Trending

Terkuak, ini alasan bendera merah putih diganti bendera PBSI di Thomas Cup

Sebagian penonton final Thomas Cup mungkin bertanya-tanya, mengapa saat Indonesia juara yang berkibar bukan bendera merah putih, melaikan bendera PBSI? Padahal, peserta lain boleh mengibarkan bendera negaranya sendiri.

Diketahui, Indonesia berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 setelah menang 3-0 dari China di partai final. Keberhasilan itu sekaligus memutus dahaga tim yang sudah 19 tahun tak pernah memenangkan piala bergengsi tersebut.

Muslima Fest

Menariknya, saat penyerahan medali emas kepada seluruh jajaran pemain dan tim pelatih Indonesia di Thomas Cup, layar besar tidak menampilan bendera Indonesia yang berkibar, melainkan diganti dengan bendera federasi, yakni PBSI. Lantas, mengapa demikian?

Tim Indonesia juara Thomas Cup 2020. Foto Capture.
Tim Indonesia juara Thomas Cup 2020. Foto Capture.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto mengatakan, bendera merah putih dilarang berkibar di Ceres Arena, Denmark usai Indonesia mendapat saksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA) lantaran tak mematuhi program test doping plan atau TDP.

Selain Indonesia, WADA juga menjatuhkan hukuman yang sama kepada dua negara lainnya, yakni Thailand dan Korea Utara.

Sanksi Lain

Bukan hanya tak boleh mengibarkan bendera negara, Indonesia juga sementara tak bisa menjadi tuan rumah dalam berbagai event olahraga.

“Kita tidak bisa bidding tuan rumah kejuaraan dunia, Asian Games, SEA Games, Kejuaraan Dunia Junior, Piala Thomas, Uber, dan Piala Sudirman,” ujar Bambang Roedyanto, dikutip Hops dari Kompas, Senin 18 Oktober 2021.

Kabarnya, sanksi WADA telah diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. Menurutnya, sanksi tersebut muncul lantaran Indonesia tak bisa memenuhi sampel uji doping untuk 2020 dan 2021.

Menurut keterangannya, uji doping terhenti usai sejumlah kegiatan olahraga di Indonesia tak berjalan akibat pandemi Covid-19.

Itulah mengapa, pada akhirnya, bendera yang kita banggakan itu tak bisa berkibar saat pemain merayakan gelar juara Thomas Cup ke-14.

Taufik Hidayat geram bendera merah putih tak berkibar

Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat mengaku kecewa dengan pemandangan tak biasa tersebut. Menurutnya, institusi olahraga Tanah Air kurang sigap dalam menangani kasus yang berujung dihukumnya Indonesia oleh WADA.

“Ini PR salah satu institusi pemerintahan olahraga jangan sampai bikin malu negara kita sendiri. Ini kan seharusnya tidak perlu terjadi. LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia) itu kan sudah lama, walau ada konflik atau apa pun itu kan ada Plt dan pejabat yang lain.”

“LADI juga di bawah pemerintahan. Kok tidak saling mengingatkan? Sekarang bendera PBSI [yang berkibar]. Apa enggak malu kita tidak bisa melihat bendera Indonesia? Ini pemerintah sendiri yang malu,” kata Taufik Hidayat.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close