Fit

Anak mulai gandrung nonton Squid Game, ini bahaya psikologisnya

Serial Squid Game yang tayang di Netflix sukses merebut hati pecinta film. Namun belakangan popularitas film ini sampai ke anak-anak.

Tak cuma dewasa, anak-anak juga mulai menikmati film asal Korea Selatan yang sarat kekerasan ini. Padahal meski mengambil tema permainan tradisional anak-anak di Korea, film ini tidak diperuntukan untuk anak-anak lho.

Muslima Fest

Kekhawatiran Squid Game jadi tontonan anak-anak juga dirasakan para guru di SD Inggris. Sejumlah pendidik di berbagai SD di Inggris telah memperingatkan orangtua siswa untuk memeriksa gawai khususnya penggunaan Netflix.

Anjuran ini muncul setelah banyaknya laporan anak-anak yang telah menonton Squid Game, dengan atau tanpa dampingan orangtuanya.

Beberapa dari anak tersebut juga telah memainkan permainan karakter tersebut di sekolah, tanpa menyadari bahayanya.

Dikutip Daily Mail, seorang psikolog Dr Sandra Wheatley mengatakan Squid Game dapat membahayakan ‘perkembangan sosial dan emosional’ anak-anak jika mereka menontonnya terlalu muda.

Tayangan ini diduga bisa mendorong anak-anak untuk bergabung ketimbang membantu jika melihat rekan mereka dirugikan.

Squid Game. Foto: Netflix
Squid Game. Foto: Netflix

Serial Korea Selatan dengan peringkat 15 telah menyebabkan pertengkaran hebat di situs parenting Mumsnet, dengan beberapa mengatakan itu baik-baik saja untuk anak-anak berusia delapan tahun.

Dr Wheatley, seorang psikolog sosial yang mengkhususkan diri dalam pengasuhan ini, mengatakan anak-anak usia dasar mungkin belum cukup umur untuk memahami konteks kekerasan,

“Ini mungkin membuat mereka bertanya, ‘mengapa tidak ada yang membantu mereka?’ Jelas ada pesan di sana bahwa kami benar-benar tidak ingin anak-anak kami menerimanya.’

Warning Squid Game memiliki rating 18+

Squid Game bercerita soal sekelompok orang yang menjalankan permainan dengan hadiah uang yang fantastis.

Permainan itu berupa sejumlah tantangan yang menuntun peserta mampu bertahan hidup hingga akhir demi mendapatkan hadiahnya.

Dalam prosesnya, tantangan bertahan hidup ini memiliki sejumlah unsur menarik misalnya penggunaan boneka raksasa dan permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak.

Karena sejumlah faktor tersebut, banyak orang menyangka Squid Game aman untuk disaksikan anak-anak.

Namun harus diperhatikan jika Netflix menyematkan rating 18+ untuk unsur kekerasan, seks, telanjang dan adegan bunuh diri dalam drama thriller ini.

Artinya, anak di bawah usia tersebut tidak dianjurkan untuk menontonnya. Tentu saja rating ini tidak diberikan tanpa pertimbangan matang dari platform tersebut.

Faktanya, drama yang dibintangi Gong Yoo ini sarat dengan adegan brutal yang menampilkan kekerasan dan ketegangan ekstrem.

Dikutip dari laman Fansided, serial ini juga dipenuhi dengan momen-momen menakutkan yang sama sekali tidak cocok untuk anak-anak.

Saran terbaiknya adalah membatasi anak agar tidak menyaksikan Squid Game sampai usianya memenuhi syarat, karena dikhawatirkan, tontonan sarat kekerasan ini akan memberikan pengaruh buruk kepada anak.

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close