Trending

Apa kata Ahok saat cek kilang Balongan yang terbakar

Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengapresiasi upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak terbakarnya Kilang Refinery Unit VI di Indramayu, Jawa Barat. Ahok lihat pasca kilang Balongan terbakar.

Ahok nggak cuma sendiri mengecek penanganan terdampak kilang Balongan tersebut. Ahok ditemani oleh Komisaris Pertamina lainnya yakni Condro Kirono.

Kedatangan Ahok untuk memastikan kilang aman dan lokasi insiden tangki berada cukup jauh dari kilang.

Kata Ahok saat cek kilang Balongan

Komut Pertamina, Ahok
Komut Pertamina, Ahok saat lihat ruang kendali di kilang Balongan. Foto Instagram @pertamina

Dalam kunjungannya ke kilang minyak Balongan, Ahok dan Condro berkunjung ke ruang kendali kilang tersebut.

Setelah melihat penanganan pasca insiden, Ahok mengevaluasinya.

“Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk penanganan insiden,” kata Ahok di kilang minyak balongan di Indramayu, Jawa Barat dikutip dai Instagram Pertamina, Selasa 30 Maret 2021.

Setelah memantau upaya penanganan insiden, kunjungan Dewan Komisaris Pertamina dilanjutkan ke fasilitas utama kilang untuk memastikan kilang Balongan kondisinya tetap aman karena tanki yang terbakar berada cukup jauh dari kilang.

Saat menerima peninjauan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono menyampaikan update terkait penanganan insiden serta warga yang terdampak. Saat ini kunjungan tersebut, Pertamina telah berhasil mengisolasi api sehingga tidak merambat ke tanki yang lain.

“Sejak kejadian, tanki yang terbakar dilakukan penyemprotan menggunakan foam dan api berhasil dilokalisir dengan adanya bundwall di sekitar tanki T-301,” papar Djoko.

Untuk masyarakat yang terdampak, Djoko meyakinkan kepada Dewan Komisaris Pertamina akan memberikan perhatian penuh dengan menyiapkan tempat yang nyaman bagi warga untuk pengungsian sementara.

Sebelumnya Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati turun langsung menjadi bagian energi para Perwira Pertamina di lapangan, memastikan penanganan insiden tangki T-301 di area Kilang Balongan. Bos Pertamina itu datang untuk memastikan pula masyarakat yang terdampak baik langsung maupun tidak langsung semua tertangani dengan baik.

“Mohon doa dari semua agar insiden ini cepat teratasi serta kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan. Saat ini, Pertamina masih fokus untuk penanganan dan dampak insiden. Dan kita pastikan masyarakat aman,” kata Nicke dalam keterangannya kemarin.

Pertamina juga memastikan pasokan BBM secara nasional aman, diharapkan tidak ada panic buying.

“Kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain, sehingga tidak ada kendala di dalam supply BBM. Karena sebetulnya processing plant yang utama tidak terdampak. Kebakaran hanya di daerah tanki saja. Kilang akan bisa segera dioperasikan kembali ketika sudah melakukan pemadaman,” ujar Nicke.

Data Pertamina mengungkapkan 2 hektar area terdampak insiden kilang Balongan dari total 180 hektar lahan kilang tersebut.

Empat tangki terdampak insiden terbakar, dengan kapasitas 100 ribu kiloliter atau 7 persen dari total kapasitas penyimpanan di kilang Balongan.

Untuk penanganan pasca insiden, Pertamina mengerahkan pompa submersible. Alat ini dipakai untuk memompa air laut yang digunakan untuk memadamkan total titik api. Pompa submersible ini didatangkan dari Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

Terbakar dinihari

Kilang milik Pertamina Balongan terbakar. Foto: Twitter.
Kilang milik Pertamina Balongan terbakar. Foto: Twitter.

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin, 29 Maret 2021 sekitar pukul 01.30 dini hari WIB. Sebelum terbakar, warga sekitar ternyata sempat melakukan aksi demo karena bau bensin yang begitu menyengat. Warga mengira kalau bau itu berasal dari limbah yang dihasilkan kilang minyak milik Pertamina tersebut.

“Bau bensin. Bau limbah apa bau bensin? Bau bensin ya? Kebocoran? Ini dari pihak Pertaminanya mana? Enggak ada ini? Mau diviralin? Penanganannya lambat ini,” pungkas seseorang dilansir Hops dari video Instagram @bwjofficiall_.

Topik

1 Komentar

  1. Pak Ahok yang terhormat terbakarnya kilang di balongan itu sesungguhnya murni tersambar petir yg berarti Allah Tuhan kita tidak suka dengan arogansi Bapak terhadap warga yg mana Bapak sewa oran dari organisasi PP untuk mengusir warga sehingga salah satu kilang tanggung jawab bpk disambar petir, petir itu diatur oleh Tuhan utk memberi peringatan terhadap kita, agar kita kembali pada PANCASILA sila ke 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, anda sdh melakukan tindakan yang tidak beradab, untung baru kilang yg terbakar, kalau peringatan dari Tuhan ini kau abaikan bisa-bisa azab yg kau terima.
    BERTAUBATLAH wahai saudaraku

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close