Trending

Ternyata! Ini arti lengkap surat yang dibaca Anies saat jadi imam salat di Polda

Belakangan jagat maya diramaikan dengan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tertangkap kamera jadi imam salat Maghrib, di Polda Metro Jaya. Itu dia lakukan di sela-sela menjalani pemeriksaan klarifikasi oleh Polisi, atas kasus kerumunan di kediaman Habib Rizieq Shihab.

Aksi Anies jadi imam salat Maghrib itu terpublikasi, usai dijepret oleh fotografer pribadi Anies, Khairuddin Safri. Menurut dia, dalam keterangannya, bacaan salat Anies sangat syahdu.

Baca juga: Eko Kuntadhi urai dosa-dosa Anies ke warga Jakarta, tak berkutik ke Habib Rizieq

Dia bahkan mengaku sampai menitikkan air mata. “Maghrib ini, menyimak bacaan Imam dahsyatnya kalam ini, tak kuasa air mata menitik lembut,” kata dia, disitat Hops, Rabu 18 November 2020.

Dalam keterangannya, Anies rupanya ketika itu membacakan surah Al Insyirah. Ini merupakan surat terdiri dari delapan ayat. Tak pelak, usai ramai di sosmed, banyak warganet menyukainya.

Terlebih surat yang dibacakan Anies dianggap punya makna mendalam, yakni melapangkan. “Masya Allah, ya Allah bantulah Pak Anies Baswedan. Berilah beliau kekuatan dan kemampuan untuk melawan kebatilan,” tulis seorang warganet.

Anies Baswedan saat menjadi imam shalat magrib
Anies Baswedan saat menjadi imam shalat magrib Foto: Khairuddin Safri

“Sangat bangga dengan beliau, bapak Anies Baswedan, semoga sehat dan dijauhkan selalu dari marabahaya pak Anies. Aamiin YRA,” sambung warganet lainnya.

Arti surat Al Insyriah yang dibaca Anies saat imam salat

Diketahui, surat Al-Insyirah sendiri adalah surat ke-94 di dalam Alquran. Ini merupakan surat yang masuk kedalam surat Makkiyah dan diturunkan sesudah Surat Ad-Duha.

Di mana surat ini memiliki bacaan seperti berikut ini:

Alam nasyrah laka shadrak (1), wa wadha’naa ‘angka wizrak (2) alladzii angkadha dzahrak (3) wa rafa’naa laka dzikrak (4) fa inna ma’al ‘usri yusraa (5) inna ma’al ‘usri yusraa (6) fa idzaa faraghta fanshab (7) wa ilaa rabbika farghab (8).

Anies Baswedan. Foto: Flickr/Imang Jasmine
Anies Baswedan. Foto: Flickr/Imang Jasmine

Lantas, apa arti dari surat Al-Insyriah?:

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Dan Penyayang. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? (1) Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu (2), yang memberatkan punggungmu? (3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu (4).

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,(5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (8).

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close