Hot

Dihujat bikin malu RI, ini alasan Intan Wisni Miss Eco tak bisa bahasa Inggris dan pakai translator

Intan Wisni Miss Eco Indonesia tak bisa bahasa Inggris.

Nama Intan Wisni Permatasari tiba-tiba mencuat di publik. Intan mendadak diperbincangkan publik lantaran bukan karena prestasinya, namun karena aksinya di ajang kecantikan dinilai gagal.

Tak sekadar gagal, penampilan Intan sebagai Wakil Indonesia di ajang kecantikan Miss Eco International 2021 itu juga dinilai membuat malu warganet Indonesia.

Penampilan Intan yang disebut-sebut sangat di luar harapan ini terekam jelas. Jika biasanya ajang internasional kontestannya fasih berbahasa Inggris, namun Intan menggunakan jasa penerjemah.

Intan Wisni Permatasari. Foto: Instagram
Intan Wisni Permatasari Miss Eco Indonesia. Foto: Instagram

Tak cuma itu, jawaban Intan Wisni terhadap pertanyaan juri sangat tidak berbobot. Video tersebut viral dan disebut-sebut memalukan Indonesia.

Menjawa tudingan warganet, Intan Wisni tak tinggal diam, ia segera membuat video klarifikasi perihal kejadian itu.

“Asalamualaikum Indonesia, mohon maaf atas jawaban aku yang jauh dari kata sempurna dan aku pakai translator. Kenapa Karena aku masih shok karena masuk 10 besar dan di belakang panggung se-hectic itu,” ujar Intan dilansir laman Lambe Turah Rabu 7 April 2021.

Lebih lanjut, Intan juga menjelaskan alasannya menggunakan translator dan alasannya terbata-bata menjawab pertanyaan.

“Aku orang yang panikan dan aku masih kebawa suasana. Aku pakai transletor itu alasannya karena aku gak mau terbata-bata. Dan aku kaget pertanyaan itu tentang politik. Aku cuma tahu sebatas Miss Eco, wanita dan lingkungan. Aku hanya tahu dan belajar sebatas itu saja. Aku tidak menyangka akan ditanya soal imigrasi.”

Lewat pernyataan itu Intan meminta maaf dan tetap inginkan dukungan.

“Aku minta maaf hanya sampai di sini. Aku minta dukungan dan motivasi dari kalian.”

Aksi Intan menggunakan translator menuai komentar nyinyir

Sebelumnya, penampilan Intan Wisni menuai komentar. Dalam sebuah video yang diunggah akun Tiktok @dpbm19, Selasa 6 April 2021, dan diunggah ulang oleh akun IG @maklambeturah, tampak Intan Wisni dipanggil menuju ke tengah panggung oleh pembawa acara.

Intan Wisni lantas mengajukan permohonan untuk menggunakan jasa penerjemah bahasa yang akan membantunya menjawab pertanyaan juri.

Setelah pertanyaan dibacakan, tampak Intan Wisni mencoba menjawab dengan tenang meskipun beberapa kali tersendat. Begitu pula dengan sang penerjemah yang tampak tak lancar menyampaikan jawaban Intan Wisni dalam bahasa Inggris.

“Imigrasi ilegal adalah di mana suatu negara dan imigrasi yang disetujui dan diperbolehkan oleh negara tersebut, dan memiliki suatu persetujuan like perjanjian sesuatu untuk negara tersebut dan menghasilkan sesuatu untuk kelegalitasan tersebut termasuk dapam PS…PBB, sorry. Thank you,” jawab Intan Wisni dilansir laman Suara.

“The illegal imigration is contradiction to the law, who the law that united nation has commited law,” ujar sang penerjemah menyampaikan jawaban Intan Wisni dalam bahasa Inggris.

Intan Wisni
Intan Wisni

Melihat video tersebut, para warganet lantas memberikan tanggapan. Sebagian besar dari mereka menyampaikan kritik terhadap Intan Wisni yang kurang lancar menjawab pertanyaan. Begitu pula dengan sang penerjemah yang juga sedikit tersendat.

“Apakah translatornya dadakan? Mungkin seharusnya translator nggak dadakan, jadi sudah ada persiapan sebelumnya. Atau mungkin translator bingung dengan jawaban Miss-nya,” tulis akun @maklambeturah.

“Bukan salah translatornya mak, translatornya aja nggak ngerti dia ngomong apa,” tulis warganet dengan akun @keriput_***.

Meskipun kurang lancar dalam sesi tanya jawab, Intan Wisni yang saat itu tampil memukau dengan gaun putih nan indah mampu menembus babak 10 besar dalam ajang itu.

Topik

1 Komentar

  1. loading...

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close