Trending

Anies gerah diberi rapor merah, LBH Jakarta jawab menohok hingga dibandingin begini!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta soal rapor merah yang menyorot berbagai masalah yang ada di DKI Jakarta. Dia mengatakan agar lembaga tersebut tak cuma mengkritik wilayah DKI jakarta.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Advokasi dan pengacara LBH Jakarta, Nelson Nikodemus Simamora menegaskan bahwa sesuai dengan namanya, maka tugas LBH Jakarta mengkritik wilayah Jakarta.

Muslima Fest

“Tidak tepat itu (permintaan Anies). Sesuai dengan namanya, LBH Jakarta wilayah operasionalnya ya Jakarta. Jadi kritik yang dibuat sebatas Jakarta saja,” kata Nelson kepada wartawan, pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan ucapan selamat ulang tahun melalui video kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: twitter @YanHarap
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: twitter @YanHarap

Pihaknya juga menjelaskan, sebenarnya bukan kali ini LBH Jakarta melayangkan kritikan terhadap orang nomor satu di DKI Jakarta.

Terlebih beberapa waktu lalu LBH Jakarta juga memberikan kritik pada masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fauzi Bowo hingga Sutiyoso.

“LBH Jakarta bukan kali ini saja kritik Gubernur. Zaman Ahok kritik juga, Fauzi Bowo, Sutiyoso juga,” ujar Nelson.

Anies perlu memahami LBH Jakarta kerap kritik Gubernur dari zaman Ali Sadikin

Nelson juga menegaskan LBH Jakarta sejatinya telah berdiri sejak tahun 1970, dimana saat itu Ali Sadikin menjadi salah satu yang membantu pendirian LBH.

Meski begitu, LBH tetap memberikan kritik terhadap berbagai kebijakan Ali Sadikin yang tidak sesuai. Oleh sebabnya Nelson mengimbau agar Anies bisa memahami hal tersebut.

“Mungkin Pak Anies perlu tahu juga kalau LBH Jakarta sudah berdiri sejak 1970 dan yang membantu mendirikan itu salah satunya Bang Ali (Ali Sadikin), dan Bang Ali kita kritik keras juga dalam berbagai kasus,” terangnya.

“Respon Bang Ali apa? Bang Ali justru menganggap kritik, gugatan-gugatan di Pengadilan adalah tugas LBH Jakarta sebagai lembaga yang menerima pengaduan dari masyarakat dan memperjuangkan rakyat kecil, dan menerima itu sebagai konsekuensi jadi Gubernur,” sambungnya.

Wajah kota DKI Jakarta. Foto: Brittanica
Wajah kota DKI Jakarta. Foto: Britannica

Terkait wilayah lain yang diminta ikut disorot, Nelson mengatakan wilayah lain akan disoroti oleh LBH yang ada di masing-masing wilayah. Dia mencontohkan LBH Bandung yang juga aktif memberikan kritik terhadap Gubernur dan wali kota di Jawa Barat.

“Untuk wilayah lain sudah ada misalnya LBH Bandung yang aktif juga kritik Gubernur dan wali kota-wali kota di Jabar, dan kantor-kantor LBH lainnya mulai Aceh sampai Papua di bawah naungan YLBHI,” tuturnya.

Anies sarankan agar LBH Jakarta tak cuma kritik wilayahnya

Sebagaimana diketahui, LBH Jakarta memberikan rapor merah kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies menanggapi dengan berharap agar Lembaga Bantuan Hukum (LBH) juga mengevaluasi kinerja Pemerintah Provinsi lainnya. Dengan begitu, gubernur lain se-Indonesia juga merasakan manfaat dari evaluasi LBH.

“Sehingga perhatian dari anak-anak muda yang peduli pada kotanya, pada keadilan tidak hanya dirasakan di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia,” kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Oktober 2021.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close