Trending

Toilet umum, amankah digunakan saat pandemi begini?

Toilet umum kerap menjadi salah satu tempat horor semasa pandemi corona ini. Namun, dalam keadaan terdesak, tetap saja kita butuh toilet umum.

Tidak dipungkiri bahwa masih banyak restauran ataupun pusat perbelanjaan yang dibuka kembali kala pandemi seperti sekarang. Dengan begitu, selalu ada kemungkinan bagi siapa pun untuk menggunakan toilet umum ketika sedang terdesak.

Cerita polos M Nuh, buruh dengan titel pengusaha Jambi

Tapi, bagaimana dengan kemungkinan penularan covid-19 di toilet? Amankah menggunakan toilet umum saat pandemi?

Secara kebersihan, toilet umum mungkin memang banyak yang kotor, tapi tingkat penularan covid-19 melalui toilet dapat dibilang rendah. Meski virus dapat disebarkan melalui permukaan benda yang disentuh, namun penyebaran paling umum terjadi melalui cairan pernafasan (saliva, cairan hidung). Hal ini dikemukakan oleh Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit.

“Virus korona tidak menyebar di dunia melalui toilet umum,” tutur Dr.Amesh Adalja, dokter spesialis penyakit menular di Johns Hopkins Center untuk Keamanan Kesehatan. “Bukan begitu cara virus menginfeksi manusia dan menyebabkan malapetaka di seluruh dunia.”

Toilet umum. Foto: Pixabay
Toilet umum. Foto: Pixabay

Dilansir dari Buzzfeed, Aldaja mengungkapkan bahwa dirinya tidak ragu untuk menggunakan toilet umum, meskipun selalu ada resikonya.

Idealnya, gunakanlah kamar mandi pribadi di rumah sebelum berpergian. Namun, ketika kamu terdesak, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan demi mengurangi resiko terinfeksi covid-19.

Pertama, sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan benda ataupun barang yang ada di toilet. Gunakan tisu untuk mematikan atau menyalakan keran. Lalu, cuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Ketika meninggalkan toilet, jangan lupa untuk meninggalkan pintu dalam keadaan terbuka karena seluruh permukaan toilet tertutup dengan bakteria dari feses.

Tak ada salahnya selalu membawa hand sanitizer ke mana pun kamu pergi. Gunanya, untuk berjaga-jaga jika persediaan sabun di toilet umum habis.

Toilet umum. Foto: Pixabay
Toilet umum. Foto: Pixabay

Lalu bagaimana dengan toilet duduk?

Tak perlu terlalu khawatir karena penyebaran virus tidak terjadi melalui kulit.

Namun, tidak ada salahnya untuk menutupi dudukan toilet dengan alas, seperti tisu basah ataupun tisu kering.

Untuk mengeringkan tangan, ada baiknya hindari penggunaan hand dryers. Hal ini mengingat udara yang dikeluarkan dari hand dryers justru terbukti membuat bakteri semakin tersebar luas. Lebih baik gunakan handuk kering ataupun tisu. (Naryati)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close