Trending

Begini alur uji coba vaksin, Bogor dan Bima Arya siap divaksin Covid-19

Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan Bogor siap sebagai salah satu tempat uji coba vaksin Covid-19 yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat awal tahun depan. Bogor sudah menyiapkan alur uji coba vaksin. Dalam uji coba nanti disiapkan ambulans untuk membawa pasien ke rumah sakit jika ada gejala setengah jam selepas diduntik vaksin.

Bima Arya mengatakan, pelaksanaan vaksin akan dilakukan pada Januari atau Februari 2021.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Bogor menyiapkan Puskesmas Tanah Saeral yang lokasinya bersebelahan dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, untuk tempat ujicoba vaksinasi Covid-19 tersebut.

Baca juga: Soal vaksin COVID-19 dari China, Maruf Amin: Tak halal tidak masalah

Menurut Bima Arya, bagi Pemerintah Kota Bogor, yang utama adalah memastikan kesiapan tempatnya dan memastikan semua protokol kesehatan dipenuhi, termasuk menghitung berapa jumlah pasien yang akan menjalani vaksinasi agar persyaratan protokol kesehatan terpenuhi.

Pada kesiapan pelaksanaan ujicoba vaksinasi tersebut, Bima Arya juga memastikan, tenaga kesehatan di Kota Bogor sudah siap, serta sistem alur pelaksanaan ujicoba vaksinasi sudah siap.

Alur uji coba vaksin, ada ambulans

rapid test massal di Surabaya
rapid test massal di Surabaya. Foto Instagra, @call112surabaya

Sistem alur yang dimaksudkan Bima Arya adalah, prosedur dan tatalaksana dari orang yang akan menjalani ujicoba vaksinasi mulai sejak datang ke Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi, hingga pasca-vaksinasi.

“Kami akan siapkan jalur emergency dan ambulans,” katanya Bima Arya saat memantau di Puskesmas Tanah Sareal, Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Minggu 4 Oktober 2020 diwartakan Suara.com.

Bima menjelaskan orang yang menjalani ujicoba vaksinasi, setelah divaksinasi, diminta duduk dulu sekitar 30 menit di ruangan yang disiapkan sambil diberikan sosialiasi sekaligus melihat reaksinya.

“Jika dalam waktu 30 menit tidak ada gejala apa-apa maka dipersilakan pulang, tapi jika dalam waktu 30 menit mengalami gejala atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi disiapkan jalur khusus untuk dibawa ke rumah sakit. Disiapkan mobil ambulans juga,” katanya.

Baca juga: Nolak ‘dijual’, Raffi Ahmad sedih dengar ucapan Rafathar yang menohok

Menurut Bima Arya, pemerintah pusat merencanakan ujicoba vaksin Covid-19 ini pada awal tahun 2021, sehingga Kota Bogor masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat.

“Nantinya masih ada pertemuan lokakarya dan arahan teknis dari pemerintah pusat,” katanya.

Menurut Bima, ada informasi, kemungkinan Presiden Joko Widodo juga akan hadir meninjau pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 di Kota Bogor.

Bima Arya siap divaksin

Wali Kota Bogor, Bima Arya
Wali Kota Bogor, Bima Arya. Foto Instagram @bimaaryasugiarto

Ketika ditanya, siapa kemungkinan orang yang akan menjalani ujicoba vaksin Covid-19, Bima menuturkan, kemungkinannya adalah tenaga kesehatan, serta orang yang aktif di ruang publik.

Ketika ditanya, apakah Bima siap menjalani ujicoba vaksin Covid-19, dia mengatakan siap.

“Saya ini kan alumni Covid-19. Saya pernah menjadi pasien Covid-19 dan sekarang sudah sembuh. Jadi, kalau untuk ujicoba vaksin, saya harus konsultasi dulu ke ke dokter yang ahlinya. Apakah kalau alumni masih perlu vaksin khusus atau tidak. Kalau saya secara pribadi siap,” katanya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close