Hot

Aktor Lukman Sardi pindah agama dari Islam ke Kristen, ayahnya kecewa?

Aktor kawakan Lukman Sardi bicara blak-blakan terkait keputusannya untuk pindah agama. Lahir dalam keluarga Islam, Lukman Sardi pindah agama. Dia memutuskan untuk beralih keyakinan menjadi umat Kristiani. 

Hadir dalam acara talkshow Alvin & Friends beberapa waktu lalu, saat itu Lukman tampil dengan rambut dan janggut serba putih. Dia juga kelihatan percaya diri menceritakan perjalanan hidupnya. Lukman membantah bila perubahan penampilannya disebabkan oleh perpindahan agama yang ia lakukan. 

Baca juga: Dulu haji, desainer Adjie Notonegoro kini pemeluk Kristiani

“Enggak ada hubungannya sama sekali dengan urusan gue akhirnya convert ke agama lain. Karena, buat gue, itu kan masalah keyakinan yang ada di dalem. Lo gak bisa (menilai) berdasarkan fisik.”

sumber gambar: NewsMedia.com

Kendati begitu, Lukman menyerahkan penilaian tentang dirinya kepada warganet. Bagi Lukman, “Namanya manusia, sah-sah saja berpendapat.”

Di umurnya yang telah matang seperti sekarang, Lukman menganggap bahwa perpindahan agama yang ia lakukan adalah bagian dari perjalanan hidup. Dan ia bersedia menanggung konsekuensi dari keputusannya.  

Miliki keluarga yang plural

Meski terlahir dalam keluarga Islam, Lukman mengaku bahwa banyak sepupunya yang beragama Nasrani. Bahkan adik kandung dari Lukman sendiri telah lebih dahulu mengubah kepercayaannya.

“Jadi keluarga gue sebenarnya sangat plural. Dan mereka tidak pernah punya masalah yang besar terkait hal itu,” ujar Lukman Sardi saat menjelaskan keputusannya untuk pindah agama.

Keluarga Lukman Sardi
Keluarga Lukman Sardi. Foto: Instagram

Ketika ditanya terkait perasaan sang ayah, Idris Sardi, Lukman tak mengelak bahwa ada sedikit rasa kecewa. Namun, ia menekankan bahwa almarhum sang ayah akhirnya mampu memahami keputusan yang ia ambil.  

Bahkan ayahnya juga sempat berpesan agar setelah Lukman Sardi pindah agama, dia bertanggung jawab atas pilihan yang ditempuhnya dan tidak menyalahkan orang lain. 

Lukman pun mengaku ayahnya meninggal dalam keadaan bahagia. “Kamu sekarang berada di tempat yang paling tepat buat kamu, Lukman,” ujar Lukman menirukan ucapan sang ayah sebelum meninggal. 

Aktor Lukman Sardi
Aktor Lukman Sardi. Foto: Instagram

Kendati begitu, pria berumur 48 tahun ini pernah didapuk untuk memerankan karakter Ahmad Dahlan, tokoh agama Islam yang terkemuka dalam film ‘Sang Pencerah’.

Sebelumnya, video kesaksian Lukman Sardi beredar luas di dunia maya dan membuat warganet gempar. Dalam video itu, Lukman menceritakan kisah hidupnya sampai akhirnya memilih untuk berpindah keyakinan. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close