Trending

Bahaya! Amerika Serikat terbitkan peringatan bahaya terorisme Indonesia, begini artinya

Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta mengeluarkan peringatan keamanan bahaya terorisme bagi warganya di Indonesia pasca bom di Makassar dan penyerangan Mabes Polri akhir Maret kemarin. Dilansir dari situs resminya id.usembassy.gov, peringatan ini dikeluarkan Kedubes AS mulai 7 April hingga waktu yang tidak ditentukan.

“Kedutaan Besar AS menyarankan peningkatan kesadaran keamanan pribadi warga negara AS, terutama di tempat umum (di Indonesia),” tulis Kedubes AS dalam peringatannya, mengutip laporan Suara pada Jumat, 9 April 2021.

Ilustrasi pasukan ISIS. Foto: The Muslim Post
Amerika Serikat terbitkan peringatan bahaya terorisme Indonesia | Ilustrasi teroris. Foto: The Muslim Post

Pihaknya menegaskan agar setiap Warga Negara Amerika Serikat (WN AS) di Indonesia disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan di jalan ramai, area perbelanjaan, tempat ibadah, dan lokasi dengan banyak orang. Kemudian membekali diri dengan perlengkapan keamanan pribadi, meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan, menghindari demonstrasi atau keramaian, waspada saat berkunjung ke bank atau ATM.

Kemudian WN AS juga dilarang untuk menunjukkan atau memakai harta benda yang mencolok seperti perhiasan atau jam tangan mahal, jangan menolak upaya perampokan secara fisik, serta memantau perkembangan berita lokal di Indonesia.

Selain itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia minta warganya menjauhi keramaian dan juga tempat publik. Bahkan warga AS di Indonesia diminta berhati-hati kunjungi bank dan ATM.

Peringatan itu disampaikan lewat situs resmi Kedubes AS di Jakarta.

Berikut isi lengkapnya:

Amerika Serikat terbitkan peringatan bahaya terorisme Indonesia | Bendera Amerika Serikat. Foto: Kevin Lanceplaine di Unsplash

Kedutaan Besar AS mendorong warga Amerika di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran keamanan. Pihak berwenang Indonesia memperingatkan bahwa tingkat ancaman terorisme tetap tinggi.

Seorang pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah gereja di Makassar, Sulawesi pada tanggal 28 Maret, dan seorang penyerang dengan sebuah airsoft gun menyerang markas besar Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Jakarta Selatan pada tanggal 31 Maret.

Polri mungkin secara nyata meningkatkan kehadirannya di gedung-gedung pemerintah Indonesia, turis situs, gereja, mal, dan tempat lainnya.

Kedutaan Besar AS menyarankan peningkatan kesadaran keamanan pribadi, terutama di tempat umum.

Tindakan yang Harus Dilakukan:

  1. Lakukan kewaspadaan tambahan terutama di jalan yang ramai, area perbelanjaan, tempat ibadah, dan lokasi dengan banyak orang.
  2. Tinjau paket keamanan pribadi Anda.
  3. Waspadai lingkungan Anda.
  4. Hindari demonstrasi dan pertemuan besar.
  5. Waspada saat mengunjungi bank atau ATM.
  6. Jangan menunjukkan tanda-tanda kekayaan, seperti memakai perhiasan atau jam tangan mahal.
  7. Jangan menolak upaya perampokan secara fisik.
    Pantau media lokal untuk pembaruan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close