkan Majelis Hakim, negara melalui Kementerian Keuangan RI, tak menolak keputusan hakim dan menyetujui adanya uang kompensasi yang diberikan kepada Wiranto.

Dari insiden penusukan yang menimpa Wiranto tersebut, dirinya mendapatkan dana kompensasi mencapai Rp37 juta yang dibayarkan menggunakan uang negara melalui Kementerian Keuangan RI.

Baca juga: Surat perintah ke kader se-Indonesia, Megawati: PDIP pernah dikuyo-kuyo

Pada keputusan yang sama, Majelis Hakim juga memutuskan beberapa korban penusukan lain juga mendapatkan uang kompensasi yang besarannya juga mencapai puluhan juta.

Sidang penusukan Wiranto
Sidang penusukan Wiranto Foto: Antara

Untuk korban lain yang mengalami aksi penusukan yang dilakukan terdakwas Syahrial Alam alias Abu Rara, ikut mendapatkan kompensasi dari negara sebesar Rp28 juta.

“Dibebankan kepada Negara melalui Menkeu RI untuk memberikan hak kompensasi bagi para korban yang perhitungan yang disampaikan melalui LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban),” ujar Masrizal seperti dilansir dari Antara, Jumat 26 Juni 2020.

Pemberian kompensasi yang harus dibayarkan negara kepada korban, menurut pendapat hakim sesuai dengan Pasal 35 A tentang perlindungan saksi dan korban.

Sidang penusukan Wiranto
Sidang penusukan Wiranto Foto: Antara

Penusuk Wiranto dihukum 12 tahun penjara

Majelsi Hakim Pengadailan Negeri Jakarta Barat, menjatuhkan vonis hukuman penjara kepada Syahrial Alamsyah aias Abu Rara dengan tahanan penjara selama 12 tahun, sebagai pertanggung jawabannya melakukan aksi penusukan kepada mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.

“Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak terorisme dengan mengajak anak dan tindak terorisme sebagaimana dalamdakwaan satu dan dakwaan dua. Menjatuhkan pidana kepada Abu Rara dengan pidana penjara selama 12 tahun penjara,” kata Ketua Majelis Hakim Masrizal, di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis.

Abu Rara dinyatakan melanggar pasal 15 junto Pasal 6 junto pasal 16 Undang-Undang nomor 5 tahun 2018 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi undang-undang.

“Penetapan pidana terhadap terdakwa dikurangi seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” tambahnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close