Trending

Anies mati-matian tangani corona, Ferdinand: Kebijakan dia bodoh

Anies mati-matian tangani corona di Jakarta, tapi Ferdinand Hutahaean tetap mengkritiknya. Mengapa demikian?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menerapkan PSBB total di Ibu Kota. Keputusan tersebut harus pihaknya ambil, sebab kondisi Jakarta saat ini jauh lebih darurat ketimbang saat pertama pandemi corona masuk Indonesia.

Menjadi pemimpin di wilayah padat penduduk seperti Jakarta memang tidak mudah. Apalagi, setiap kebijakan yang dibuat, ada sejumlah hal yang mesti dipertaruhkan. Itulah mengapa, dalam prosesnya, Anies Baswedan acap mengubah strategi terkait penanganan corona di Ibu Kota.

Baca juga: PSBB total: Ini skema aturan transportasi, rumah ibadah, perkantoran di Jakarta

Berkat keseriusan Anies memerangi corona, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Hidayat mengatakan, dalam pelaksanaan PSBB total yang mulai berlaku pekan depan, masyarakat harus mendukung penuh keputusan yang telah dibuat gubernur.

“Keputusan Gubernur DKI untuk atasi Covid-19 ini, agar efektif, perlu didukung, dan jangan kembali jadi ajang adu kuasa dan wewenang. Karena faktanya, Covid-19 bukan semakin landau, tapi makin mengkhawatirkan dan korbannya juga semakin banyak,” tulisnya melalui akun Twitter pribadi, dinukil Kamis 10 September 2020.

Anies Baswedan dan Jokowi. Foto: Antara
Anies Baswedan dan Jokowi. Foto: Antara

Namun, cuitan Hidayat tersebut langsung dirisak politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Dia menilai, apa yang Hidayat tulis sejatinya hanya untuk mengalihkan kesalahan serta kebodohan Pemprov DKI Jakarta dalam membuat kebijakan.

“Arah cuitan ini mau mengalihkan kesalahan, kegagalan, dan kebodohan Pemprov Jakarta ke Pemprov Pusat yang menolak lockdown, dan dianulir kebijakan Anies yang salah,” balas Ferdinand.

“Pak, satu hal, ajari Gubernur itu (Anies Baswedan) melakukan kebijakan yang sejalan dengan upaya menekan Covid-19, bukan sebaliknya. Contoh, kebijakan ganjil genap itu bodoh,” sambungnya.

Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean
Ferdinand Hutahean politikus Partai Demokrat Foto: Antara

Ferdinand pinta Anies serius tangani corona

Lebih jauh, Ferdinand meminta Anies serius menangani pandemi mematikan tersebut. Selain itu, dalam pelaksanaan kebijakan, seperti pelarangan berkerumun dan kewajiban mengenakan masker, harus dialamatkan pada seluruh pihak, bukan hanya masyarakat umum saja.

“Kesalahan Jakarta itu melakukan hal yang bertolak belakang dengan upaya menekan Covid-19. Sehingga, semuanya jadi hanya retorika belaka.”

“Pak Gubernur, sekarang lakukan kampanye wajib masker besar-besaran dengan sanksi tegas dan keras. Gubernur harus turun langsung memimpin sosialisasi dan razia sekaligus. Tunjukkan bahwa masker ini mutlak ketika warga berkegiatan di luar rumah. Larang semua kegiatan tanpa pilih kasih,” kata dia.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close