Trending

Absen aksi 1812 karena umur, Amien Rais mau langsung ke jantung kekuasaan

Hari ini, PA 212 beserta Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah ormas lain berencana menggelar unjuk rasa di Istana Negara. Sederet tuntutan diserukan dalam Aksi 1812 Bersama Anak NKRI tersebut. Di antaranya pembebasan Habib Rizieq serta usut tuntas kematian 6 anggota laskar FPI. Gencar melayangkan kritikan ke pemerintah, Amien Rais memastikan tidak hadir dalam Aksi 1812.

Lalu apa yang membuat Amien Rais selaku penasihat PA 212 absen dalam Aksi 1812 siang nanti?

Amien Rais pilih temui Jokowi ketimbang ikut Aksi 1812

Politikus senior tersebut memilih menemui langsung Presiden Joko Widodo ketimbang ikut aksi unjuk rasa. “Kami akan minta waktu untuk ketemu pak Jokowi, ya langsung ke jantungnya kekuasaan. Jadi jangan takut,” ujar Amien, dikutip dari Antara, 18 Desember 2020.

Amien Rais dan Presiden Jokowi. Foto: Antara | Edit: Hops.id
Amien Rais dan Presiden Jokowi. Foto: Antara | Edit: Hops.id

Dia pengin menemui Jokowi untuk meminta atraksi politik yang ada saat ini dihentikan. Menurutnya, itu hanya akan membelah bangsa Indonesia. Selain itu Amien juga meminta Presiden untuk tidak memberi angin kencang ke komunisma. Ia merasa pemerintah agak berat sebelah dalam relasi dengan Beijing (China).

Soal keikutsertaannya di Aksi 1812, Amien Rais menyatakan absen. Menurutnya, aksi itu hanya diikuti aktivis muda. Sementara, usianya sudah tidak muda lagi. “Oh saya kira soal itu sudah cukup ya. Saya sudah sepuh ya,” ucapnya. Dia titip pesan agar aksi tersebut dilakukan dengan baik secara konstitusional.

Gagal temui Kapolri Idham Azis

Amien Rais berserta rombongan sesaat sebelum menemui Kapolri. Foto: Instagram @amienraisofficial
Amien Rais berserta rombongan sesaat sebelum menemui Kapolri. Foto: Instagram @amienraisofficial

Sebelum berencana menemui Jokowi, Amien Rais sudah menyambangi Mabes Polri untuk bertemu Kapolri Idham Azis. Enggak sendiri, dia datang bersama ketujuh orang lainnya.

Kedatangan Amien bersama rombongan itu untuk menjamin Habib Rizieq Shihab. Seperti diketahui, saat ini Imam Besar FPI tersebut masih ditahan pasca menjadi tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

Sayangnya, mereka gagal bertemu Kapolri. Dia juga gagal menemui sejumlah pejabat Polri. “Jadi Alhamdulillah kami ber-delapan ingin ketemu Kapolri tapi beliau ada di luar kantor. Kami pokoknya ingin ketemu siapapun wakilnya. Kemudian dibawa ke Divisi Humas, kepala Divisi Humas pun tadi sedang pergi. Jadi tadi kami diterima di staffnya,” katanya kemarin. Maka Amien Rais bersama tujuh orang lainnya hanya menyampaikan surat terkait jaminan diri mereka atas Habib Rizieq.

loading...
Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close